Tiket Masuk Tebing Breksi Yogyakarta

Tiket Masuk Tebing Breksi Yogyakarta, Dusun Rekreasi Terbaik Instagramable

Posted on

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selalu tawarkan rekreasi yang bermacam. Tidak cuma seni-budaya dan kulineran, Yogyakarta kaya rekreasi alam yang mempesona. Satu diantaranya ialah Tebing Breksi yang berada di Dusun Lengkong, RT.02/RW.17, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DIY, persisnya ada di samping selatan Candi Prambanan, bersisian dengan Candi Ijo dan Kompleks Keraton Boko.

Jalur ke arah Tebing Breksi lumayan gampang karena lokasinya ada di lajur khusus Prambanan-Piyungan, sekitaran 1 km saat sebelum sampai ke Candi Ijo. Untuk ke arah ke situ, Sahabat Daya tarik dapat tempuh perjalanan darat sepanjang 17 km dari Kota Yogyakarta atau sekitaran 30 menit.

Tiket Masuk Tebing Breksi

Tetapi Sahabat Daya tarik perlu waspada, jalan ke arah Tebing Breksi cukup naik dengan keadaan yang tidak begitu mulus. Yakinkan kendaraan yang kamu pakai pada keadaan sempurna, ya! Nah, sebelum berkunjung, simak dulu informasi mengenai Tebing Breksi berikut ini!

Keisengan

Sebelum

jadi tempat wisata, Tebing Breksi sebagai tempat penambangan bebatuan alam. Aktivitas penambangan ini dilaksanakan oleh warga sekitar. Di lokasi penambangan ada beberapa tempat pemangkasan bebatuan hasil penambangan untuk jadi bahan dekor bangunan.

Spot riyadi

Sejak tahun 2014, Pemerintahan tutup aktivitas penambangan di Tebing Breksi. Penutupan ini berdasar hasil pengkajian yang mengatakan jika bebatuan yang berada di lokasi penambangan ini sebagai bebatuan yang dari kegiatan vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Selanjutnya, lokasi penambangan ini diputuskan sebagai lokasi yang diproteksi dan tidak dikenakan untuk aktivitas penambangan.

Sesudah

penutupan kegiatan tambang itu, warga di tempat membuat dekorasi lokasi sisa pertambangan ini jadi tujuan rekreasi. Pada 30 Mei 2015, pada akhirnya Sri Sultan Hamengku Buwono X resmikan Tebing Breksi sebagai tempat rekreasi baru di Yogyakarta.

Sekarang ini Tebing Breksi sukses menjadi satu diantara tujuan rekreasi unggulan Dusun Rekreasi Dewi yang memberi faedah untuk warga. Sama seperti yang dikatakan Mas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Inovatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat bertandang pada beberapa lalu, “Ini betul-betul jadi satu success story, di yang mana semula sebagai dusun paling miskin di Kabupaten Sleman, tetapi dengan pariwisata sekarang jadi dusun rekreasi berpendapatan Rp1 miliar /tahun dan masuk ke 50 besar dusun rekreasi terbaik”, tutur Mas Menteri.

Daya
tarik tebing yang artistik

Tebing Breksi mempunyai daya tarik tertentu yang membuat terkenal dan pantas didatangi. Beberapa seniman lokal sudah memberi sentuhan artistik pada dinding tebing, yaitu dengan memberi ukir-pahatan-ukiran seni berwujud relief dan patung dari narasi pewayangan, seperti pahatan Arjuna membunuh Buto Cakil, pahatan naga dengan mahkotanya, dan patung Semar.

Jeep Wisata Tebing Breksi

Sobat Pesona yang ingin berekreasi di Tebing Breksi dapat sesuaikan tipe transportasi dalam jumlah orang yang akan melancong. Bila cuma sendiri atau berdua, kamu dapat memakai sepeda motor supaya perjalanan bisa lebih cepat dan terbebas dari kemacetan. Sementara bila lebih dari 4 orang, kamu dapat memakai mobil.

Destinasi
wisata yang tersertifikasi

Berwisata di kala pandemi tentu menuntut kita supaya selalu waspada saat menentukan tujuan yang aman. Tidak perlu cemas, Rekreasi Tebing Breksi ini telah sudah bersertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CASE). Setiap pelosok ada tempat bersihkan tangan. Disamping itu, pelancong diharuskan memakai masker dan program Peduli Lindungi.

Rekreasi Taman Tebing Breksi juga dibuka untuk anak berumur di bawah 12 tahun, lho! Sama sesuai Perintah Menteri Dalam Negeri Nomor 53 tahun 2021, anak di bawah 12 tahun dibolehkan masuk tempat rekreasi dengan persyaratan ditemani orang tua yang telah divaksinasi Covid-19 . Maka, nantikan apalagi? Yok, targetkan berlibur ke Tebing Breksi!

Leave a Reply

Your email address will not be published.