Tiket Masuk Desa Wisata Sari Bunihayu: Menikmati Wisata Alam yang Asri

Posted on

Tiket masuk desa wisata Sari Bunihayu tidak hanya memberikan akses untuk menikmati keindahan alam yang asri, tapi juga kesempatan untuk merasakan kehidupan masyarakat lokal yang masih sangat terjaga keaslian dan kearifannya. Berada di kaki Gunung Gede Pangrango, desa wisata Sari Bunihayu menawarkan pemandangan alam yang menawan dengan segala keunikan dan keragaman hayati yang dimilikinya.

Keindahan Alam Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa wisata Sari Bunihayu terletak di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, desa wisata ini menawarkan udara yang segar dan sejuk dengan suhu rata-rata 20-25 derajat Celsius.

Di desa wisata Sari Bunihayu, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang asri dengan beragam jenis tumbuhan dan fauna yang hidup di sekitar desa. Salah satu daya tarik utama dari desa wisata ini adalah keberadaan air terjun yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Buwun Sejati: Menikmati Keindahan Alam Sambil Menikmati Budaya

Salah satu air terjun yang terkenal di desa wisata Sari Bunihayu adalah Curug Cigamea. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan terletak di tengah hutan pinus yang rindang. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dari atas atau bawah dan merasakan sensasi segarnya air terjun yang jatuh dengan derasnya.

Selain Curug Cigamea, terdapat juga beberapa air terjun lain yang tak kalah indahnya, seperti Curug Cilember dan Curug Cikaso. Di desa wisata Sari Bunihayu juga terdapat beberapa trekking trail yang dapat dijelajahi oleh pengunjung untuk menikmati keindahan alam yang lebih maksimal.

Keunikan Budaya dan Kearifan Lokal Desa Wisata Sari Bunihayu

Tak hanya keindahan alamnya yang menawan, desa wisata Sari Bunihayu juga menawarkan keunikan budaya dan kearifan lokal yang masih sangat terjaga. Desa wisata ini dikenal dengan keberadaan masyarakat adat yang masih memegang teguh tradisi dan adat-istiadat mereka.

Pengunjung dapat menikmati suasana dan aktivitas sehari-hari masyarakat lokal yang masih hidup dalam kearifan lokal mereka. Masyarakat Sari Bunihayu terkenal dengan kerajinan tangan mereka, seperti membuat anyaman bambu, tenun, dan kerajinan kayu. Pengunjung juga dapat belajar tentang kearifan lokal dalam pengolahan pangan dan pertanian organik yang masih sangat terjaga.

Wisata Lainnya:  9 Rekomendasi Tempat Wisata di Tegal dari Wisata Alam Hingga Edukasi

Tiket Masuk Desa Wisata Sari Bunihayu

Tiket masuk desa wisata Sari Bunihayu sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000 per orang. Tiket masuk ini telah termasuk akses ke beberapa objek wisata alam di desa wisata Sari Bunihayu, seperti Curug Cigamea, Curug Cilember, dan Curug Cikaso.

Tiket masuk ini juga termasuk akses ke beberapa lokasi wisata budaya dan kearifan lokal di desa wisata Sari Bunihayu, seperti wisata kuliner, kerajinan tangan, dan pertanian organik. Pengunjung juga dapat menyewa guide lokal dengan biaya yang cukup terjangkau untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang keindahan alam dan kearifan lokal di desa wisata Sari Bunihayu.

Cara Menuju Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa wisata Sari Bunihayu dapat dicapai dengan berbagai jenis transportasi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengikuti rute Cianjur-Cugenang-Cipanas, lalu belok kiri menuju arah Desa Sukasari. Dari sana, pengunjung dapat mengikuti petunjuk jalan menuju ke desa wisata Sari Bunihayu.

Jika menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat naik bus dari Terminal Cianjur menuju Cugenang. Dari Cugenang, pengunjung dapat naik angkutan umum menuju desa wisata Sari Bunihayu dengan biaya sekitar Rp. 5.000.

Wisata Lainnya:  Rencana Anggaran Biaya Wisata

Kesimpulan

Tiket masuk desa wisata Sari Bunihayu sangat terjangkau dan memberikan akses untuk menikmati keindahan alam yang asri serta keunikan budaya dan kearifan lokal yang masih sangat terjaga. Desa wisata Sari Bunihayu menawarkan berbagai objek wisata alam, seperti Curug Cigamea, Curug Cilember, dan Curug Cikaso, serta wisata budaya dan kearifan lokal, seperti wisata kuliner, kerajinan tangan, dan pertanian organik.

Pengunjung juga dapat menikmati aktivitas sehari-hari masyarakat lokal yang masih memegang teguh tradisi dan adat-istiadat mereka. Desa wisata Sari Bunihayu dapat dicapai dengan berbagai jenis transportasi, baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *