Tiket Masuk Pantai Sadranan Jogja

Tiket Masuk Pantai Sadranan Jogja, Surganya Snorkeling Di Gunung Kidul

Posted on

Pantai Sadranan sebagai salah satunya pantai yang menyuguhkan serunya melihat keindahan bawah laut dengan snorkeling.

Setelah sebelumnya datang Pantai Nglambor yang lebih dulu sebagai tempat snorkeling di Kabupaten Gunung Kidul. Bicara mengenai kabupaten yang ada di selatan Jogja ini, memanglah tidak akan ada habisnya.

Gunung Kidul mempunyai jejeran pantai yang indah, unik, dan bagus sekali untuk didatangi. Ada lebih dari 50 pantai yang berada di kabupaten yang ini, hingga bisa disebut Gunung Kidul sebagai surganya rekreasi bahari di Jogja.

Tiket Masuk Pantai Sadranan Jogja

Ciri khas dari pantai yang berada di Gunung Kidul adalah hamparan pasirnya yang warna putih bersih, begitu juga dengan Pantai Sadranan ini.

Hamparan pasir putihnya disertai deburan ombak yang cukup kuat di sejumlah waktu, keelokan pantainya dihias dengan kehadiran sebuah pulau yang ada di tengah laut.

Beberapa waktu lalu beberapa pantai yang berada di Gunung Kidul sempat sementara ditutup waktu dalam rencana menahan berlangsungnya penebaran virus covid-19 semakin meluas di Jogja secara umum, di Kabupaten Gunung Kidul pada terutamanya.

Saat ini beberapa tempat wisata mulai dibuka lagi, tetapi dengan beberapa ketetapan seperti terus patuhi prosedur kesehatan yang sejauh ini jalan, janganlah sampai kendor ya….

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Pesisir Selatan: Menikmati Keindahan Pantai di Indonesia

Berikut deskripsi atau deskripsi dari Pantai Sadranan, sebagai bahan rekomendasi kamu untuk berekreasi bahari di Gunung Kidul:

Lokasi dan Alamat Pantai Sadranan

Alamat Pantai Sadranan ada di Dusun Pulegundes II, Dusun Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Lokasinya ada di samping timur Pantai Krakal. Dan bersisihan dengan pantai yang lain, misalnya:

  • Pantai Sundak,
  • Pantai Indrayanti,
  • Pantai Pok Tunggal, dan
  • Pantai Drini.
Nama Tempat Wisata Pantai Sadranan Jogja
Alamat Pule Gundes II, Tepus, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Jam Buka 24 Jam
Harga Tiket Masuk Rp. 10.000
Parkir Motor & Masuk Rp. 2.000
Parkir Mobil & Masuk Rp. 5.000
No Kontak
Fasilitas Area parkir, Toilet, Kamar ganti, Gazebo, Payung pantai, Warung makan, Penyewaan peralatan snorkeling, Jasa Foto
Google Maps Pantai Sadranan Jogja

Rute Pantai Sadranan

Jalan ke arah Pantai Sadranan bila pergi dari pusat perkotaan Jogja yaitu dengan arahkan kendaraan ke arah Wonosari, sesudah datang di Pasar Wonosari belok ke kanan ke arah Pantai baron.

Setelah datang di Pantai Baron tujukan kendaraan ke timur, sampai kamu mendapati panduan jalan yang memperlihatkan lokasi Pantai Sadranan ada.

Perkiraan waktu perjalanan sekitaran 2 jam, dengan lewat lajur yang telah bagus dan bisa dilewati kendaraan beroda 2 atau beroda 4.

Jam Buka Pantai Sadranan

Jam operasional Pantai Sadranan dibuka tiap hari Senin sampai Minggu, sepanjang 24 jam non-stop.

Tiket Masuk Pantai Sadranan

Ticket masuk Pantai Sadranan yaitu dengan bayar sekitaran Rp. 10.000,- per-orang. Harga itu telah terhitung ticket masuk beberapa pantai yang berada di sekelilingnya.

Wisata Lainnya:  5 Fakta yang Harus Diketahui Saat Berkunjung ke Pulau Ranoh di Batam

Ongkos itu belum terhitung ongkos parkir kendaraan yang kamu pakai.

Fasilitas Pantai Sadranan

Sarana yang berada di sekitaran Pantai Sadranan salah satunya:

  • Tempat untuk simpan kendaraan
  • Kamar mandi
  • Beberapa warung minuman dan makanan
  • Tempat persewaan peralatan snorkeling
  • Beberapa toko baju dan oleh-olehan
  • Gazebo atau saung-saung untuk santai

Penginapan di Pantai Sadranan

Dengan ada di teritori rekreasi bahari, sudah pasti sarana penginapan gampang untuk diketemukan. Disekitaran Pantai Sadranan juga ada banyak penginapan yang lokasinya tidak sangat jauh. Salah satunya:

  • Bungalo Bambu Sadranan,
  • Sadranan Restoran dan Penginapan,
  • Penginapan Bob Home, dan ada banyak kembali yang lain.

Harga permalamnya ditanggung tidak kuras isi kantong, yaitu berkiar di antara Rp. 200.000 sampai Rp. 300.000,- per malamnya.

Ragam Wisata Di Pantai Sadranan

Penyematan kata “sadranan” datang dari kata “nyadran”, yakni sebuah ritus sedekah laut, yang disebut salah satunya adat Jawa yang teratur diadakan di wisata pantai ini.

Nyadran ini biasa dikerjakan saat pasaran Pahing setiap tahunnya atau saat usai panen. Tersebut sepotong riwayat berkenaan Pantai Sadranan.

keseruan di pantai sadranan

Sepanjang ada di Pantai Sadranan, kamu bisa lakukan bermacam kegiatan hebat misalnya:

1. Bermain Air

Tak lengkap rasa-rasanya bila kunjunganmu ke Pantai Sadranan tidak diperlengkapi dengan bermain serunya air laut, apa lagi bermain pasir putihnya yang halus.

Serunya makin terasa ketika ombak menerjangmu saat sedang santai di atas bentangan pasirnya. Saat air laut sedang pasang, deburan ombak akan makin menggila. Maka dari itu, hati-hatilah bermain air saat sedang pasang.

2. Snorkeling

Keseruan yang lain bisa kamu kerjakan adalah dengan bermain snorkeling, melihat cantiknya biota laut yang berada di Pantai Sadranan.

Wisata Lainnya:  Harga Tiket Masuk Batu Raden Purwokerto, Aktivitas dan Wahana Terbaik

Pantai Sadranan sebagai salah satunya lokasi terbaik untuk snorkeling, apa lagi air lautnya benar-benar jernih bersih sampai cantiknya terumbu karang bisa kelihatan dengan jelas.

Keseruan snorkeling tidak bisa kamu kerjakan seenaknya, kamu harus menyaksikan keadaan laut waktu itu. Keadaan laut harus tenang, agar nyaman dan aman.

Di sekitar Pantai Sadranan ada banyak kios persewaan perlengkapan snorkeling, pada harga sekitaran Rp. 35.000,- per-orang sepuasnya.

Selain snorkeling, serunya yang lain adalah dengan bermain kano yang dibanderol sekitaran Rp. 70.000,- sepuasnya. Bila tidak berani untuk bermain sendiri, kamu bisa minta pemandu untuk mengayuh kanonya.

3. Camping

Ragam wisata yang lain bisa dilaksanakan saat ada di Pantai Sadranan adalah dengan membangun tenda dan camping bersama teman di atas bentangan pasirnya yang halus.

Di sekitar Pantai Sadranan ada juga persewaan dome atau tenda pada harga sekitaran Rp. 50.000,- dengan daya tampung empat orang.

4. Menikmati Sunset Di Atas Bukit

Tak jauh dari bibir pantai, ada sebuah bukit yang di atasnya ada beberapa gazebo untuk santai dan melihat pemandangan yang terhidang.

Dengan lakukan pendakian kecil di mana lajurnya sedikit naik, tetapi aman untuk dilewati. Lokasi ini kerap dipakai pengunjung untuk nikmati indahnya sunset atau sunrise.

Jangan terlewat juga untuk berpose dan mengabadikan keelokan alam yang datang di Pantai Sadranan. Selanjutnya kamu publish di beberapa sosial media yang kamu miliki.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *