Travel Wisata ke Jepang: Panduan Lengkap untuk Liburan yang Tak Terlupakan

Posted on

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak hanya terkenal dengan teknologinya yang canggih, Jepang juga memiliki keindahan alam yang memukau serta budaya yang kaya dan unik. Jika kamu sedang merencanakan liburan ke Jepang, berikut adalah panduan lengkap untuk membuat perjalananmu tak terlupakan.

1. Pilih Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke Jepang

Sebelum memulai perjalananmu, pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke Jepang. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti cuaca, harga tiket pesawat, dan juga event-event khusus yang diadakan di Jepang.

Jika kamu ingin menikmati keindahan bunga sakura, maka musim semi yang berlangsung dari Maret hingga Mei adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Jepang. Namun, jika kamu ingin menikmati keindahan daun mapel yang berubah warna menjadi merah, kuning, dan oranye, maka musim gugur yang berlangsung dari September hingga November adalah waktu yang tepat.

2. Tentukan Tujuan Wisatamu

Setelah memilih waktu yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan wisatamu. Jepang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik, mulai dari kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka, hingga tempat wisata alam seperti Gunung Fuji dan Taman Nasional Nikko.

Pastikan kamu memilih tempat wisata yang sesuai dengan minat dan budgetmu. Jika kamu suka dengan keramaian, maka kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka adalah tempat yang tepat untukmu. Namun, jika kamu ingin menikmati keindahan alam Jepang, maka tempat wisata seperti Gunung Fuji dan Taman Nasional Nikko adalah pilihan yang tepat.

Wisata Lainnya:  Rute Wisata Gunung Kelud: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Ketinggian

3. Siapkan Dokumen dan Visa yang Diperlukan

Sebelum berangkat ke Jepang, pastikan kamu sudah menyiapkan semua dokumen dan visa yang diperlukan. Untuk wisatawan Indonesia, visa kunjungan ke Jepang dapat diperoleh dengan mengajukan permohonan ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Selain visa, pastikan juga kamu membawa paspor yang masih berlaku selama minimal enam bulan ke depan. Jangan lupa juga untuk membeli tiket pesawat dan mengurus asuransi perjalanan untuk memastikan perjalananmu berjalan dengan lancar.

4. Pilih Akomodasi yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Selanjutnya, pastikan kamu memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jepang memiliki banyak pilihan akomodasi, mulai dari hotel bintang lima hingga hostel yang terjangkau.

Jika kamu ingin merasakan pengalaman menginap di hotel yang unik, maka capsule hotel atau ryokan adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kamu ingin menginap di hotel bintang lima dengan fasilitas lengkap, maka hotel seperti Hotel Okura Tokyo dan Ritz Carlton Tokyo adalah pilihan yang tepat.

5. Beli Tiket Transportasi yang Dibutuhkan

Jepang memiliki sistem transportasi yang sangat baik, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk berkeliling ke berbagai tempat wisata. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan, seperti kereta api, bus, dan taksi.

Untuk perjalanan jarak jauh, kereta api Shinkansen adalah pilihan yang tepat. Selain cepat dan nyaman, kereta api Shinkansen juga memiliki pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan. Namun, jika kamu ingin menghemat budget, maka bus dan kereta lokal adalah pilihan yang lebih terjangkau.

6. Cicipi Makanan Khas Jepang

Jepang terkenal dengan makanan yang lezat dan unik. Ada banyak sekali makanan khas Jepang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana, seperti sushi, ramen, dan tempura.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas daerah yang kamu kunjungi. Setiap daerah di Jepang memiliki makanan khas yang berbeda-beda, seperti takoyaki di Osaka dan Hiroshima-style okonomiyaki di Hiroshima.

7. Jangan Lupa Membawa Souvenir untuk Keluarga dan Teman

Saat berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh atau souvenir untuk keluarga dan temanmu di Indonesia. Jepang memiliki banyak sekali pilihan souvenir yang menarik, seperti baju kimono, pernak-pernik Hello Kitty, dan makanan khas Jepang.

Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk membeli souvenir antara lain Asakusa di Tokyo, Dotonbori di Osaka, dan Gion di Kyoto.

8. Kenali Adat dan Budaya Jepang

Jepang memiliki adat dan budaya yang sangat kaya dan unik. Saat berkunjung ke Jepang, pastikan kamu juga mengenal adat dan budaya Jepang agar dapat menghormati dan menjaga sopan santunmu selama berada di sana.

Wisata Lainnya:  Wisata Sangkanhurip Kuningan: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

Beberapa adat dan budaya yang perlu kamu ketahui antara lain cara memberikan salam (dalam bahasa Jepang disebut ojigi), cara makan dengan sumpit (hashi), dan juga cara berpakaian dengan benar saat mengunjungi kuil atau tempat suci.

9. Kunjungi Tempat Wisata yang Terkenal di Jepang

Jepang memiliki banyak sekali tempat wisata yang terkenal di seluruh dunia. Beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi antara lain:

– Kastil Himeji, kastil bersejarah yang terletak di Himeji, Prefektur Hyogo

– Kuil Fushimi Inari Taisha, kuil yang terkenal dengan ribuan gerbang torii merah di Kyoto

– Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu, tempat wisata alam yang terkenal dengan keindahan Gunung Fuji

– Tokyo Disneyland dan DisneySea, taman hiburan yang terkenal dengan wahana-wahana yang unik

10. Jangan Lupa Membawa Cash dan Kartu Kredit

Meskipun Jepang merupakan negara yang maju secara teknologi, namun masih banyak tempat yang hanya menerima pembayaran tunai. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa cukup uang tunai selama berada di Jepang.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa kartu kredit sebagai alternatif pembayaran jika kamu kehabisan uang tunai.

11. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Jepang merupakan negara yang sangat menjaga kebersihan dan kerapian. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak membuang sampah sembarangan selama berada di Jepang.

Di Jepang, ada aturan yang sangat ketat terkait pembuangan sampah. Sampah harus dipisahkan berdasarkan jenisnya dan dibuang pada tempat yang telah disediakan oleh pemerintah setempat.

12. Gunakan Toilet dengan Benar

Di Jepang, toilet merupakan salah satu fasilitas umum yang sangat bersih dan terawat. Namun, untuk menggunakan toilet di Jepang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Di beberapa toilet di Jepang, terdapat tombol-tombol yang berfungsi untuk memperdengarkan suara atau musik agar orang di sekitar tidak mendengar suara buang air besar. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuang tisu atau sampah pada tempat yang telah disediakan.

13. Berjalanlah di Sisi Kiri Tangga dan Jalan

Di Jepang, orang berjalan di sisi kiri tangga dan jalan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelancaran lalu lintas dan menghindari kecelakaan.

Jika kamu berjalan di sisi kanan tangga atau jalan, maka kamu akan dianggap mengganggu dan kurang sopan.

14. Jangan Membicarakan Masalah Politik atau Agama

Di Jepang, orang sangat menjaga keharmonisan dan menghindari konflik. Oleh karena itu, jangan membicarakan masalah politik atau agama saat berbicara dengan orang Jepang.

Jika kamu ditanya tentang hal tersebut, maka cukup jawab dengan singkat dan jangan memperpanjang pembicaraan. Fokuslah pada topik yang positif dan menyenangkan.

15. Gunakan Bahasa Jepang yang Sopan dan Tepat

Di Jepang, bahasa yang digunakan sangatlah penting. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan bahasa Jepang yang sopan dan tepat saat berbicara dengan orang Jepang.

Wisata Lainnya:  Wisata di Tanggamus: Menikmati Keindahan Alam di Kabupaten Tanggamus

Beberapa kata yang perlu kamu ketahui antara lain arigatou gozaimasu (terima kasih), sumimasen (maaf), dan konnichiwa (halo).

16. Jangan Terlalu Bising atau Berisik di Tempat Umum

Di Jepang, orang sangat menghargai privasi dan ketenangan. Oleh karena itu, jangan terlalu bising atau berisik saat berada di tempat umum seperti kereta api atau restoran.

Jika kamu ingin berbicara dengan teman atau keluarga, pastikan kamu berbicara dengan suara yang pelan dan tidak mengganggu orang di sekitarmu.

17. Tundukkan Kepalamu saat Berterima Kasih atau Minta Maaf

Di Jepang, ada suatu tindakan yang disebut dogeza. Dogeza dilakukan dengan menundukkan kepala hingga menyentuh lantai sebagai tanda permohonan maaf atau ucapan terima kasih yang sangat mendalam.

Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat dan rasa terima kasih yang mendalam.

18. Jangan Terlalu Banyak Gunakan Parfum atau Pewangi

Di Jepang, orang sangat menjaga kebersihan dan keharuman. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak menggunakan parfum atau pewangi saat berada di Jepang.

Jika kamu ingin menggunakan parfum, pastikan kamu menggunakan parfum yang ringan dan tidak terlalu menyengat.

19. Jangan Membawa Makanan atau Minuman ke Dalam Kereta

Di Jepang, terdapat aturan yang melarang membawa makanan atau minuman ke dalam kereta. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di dalam kereta.

Jika kamu ingin makan atau minum, pastikan kamu melakukannya sebelum naik kereta atau setelah turun dari kereta.

20. Berikan Tips dengan Sopan

Di Jepang, memberikan tips dianggap kurang sopan. Namun, jika kamu ingin memberikan tips, pastikan kamu melakukannya dengan sopan dan tidak terlalu banyak.

Beberapa tempat seperti restoran dan hotel mungkin memiliki kebijakan untuk memberikan tips. Jika kamu ingin memberikan tips, pastikan kamu memberikannya dengan jumlah yang wajar dan tidak terlalu banyak.

21. Jangan Berbicara di Telepon Seluler saat Naik Kereta atau di Tempat Umum

Di Jepang, orang sangat menghargai privasi dan ketenangan. Oleh karena itu, jangan berbicara di telepon seluler saat naik kereta atau di tempat umum seperti restoran atau toko.

Jika kamu harus menerima atau melakukan panggilan telepon, pastikan kamu berbicara dengan suara yang pelan dan tidak mengganggu orang di sekitarmu.

22. Jangan Bertanya Hal yang

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *