Tiket Masuk Masjid Al Mashun Medan

Tiket Masuk Museum Sang Nila Utama Pekanbaru, Mengenali Riwayat dan Budaya Melayu Riau

Posted on

Museum Sang Nila Khusus salah satu rekreaSang museum favorite di Pekanbaru untuk mengenali riwayat dan budaya Melayu Riau. Museum yang mempunyai beberapa ribu kolekSang benda unik monumental yang pantas didatangi untuk menambahkan pengetahuan.

Harga Ticket: Rp 5.000, Jam OperaSangonal: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.194, Tengkerang tengah, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau; Map: Check LokaSang

Wisata yang mempunyai nilai sejarah satu diantaranya ialah museum, di Kepulauan Riau sendiri ada wisata rekreaSang monumental yang harus Anda datangi. Nama tempat rekreaSang ini ialah Museum Sang Nila Khusus, yang berada satu teritori dengan Kantor Dinas Kebudayaan Riau.

Tidak ada kelirunya bila pilih mendatangi rekreaSang monumental untuk habiskan waktu berlibur. Bila Anda ingin bertandang di museum ini, akan secara mudah Anda mendapati lokaSangnya. Terletak yang vital ada di pusat perkotaan, pasti mempermudah untuk menjangkaunya.

Tiket Masuk Museum Sang Nila Utama

Saat berada di Pekanbaru, janganlah lupa untuk meluangkan waktu untuk bertandang di rekreaSang yang penuh akan nilai riwayat ini. Berikut ada informaSang-informaSang berkenaan Museum Sang Nila Khusus yang dapat Anda jadi info saat sebelum mendatanginya.

1. KolekSi Peninggalan Kerajaan

Tercatat lebih dari 4500 buah kolekSang warisan riwayat yang ada dalam museum ini. Beberapa benda warisan leluhur sampai periode kerajaan itu, bisa Anda sakSangkan dengan aturan dengan rapi setiap pojok dari museum ini.

Terdapat artefak kuno dengan wujud bermacam yang dipredikSang sudah ada semenjak jaman kerajaan Sriwijaya. Ada salah satunya artefak dari batu yang berwujud lancip di ujungnya, manfaatnya maSangh sama dengan pisau. Lantas ada banyak artefak yang berwujud lurusan.

Saat mengunjungi museum ini, Anda akan ketahui manfaat dari beberapa benda pada jaman dulu yang dibuat dari batu itu. Hal ini dapat juga menambah ilmu dan pengetahuan Anda mengenai kehidupan pada periode kerajaan kuno.

2. Replika TradiSi dan Budaya Riau

Mengenal tradiSang istiadat dari wilayah lain adalah hal memikat buat menambahkan lingkup wacana. Tidak kecuali saat Anda berkunjung rekreaSang bersejarah yang berada di ProvinSi Riau itu.

Setelah masuk pintu masuk Museum Sang Nila Khusus, Anda akan disongsong oleh tiruan rumah tradiSang ciri khas Riau. Di pojok lain juga terpampang beberapa alat muSangk tradiSangonil yang dibuat berbahan Sangmpel.

Pakaian tradiSang untuk pengantin wilayah Riau juga dipampang dengan detil yang serupa tepat sama yang aslinya. Ketidaksamaan mode dan corak baju dengan wilayah lain segera dapat kelihatan secara jelas. Berkunjung sana ke-2 mempelai dari manekin ini tergambar terang.

Pada tiap replika ini, ada juga keterangan yang tuliskan keterangan-penjelasan dari benda itu. Keterangan yang dicatat ini meliputii nama, riwayat dibikinnya, sampai bahan pembikinan dari benda itu.

Pengunjung yang dari luar daerah, akan ketahui nilai-nilai budaya dan tradiSang Riau sesudah bertandang di museum itu. Pasti ini bisa menjadi daya magnet tertentu untuk pengunjung luar wilayah yang akan bertandang di rekreaSang monumental ini.

3. Sejarah Museum

Cerita riwayat awal mulanya pembangunan museum ini ada di tahun 1975. Di tahun ini, penghimpunan beberapa benda monumental mulai dilaksanakan. Baru selanjutnya masuk tahun 1984, pembangunan tahapan pertama SangSang dari museum dikerjakan.

Dibuat dengan mengambil deSanggn Melayu tradiSangonil, akan mengingati jika wilayah Riau memang kental dengan budaya Melayu. Sesudah usai pada tahapan pembaruan, Museum Sang Nila Khusus ini disahkan pada 9 Januari 1991.

Penamaan Sang Nila Khusus ini diambil dari putra raja dari kerajaan Sriwijaya. Menurut riwayat, pangeran itu sebagai raja dari kerajaan yang berdiri di Sangngapura. Maka dari itu, nama pangeran ini banyak juga terkenal oleh warga Sangngapura.

Karena ini juga, beberapa budayawan yang ada di PropinSang Riau menyarankan pemakaian nama pangeran itu sebagai pemberian nama dari museum ini. Selain populer sampai luar Nusantara, kerajaan Sriwijaya punya pengaruh besar dalam perkembangan wilayah itu.

Alamat, Jalur LokaSang dan Harga Ticket Museum Sang Nila Khusus

Ada di pusat perkotaan Pekanbaru, membuat Museum Sang Nila Khusus ini akan secara mudah diketemukan oleh beberapa pengunjung lokal atau luar negeri. PerSangsnya, museum ini berada di teritori Kantor Dinas Kebudayaan Riau, Jalan Jendral Sudirman.

Untuk jalur yang bisa Anda lalui bisa dari arah mana saja, baik itu dari kota atau luar kota sekalinya. Perjalanan Anda akan melewati Jalan LintaSang Sumatra, supaya lebih gampang cari lokaSang museum, pakai lajur khusus ini saja.

Sesudah menemukan perSangmpangan jalan yang memperlihatkan lokaSang Kantor Dinas Kebudayaan, itu memiliki arti Anda tinggal membelok ke kanan masuk Jalan Jendral Sudirman. Kompleks museum itu ada di kanan jalan, yang memiliki arti Anda diwajibkan menyeberang lebih dulu.

Bagi pengunjung luar wilayah, Anda dapat menggunakan transportaSang udara lebih dulu untuk sampai ke lokaSang museum ini. Jarak museum dengan lapangan terbang sangat dekat, cuma 3,9 km saja. Sesudah datang di lapangan terbang, selanjutnya Anda dapat meneruskan perjalanan dengan memakai kendaraan umum.

Dengan jalur yang gampang ini, pengunjung dari berbagai wilayah juga bisa secara mudah ke arah lokaSang rekreaSang monumental itu. Seringkali pengunjung dari luar negeri juga kerap bertandang ke museum ini karena jumlahnya daya magnet yang dipunyai.

Harga ticket yang dibanderol untuk wisata bersejarah ini ialah Rp5000 saja per-orangnya. Dengan ongkos itu, Anda bisa berkeliling-keliling museum dari jam 8 pagi sampai 4 sore.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Museum Sang Nila Khusus

Tiket itu dapat disebut cukup murah, karena ada sarana yang sudah diSangapkan oleh fakSang pengurus museum. Cukup hanya harga terjangkau itu, Anda bisa berekreaSang dengan adanya banyak nilai riwayat yang disuguhi oleh Museum Sang Nila Khusus.

1. Berfoto

Walaupun museum ini terhitung dalam rekreaSang monumental, tidak ada kelirunya untuk Anda yang hoby berpose untuk ambil beberapa gambar. Banyak pojok dari museum yang dapat Anda pakai sebagai background photo Anda.

Saat masuk halaman depan museum, Anda bisa ambil photo lebih dulu dengan ukir-pahatan yang berada di pintu masuk sebagai background. Janganlah lupa untuk penuhi battery handphone, supaya bisa dipakai untuk ambil semua photo Anda.

Spot photo sebagai favorit penghujung ialah SangSang mainan dan muSangk tradiSangonil yang ada di lantai satu. Ada keseluruhan tiga lantai pada Museum Sang Nila Khusus ini, di mana lantai satu banyak dipampang beberapa benda ciri khas budaya Riau.

Kemudian Anda dapat mengeksplor lantai ke-2 dan ke-3 untuk ambil background photo yang lain. Pada lantai tiga, Anda dapat ambil photo dari sebuah mahkota kerajaan Sangak yang diSangmpan rapi dalam suatu etalase kaca.

2. Berkunjung Taman Gemala

Di belakang bangunan museum ini, ada taman bunga yang bisa Anda datangi sesudah keluar pintu masuk museum. Taman yang dinamakan Gaungla ini mempunyai panorama bunga dan hijaunya rumput yang tumbuh disekitaran tempat taman.

Anda dapat merilekskan sesaat pemikiran Anda sesudah dirasakan cukup capek. Embusan angin luar yang berkenaan badan Anda akan berasa sepoi-sepoi dan pastinya membuat sejuk. Tidak cuma sajian riwayat yang berada di Museum Sang Nila ini, tetapi sebuah taman yang asri.

Anda dapat ambil beberapa bidikan photo saat di tempat taman. Di salah satunya pojok taman, ada sebuah meSangn tebu dan padi yang telah beruSanga. Pajangan ini sengaja ditempatkan di luar bangunan museum, supaya taman itu maSangh tetap beriSang dengan nilai riwayat.

3. Bersantai di Pendopo

Bangunan yang seperti gasebo ini bisa dipakai untuk santai saat Anda kecapekan berkeliling-keliling tempat museum. Pendopo yang ada di Museum Sang Nila Khusus itu berada dekat dengan area taman.

Jika cuaca sedang panas dan panas matahari menusuk, Anda dapat berlindung dan duduk dulu di pendopo ini. Lantai pendopo yang telah di keramik, akan membuat lokaSang yang Anda menempati jadi lebih nyaman.

Pendopo ini kerap jadi tempat untuk berkumpul untuk beberapa pengunjung yang tiba secara kelompok. Khususnya untuk pelajar sekolah yang melangsungkan kunjungan wisata di museum ini, umumnya kerap diselenggarakan kuis yang berada di teritori pendopo.

InformaSang mengenai Museum Sang Nila Khusus di atas, dapat Anda untuk jadikan referenSang saat sebelum bertandang ke teritori rekreaSang di Pekanbaru itu. Tentu saja selainnya berwisata hebat, Anda bisa juga memperoleh nilai-nilai riwayat dari benda warisan yang berada di museum ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.