Tiket Masuk Lembah Harau Payakumbuh

Tiket Masuk Lembah Harau Payakumbuh Sumatera Barat

Posted on

Lembah Harau Payakumbuh adalah tempat wisata alam favorite di propinsi Sumatera Barat. destinasi liburan ini beritanya jadi icon kota Payakumbuh karena keelokannya yang tidak tertandingi.

Penasaran seperti apakah penampakannya? Yok baca artikel di bawah sampai habis. Karena, di sini kami sudah menyuguhkan info komplet mengenai rekreasi Lembah Harau Sumbar dimulai dari lokasi, harga ticket masuk, sampai pemondokan terdekat.

Tiket Masuk Lembah Harau Payakumbuh Sumatera Barat

Sumatera Barat memiliki banyak tempat wisata memikat buat didatangi. Ada lebih kurang 33 tempat wisata alam di situ. Salah satunya yaitu rekreasi Lembah Harau Payakumbuh yang masuk ke daerah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Saat mendengar kata ‘lembah’, apa otak Anda secara automatis memvisualisasikan satu rentang alam yang dikitari oleh pegunungan dan bukit-bukit?

Ya, seperti tersebut lembah namanya Harau ini. Harau sebagai lembah atau bentangan hijau selebar 669 hektar yang terletak ada di tengah 4 bukit yaitu bukit Singkarak, Tarantang, Air Putih, dan Jambu.

Perbukitan itu membuat tebing-tebing batu granit yang curam di mana ketinggiannya capai angka 100 sampai 500 mtr..

Perpaduan di antara luasnya bentangan hijau yang asri dengan bukit-bukit curam dari granit pasti membuat tempat lembah ini seperti terlihat surga terselinap di Sumatera Barat.

Sehingga, tidaklah aneh rasa-rasanya bila lembah icon Payakumbuh kerap mendapatkan panggilan sebagai Lembah Yosemite versus Indonesia.

Selain itu, bila bertandang kesini, pelancong berpeluang untuk menyaksikan bermacam spesies tanaman rimba hujan tropis daratan tinggi yang jarang dijumpai di perkotaan.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Tondano: Pesona Keindahan Alam di Sulawesi Utara

Tak cuma flora, hal sama juga berlaku pada faunanya. Sebagai teritori yang terhitung dalam Suaka Margasatwa, bermacam tipe hewan yang diproteksi seperti Harimau Sumatera, Kambing Rimba, Tapir, Beruang, Landak, Simpai dan 19 spesies burung sangat jarang hidup di sini.

Bahkan ada juga monyet ekor panjang namanya latin Macaca Fasciluratis yang aktif memperlihatkan laganya ke pengunjung dengan bergelantung di ranting atau beralih tempat dari 1 pohon ke pohon yang lain. Hebat sekali, kan?

Keindahan Lembah Harau

Tempat wisata selalu mempunyai daya magnetnya sendiri, tidak kecuali lembah di Sumbar namanya Harau. Demikian masuk teritori berjuluk Lembah Yosemite versus Indonesia itu, pengunjung tidak cuma disongsong dengan cantiknya bukit-bukit tetapi keeksotisan panorama air terjun.

Terdapat 5 air terjun Lembah Harau yakni Sarasah Jambu, Sarasah Bunta, Sarasah Aie Lului, Sarasah Murai, dan Sarah Aie Angek. Sasarah ialah bahasa masyarakat di tempat untuk menyebutkan air terjun yang mempunyai Ketinggian sekitaran 100 mtr. lebih.

Diantara kelima sasarah barusan, Sarasah Jambu sebagai yang terpopuler. Air terjun ini terletak dekat sama gerbang masuk bila pengunjung tiba dari Payakumbuh.

Pemandangan air terjun di lembah wisata sangat bagus. Seringkali pelancong ikhlas habiskan beberapa waktu untuk ambil photo di sini sekalian mengisap angin segar.

Belum stop di situ, Lembah namanya Harau berikut sediakan resort seperti Resor Sarasah Bunta, Resor Aka Barayun, dan Resor Rimbo Piobang.

Kata Bunta sendiri diambil dari wujud air terjun yang kelihatan seolah berunta-unta atau bertingkat-tingkat.

Resort selanjutnya yakni Aka Barayu. Terletak tidak begitu jauh dari Sarasah Bunta. Di tempat Aka Barayun juga pelancong bisa nikmati udara sejuk sekalian menyaksikan pemandangan air terjun dengan kolam renang di bawahnya. Kece sekali!

Wisata Lainnya:  Wisata Outbound Malang: Liburan Seru dan Menantang

Dan apabila Anda seorang pencinta olahraga panjat tebing, resort Aka Barayun sediakan sarana untuk lakukan hobi ekstrim itu. Di mana bukit-bukit batu curam di sekitar tempat digunakan oleh faksi resort sebagai media climbing.

Resort paling akhir dari Lembah Yosemite versus Indonesia yakni Rimbo Piobang. Namun, lokasi ini tidak banyak didatangi traveller. Karena, sarana dan fasilitas di Rimbo Piobang terbatas karena proses pembangunan.

Tak hanya mempunyai tempat wisata alam, di lembah namanya Hurau ada taman rekreasi bikinan yakni Harau Dream Park. Ada beberapa spot photo menarik di taman Harau seperti kampong Eropa dengan menara Eiffel tiruan.

Fasilitas di taman bikinan juga lumayan bagus. Ada jogging tempat, taman satwa, tempat untuk bermain anak, masjid, kamar mandi dan ada banyak kembali.

Penginapan di Lembah Harau

Terdapat banyak pemondokan di lokasi Lembah Harau Payakumbuh. Pengunjung yang ingin menginap di situ dapat sewa pemondokan itu untuk sekian hari.

Harga pemondokan benar-benar terjangkau. Dimulai dari harga Rp.50.000 saja, Anda dapat memperoleh tempat pemondokan dengan sarana yang nyaman dan bagus.

Penginapan di sini biasanya berwujud homestay di mana umumnya diisi oleh beberapa orang dalam kelompok pelancong.

Lokasi

Nama Tempat Wisata Lembah Harau Payakumbuh
Alamat  Tarantang, Kec. Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26271
Jam Buka 24 Jam Nonstop
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkit Mobil Rp. 5.000
No Kontak Wisata 0821-6903-7273
Fasilitas Foto foto, berlayar dengan kapal.
Instagram Banyak air terjun dan spot foto, Pemandangan alami yang eksotis, naik sampan bayar 15.ooo
Google Maps Map Lembah Harau Payakumbuh
Wisata Lainnya:  8 Rekomendasi Waterpark di Bekasi Kota Barat dan Timur

Lokasi Lembah Harau Payakumbuh berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Teritori Lembah Yosemite versus Indonesia ini lokasinya berada sepanjang 138 km dari kota Padang ibukota Sumatera Barat

Bila ditempuh dari Bukittinggi jaraknya sekitaran 47 km. Memang lumayan jauh. Tetapi, jika Anda datang dari Payakumbuh, karena itu jarak tempuhnya yakni sekitaran 18 km atau 2 km dari Pusat Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang ingin nikmati keindahan alam Lembah Yosemite versus Indonesia tak perlu keluarkan banyak uang. Harga ticket masuk Lembah Harau cuma sejumlah Rp5.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Sedangkan untuk masuk tempat Harau Dream Park, harga ticket masuknya ialah Rp5.000 untuk tempat kampong Sarosa, Rp15.000 untuk area kampong Eropa dan Rp15.000 untuk tempat Asian Heritage.

Bagaimana? Tertarik bertandang ke Lembah Harau Payakumbuh Sumbar? Ya, Lembah namanya Harau ialah satu diantara jumlahnya tempat wisata alam yang memikat buat didatangi.

Di sana, Anda dapat menemui tidak cuma pemandangan elok, tapi juga beberapa jenis flora dan fauna sangat jarang cukup hanya bayar ticket masuk sejumlah Rp5.000 saja. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *