Tiket Masuk Jogja Airport Resto

Tiket Masuk Jogja Airport Resto, Wisata Kuliner dengan Sensasi Berbeda

Posted on

Liburan ke Yogyakarta sekalian telusuri tempat kulineran unik? Ini salah satunya jalan keluarnya. Ya, adalah tempat unik namanya Jogja Airport Resto (JAR), yang berada di Desa Kadirojo I, Purwomartani, Kalasan, Sleman, ini menyajikan restaurant dengan konsep lapangan terbang. Ide ini pertama kalinya berada di Jogja.

Diawali dari tempat lobi, kamu akan dilayani seperti penumpang pesawat yang perlu dilihat oleh petugas. Selanjutnya untuk pemesanan makanan dikonsep seperti cek in ticket pesawat.

Setelah bayar makanan yang diminta, penumpang pesawat (pengunjung) juga harus juga menunggu sesaat untuk boarding. Tetapi, bila penumpang inginkan masuk ke kabin dengan selekasnya, karena itu dia akan diantarkan ke arah pesawat oleh petugas.

Tiket Masuk Jogja Airport Resto

Pesawat di JAR terdiri dari dua tipe, yakni kelas ekonomi dan kelas bisnis. Perbedaannya cuma berada dalam jumlah seat, sarana seat, dan harga paket makanan. Oh iya, untuk masuk kabin pesawat, kamu harus juga pesan paket makanan yang telah berada di menu lho.

Di tempat ini ada tiga menu paket, yakni Paket Ndeso, Paket Kampung, dan Paket Melayu. Terbagi dalam beragam makanan, dimulai dari traditional food sampai western food. Harga menu paketnya Rp 160 ribu untuk empat orang. Nah, jika kamu telah pesan makanan, bersiap boarding deh!

Begitu masuk kabin pesawat, kamu akan disambut dengan pramugara dan pramugari yang siap melayanimu. Boarding akan dilaksanakan tiap jam 11.00 WIB dan 13.30 WIB, terkecuali bila ada kelompok yang pesan banyak seat, boarding dapat dilaksanakan waktu itu juga.

Konsep boarding ini diawali dengan penyambutan seperti penumpang pesawat yang akan landing. Kemudian dilanjut dengan peragaan alat keselamatan oleh pramugara dan pramugari.

Selesai ‘peragaan keselamatan’ selesai, menu makanan selekasnya dikeluarkan dan siap disajikan oleh penumpang. Selainnya menu paket, kamu bisa juga nikmati menu yang lain lho. Harga range Rp 7 ribu sampai Rp 75 ribu. Tetapi bila tidak pesan menu paket, kamu cuma dapat menikmatinya di ruang tunggu atau di halaman bandara saja.

Nah, jika kamu masih ingin beberapa foto di pesawat tanpa nikmati makanan bisa juga. Kamu tinggal beli ticket pesawat pada harga Rp 20 ribu, lalu dapat nikmati beberapa foto di kabin pesawat sepuasnya. Bila ingin photo gunakan pakaian pilot di ruangan kokpit bisa juga, dengan bayar tambahan Rp 20 ribu lagi.

Menurut informasi dari pengelolanya, pembuatan JAR ini sendiri sudah memakan hampir Rp 19 miliar. Jogja Airport Resto pada Sabtu (19/10), manager JAR, Ahmad, menjelaskan ide restoran ini berawal dari ketidaksengajaan.

“Sebenarnya dahulu itu kita tidak punyai pemikiran ke konsep restoran. Dahulu kita membeli pesawat itu untuk ekspedisi. Hanya karena pertimbangan kita lebih jauh lagi, tandingan ekspedisi kan banyak, karena itu kami memilih tidak bergelut di bagian kargo. Pada akhirnya kita bergulat di bagian kulineran dan pembelajaran,” ujarnya.

Semua pembikinan dan konsep restoran sendiri dinaungi oleh Jogja Flight, yakni lembaga pendidikan pramugari yang terpusat di Jogja. “Kita buat berlainan dengan resto-resto lainnya, idenya dibikin benar-benar seperti pada bandara,” tutup Ahmad.

Nah, bagaimana ? Kamu berminat untuk mendatanginya nggak nih? Jika kembali piknik ke Jogja, janganlah lupa mampir dan nikmati kesan kulineran berbeda ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.