Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan Jakarta, Wisata Seru & Murah Bersama Keluarga

Posted on

Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan sudah berumur lebih dari 150 tahun lebih, dan sebagai kebun binatang pertama kali yang ada di Indonesia.

Namanya tidak asing kembali dalam telinga warga Indonesia, dan jadi lokasi favorite dalam melangsungkan beragam aktivitas sekolah atau reuni.

Karena lokasinya yang paling luas, selain itu ongkos masuknya juga benar-benar murah. Situasi di Kebun Binatang Ragunan juga teduh, karena jumlahnya pohon-pohonan.

Semenjak wabah Covid-19 menyebar di Indonesia, terutamanya di DKI Jakarta, Kebun Binatang Ragunan ditutup untuk beberapa waktu dari bermacam jenis lawatan.

Dan dari info yang didapatkan Kebun Binatang Ragunan sekarang ini mulai dibuka lagi, walau terbatas yaitu cuma untuk pengunjung yang mempunyai KTP DKI saja.

Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Sebagai sebuah kebun binatang pertama kali yang berada di Indonesia, tentulah Kebun Binatang Ragunan mempunyai cerita riwayat yang lumayan panjang.

Kebun binatang ini didirikan di tahun 1864 namanya “Planten En Dierentuin” yang maknanya “Tanaman dan Kebun Binatang”. Lokasinya ada di teritori Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, dengan luas sekitaran 10 hektar yang disebut pemberian dari Raden Saleh.

Planten En Dierentuin ada di bawah Perhimpunan Pengasih Flora dan Fauna Batavia, yang bergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Pada tahun 1949, namanya dirubah jadi Kebun Binatang Cikini. Selanjutnya kebun binatang itu pada akhirnya dipindah ke teritori Ragunan, Pasar Minggu.

Dengan tempati tempat selebar 30 hektar yang disebut hibah dari Pemerintahan DKI Jakarta, selanjutnya di tahun 22 Juni 1966 disahkan oleh Gubernur DKI Jakarta waktu itu, yaitu Ali Sadikin.

Dan kebun binatang itu pada akhirnya dikenali bernama Kebun Binatang Ragunan sampai sekarang ini. Koleksi hewan yang mendiami Kebun Binatang Ragunan banyak, yaitu terbagi dalam 295 spesies dan 4040 sampel.

Lokasi dan Alamat Kebun Binatang Ragunan

Lokasi Kebun Binatang Ragunan ada di Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Untuk ke arah Kebun Binatang Ragunan sangat gampang, kamu dapat memakai kendaraan individu atau transportasi umum.

Angkutan umum yang bisa kamu pakai diantaranya:

  • Trans Jakarta,
  • Commuter Line,
  • Angkutan kota (Angkot), atau
  • Memanfaatkan aplikasi ojek online.

Rute tujuan sebaiknya yang mengarahkanmu ke Ragunan. Begitupun hal bila kamu memakai kendaraan individu, tinggal arahkan ke arah Ragunan, Pasar Minggu.

Jam Buka Kebun Binatang Ragunan

Jam operasional dari Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan ini yaitu:

Kebun Binatang Ragunan dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu.

Taman Margasatwa Ragunan ini bekerja start pukul 07.00 sampai 14.30 waktu di tempat.

Dan untuk hari Senin tutup, yang disebut hari liburan untuk satwa.

Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan benar-benar murah, yaitu:

  • Dewasa sejumlah Rp. 4.000,-
  • Anak-anak dengan bayar Rp. 3.000,-

Saat ini pembayaran tiket masuk dengan memakai kartu Jakcard dari Bank DKI, pada harga Rp. 35.000,- yang terbagi dalam:

  • Rp. 15.000,- untuk ongkos kartu
  • Rp. 20.000,- untuk saldo dari kartu Jakcard

Kartu itu bisa digunakan oleh sebagian orang sekalian, sepanjang saldonya memenuhi. Harga yang tercantum di atas belum terhitung ongkos parkir kendaraan yang kamu pakai, dan ongkos bermain di sarana yang berada di Kebun Binatang Ragunan.

Untuk mengunjungi Kebun Binatang Ragunan sekarang ini, cuma buat mereka yang mempunyai KTP DKI dengan menunjukkan saat ada di loket tiket.

Leave a Reply

Your email address will not be published.