Tempat Wisata Martapura: Wisata Alam yang Menakjubkan di Kalimantan Selatan

Posted on

Bagi kamu yang mencari tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan, maka Martapura adalah pilihan yang tepat. Terletak di Kalimantan Selatan, Martapura memiliki banyak objek wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

1. Air Terjun Haratai

Salah satu objek wisata yang paling terkenal di Martapura adalah Air Terjun Haratai. Air terjun ini terletak di Desa Haratai, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang jernih dan segar.

Keindahan air terjun ini akan membuat kamu terpesona. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dan melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, dan berkemah.

2. Danau Biru Martapura

Danau Biru Martapura juga menjadi salah satu tempat wisata yang sangat populer di Kalimantan Selatan. Danau ini memiliki air yang jernih dan biru, yang membuatnya sangat cocok untuk berfoto atau sekadar menikmati pemandangan.

Di sekitar Danau Biru Martapura, terdapat juga banyak warung makan dan kafe yang menyajikan berbagai hidangan lezat khas Kalimantan Selatan.

3. Hutan Wisata Meratus

Hutan Wisata Meratus merupakan salah satu objek wisata alam yang wajib kamu kunjungi jika kamu berada di Martapura. Hutan ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan sangat cocok untuk melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan, trekking, atau camping.

Kamu juga bisa menikmati keindahan air terjun dan sungai yang ada di Hutan Wisata Meratus. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat perkemahan, arena bermain anak, dan warung makan.

4. Pantai Bakam

Pantai Bakam adalah pantai yang terletak di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih dan segar.

Di pantai ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar menikmati pemandangan. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi, dan warung makan.

Wisata Lainnya:  Wisata Gondang Legi: Pesona Wisata yang Menarik di Malang

5. Wisata Religi

Tak hanya tempat wisata alam yang menarik, Martapura juga memiliki wisata religi yang sangat populer di Kalimantan Selatan. Beberapa tempat wisata religi yang wajib kamu kunjungi di Martapura antara lain Masjid Raya Al Karomah, Makam Pangeran Samudera, dan Makam Raden Sulaiman.

Masjid Raya Al Karomah adalah masjid yang terletak di pusat kota Martapura. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan merupakan salah satu masjid tertua di Kalimantan Selatan.

Makam Pangeran Samudera dan Makam Raden Sulaiman adalah makam yang terletak di Desa Cemplang, Kecamatan Martapura. Makam ini merupakan makam dari dua tokoh penting di Kalimantan Selatan yang sangat dihormati oleh masyarakat setempat.

6. Pasar Terapung

Pasar Terapung adalah salah satu tempat wisata yang unik di Martapura. Pasar ini terletak di Sungai Barito dan hanya bisa diakses dengan perahu.

Di pasar ini, kamu bisa membeli berbagai barang seperti makanan, pakaian, dan souvenir. Selain itu, pasar terapung juga menjadi tempat yang ideal untuk menikmati keindahan alam sekitar dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

7. Goa Batu Kapal

Goa Batu Kapal adalah gua yang terletak di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Gua ini memiliki keunikan karena di dalamnya terdapat batu yang berbentuk kapal.

Di dalam gua ini, kamu juga bisa menemukan berbagai stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami. Keindahan gua ini akan membuat kamu terpesona dan ingin kembali lagi ke sana.

8. Pulau Bakut

Pulau Bakut adalah pulau yang terletak di Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih.

Di pulau ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, berenang, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat penginapan, restoran, dan tempat parkir.

9. Danau Jumrah

Danau Jumrah adalah danau yang terletak di Desa Jumrah, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Danau ini memiliki air yang jernih dan segar, serta pemandangan alam yang indah.

Di sekitar Danau Jumrah, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat parkir, warung makan, dan tempat penginapan. Danau Jumrah menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

10. Bukit Batu Bulan

Bukit Batu Bulan adalah bukit yang terletak di Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Bukit ini memiliki pemandangan indah yang dapat kamu nikmati dari atas bukit.

Wisata Lainnya:  Wisata Daerah Bedugul: Pesona Alam yang Menakjubkan

Di Bukit Batu Bulan, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan, trekking, atau sekadar menikmati pemandangan. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat parkir dan kamar mandi.

11. Wisata Budaya

Di Martapura, kamu juga bisa menemukan berbagai tempat wisata budaya yang sangat menarik. Beberapa tempat wisata budaya yang wajib kamu kunjungi antara lain Museum Lambung Mangkurat, Kampung Wisata Jaga Raga, dan Kampung Wisata Kandangan.

Museum Lambung Mangkurat adalah museum yang terletak di Kota Banjarmasin. Museum ini menyimpan berbagai koleksi sejarah dan budaya Kalimantan Selatan yang sangat menarik dan informatif.

Kampung Wisata Jaga Raga dan Kampung Wisata Kandangan adalah kampung-kampung yang masih mempertahankan kebudayaan dan tradisi Kalimantan Selatan. Di sini, kamu bisa belajar tentang adat istiadat dan kebiasaan masyarakat setempat, serta menikmati kuliner khas Kalimantan Selatan.

12. Taman Margasatwa Banua Raya

Taman Margasatwa Banua Raya adalah taman margasatwa yang terletak di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Taman ini memiliki berbagai jenis satwa yang dilindungi, seperti orangutan, beruang madu, dan bekantan.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di Taman Margasatwa Banua Raya, seperti berjalan-jalan, berkemah, atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi, dan warung makan.

13. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling adalah bukit yang terletak di Desa Tangkiling, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Bukit ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan dapat kamu nikmati dari atas bukit.

Di Bukit Tangkiling, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan, trekking, atau sekadar menikmati pemandangan. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat parkir dan kamar mandi.

14. Wisata Sejarah

Kalimantan Selatan memiliki sejarah yang sangat kaya dan menarik untuk dipelajari. Di Martapura, kamu bisa menemukan berbagai tempat wisata sejarah yang sangat menarik, seperti Benteng Kuto Besak, Museum Wasaka, dan Makam Sultan Suriansyah.

Benteng Kuto Besak adalah benteng yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Benteng ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang paling populer di Kalimantan Selatan.

Museum Wasaka adalah museum sejarah yang terletak di Kota Banjarmasin. Museum ini menyimpan berbagai koleksi sejarah dan budaya Kalimantan Selatan yang sangat menarik dan informatif.

Makam Sultan Suriansyah adalah makam dari salah satu raja terkenal di Kalimantan Selatan. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi masyarakat setempat dan sangat dihormati.

Wisata Lainnya:  Wisata Weleri: Menikmati Keindahan Alam dan Sejarah di Kota Weleri

15. Wisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Martapura tanpa mencicipi kuliner khas Kalimantan Selatan. Beberapa kuliner yang wajib kamu coba antara lain Soto Banjar, Sate Bekantan, dan Pindang Patin.

Soto Banjar adalah soto khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari daging sapi atau ayam. Soto ini disajikan dengan tambahan irisan ketimun, tauge, dan koya yang membuat rasanya sangat lezat.

Sate Bekantan adalah sate yang terbuat dari daging bekantan. Daging bekantan memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang unik, sehingga menjadi salah satu kuliner khas Kalimantan Selatan yang paling populer.

Pindang Patin adalah masakan berkuah yang terbuat dari ikan patin. Pindang patin memiliki rasa yang gurih dan pedas, dan biasa disajikan dengan nasi putih dan sambal.

16. Air Terjun Maraksa

Air Terjun Maraksa adalah air terjun yang terletak di Desa Hulu Sungai, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya yang jernih dan segar.

Keindahan air terjun ini akan membuat kamu terpesona. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dan melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, dan berkemah.

17. Danau Seran

Danau Seran adalah danau yang terletak di Desa Seran, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Danau ini memiliki air yang jernih dan segar, serta pemandangan alam yang indah.

Di sekitar Danau Seran, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat parkir, warung makan, dan tempat penginapan. Danau Seran menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

18. Pulau Kembang

Pulau Kembang adalah pulau yang terletak di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih.

Di pulau ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, berenang, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat penginapan, restoran, dan tempat parkir.

19. Wisata Edukasi

Tak hanya tempat wisata alam dan budaya, Martapura juga memiliki wisata

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *