Temukan Wisata di Cilegon yang Menarik untuk Dikunjungi

Posted on

Cilegon, kota industri yang terletak di Provinsi Banten ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga kuliner. Berikut beberapa rekomendasi wisata di Cilegon yang bisa kamu kunjungi.

1. Pantai Anyer

Pantai Anyer merupakan salah satu wisata pantai terkenal di Cilegon. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling, diving, dan banana boat.

2. Gua Maria

Gua Maria adalah gua yang terletak di kompleks Gereja Katolik Santo Andreas Cilegon. Gua ini menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik yang ingin berdoa dan memohon berkat. Selain itu, keindahan stalaktit dan stalakmit di dalam gua juga dapat dinikmati oleh pengunjung.

3. Taman Wisata Alam Cikuasa

Taman Wisata Alam Cikuasa merupakan tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan keindahan alam Cilegon. Taman ini memiliki trekking yang cukup menantang, namun pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah. Kamu bisa menikmati pemandangan perbukitan, air terjun, dan udara segar di Taman Wisata Alam Cikuasa.

4. Masjid Al-Azhar

Masjid Al-Azhar adalah masjid besar yang terletak di Cilegon. Meskipun bukan destinasi wisata, namun keindahan arsitektur dan bangunan masjid ini sangatlah menarik. Kamu juga bisa beribadah dan menimba ilmu di Masjid Al-Azhar yang terkenal dengan pesantrennya.

5. Waroeng SS Cilegon

Bagi kamu yang gemar mencicipi kuliner khas daerah, Waroeng SS Cilegon adalah tempat yang wajib kamu kunjungi. Warung makan ini menyajikan berbagai macam hidangan khas Cilegon seperti sate bandeng, bebek goreng, dan nasi timbel. Selain itu, tempatnya yang nyaman dan harga yang terjangkau membuat Waroeng SS Cilegon menjadi tempat favorit bagi wisatawan dan warga lokal.

Wisata Lainnya:  Wisata Borneo: Keindahan Alam yang Menakjubkan

6. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung adalah pantai yang terletak sekitar 70 km dari Cilegon. Meskipun jaraknya cukup jauh, namun keindahan pantai ini sangatlah memukau. Pantai Tanjung Lesung memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving di pantai ini.

7. Danau Tasikardi

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berkemah di tepi danau, Danau Tasikardi adalah tempat yang cocok bagi kamu. Danau ini terletak di Desa Cijeruk, sekitar 20 km dari Cilegon. Selain berkemah, kamu juga bisa memancing dan menikmati pemandangan indah di sekitar Danau Tasikardi.

8. Taman Rekreasi Sari Ater

Taman Rekreasi Sari Ater adalah tempat wisata keluarga yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Taman ini memiliki wahana permainan anak-anak, kolam renang, dan berbagai fasilitas lainnya. Kamu juga bisa menikmati kuliner khas daerah yang disajikan di area Taman Rekreasi Sari Ater.

9. Goa Lalay

Goa Lalay merupakan goa yang terletak di Desa Mekarsari, sekitar 10 km dari Cilegon. Goa ini memiliki pemandangan yang indah dan stalaktit serta stalakmit yang unik. Kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti trekking untuk menuju Goa Lalay.

10. Taman Wisata Alam Carita

Taman Wisata Alam Carita merupakan tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan keindahan alam serta melakukan aktivitas seperti camping, hiking, dan trekking. Taman ini memiliki pemandangan yang indah dan udara yang segar. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai di sekitar Taman Wisata Alam Carita.

11. Air Terjun Batu Hampar

Air Terjun Batu Hampar adalah air terjun yang terletak di Desa Batu Hampar, sekitar 15 km dari Cilegon. Keindahan air terjun ini sangatlah memukau dan cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berenang di bawah air terjun. Kamu juga bisa menikmati pemandangan perbukitan yang indah di sekitar Air Terjun Batu Hampar.

12. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk merupakan benteng peninggalan Belanda yang terletak di Desa Carenang, sekitar 20 km dari Cilegon. Meskipun sudah tua, namun keindahan arsitektur dan sejarah yang terkandung di dalamnya sangatlah menarik. Kamu juga bisa menikmati pemandangan indah di sekitar Benteng Speelwijk.

13. Taman Wisata Pulau Merak

Taman Wisata Pulau Merak adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan keindahan alam dan melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving. Pulau Merak memiliki keindahan terumbu karang yang masih alami dan air laut yang jernih. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai di sekitar Pulau Merak.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Sintang: Menikmati Keindahan Alam Kalimantan Barat

14. Taman Wisata Alam Gunung Kancana

Taman Wisata Alam Gunung Kancana adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan keindahan alam serta melakukan aktivitas seperti camping, hiking, dan trekking. Taman ini memiliki pemandangan yang indah dan udara yang segar. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai di sekitar Taman Wisata Alam Gunung Kancana.

15. Kampung Batik Cigadung

Kampung Batik Cigadung adalah kampung yang terletak di Cilegon dan terkenal dengan kerajinan batiknya. Kamu bisa melihat proses pembuatan batik dari awal hingga jadi dan juga membeli batik khas Cigadung sebagai oleh-oleh.

16. Wisata Religi Banten

Wisata Religi Banten adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan keindahan sejarah dan keberagaman agama di Banten. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat seperti Masjid Agung Banten, Keraton Banten, dan Candi Badut yang menjadi tempat ibadah umat Hindu.

17. Wisata Sejarah Cilegon

Wisata Sejarah Cilegon adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah Cilegon. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat seperti Museum Benteng Speelwijk, Museum Cilegon, dan Monumen Serang Banten.

18. Pantai Jambu

Pantai Jambu adalah pantai yang terletak sekitar 15 km dari Cilegon. Keindahan pantai ini sangatlah memukau dan cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berenang di air laut yang jernih. Kamu juga bisa menikmati pemandangan perbukitan yang indah di sekitar Pantai Jambu.

19. Desa Wisata Cipeucang

Desa Wisata Cipeucang adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan kehidupan pedesaan yang masih alami. Kamu bisa belajar tentang cara hidup masyarakat pedesaan dan juga menikmati suasana yang tenang dan damai di Desa Wisata Cipeucang.

20. Taman Wisata Alam Sawah Luhur

Taman Wisata Alam Sawah Luhur adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan keindahan alam dan melihat proses pertanian padi dari awal hingga panen. Kamu juga bisa menikmati pemandangan sawah yang hijau dan segar di sekitar Taman Wisata Alam Sawah Luhur.

21. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong adalah pantai yang terkenal dengan formasi karangnya yang unik. Kamu bisa melihat karang yang berlubang seperti bolong dan juga menikmati keindahan pantai yang masih alami di sekitar Pantai Karang Bolong.

22. Go Wet Waterpark Cilegon

Go Wet Waterpark Cilegon adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan sensasi bermain air. Taman bermain air ini memiliki berbagai macam wahana seperti kolam ombak, seluncuran, dan area bermain anak-anak.

Wisata Lainnya:  Menikmati Indahnya Destinasi Wisata Cilacap yang Wajib Dikunjungi

23. Pantai Binuangeun

Pantai Binuangeun adalah pantai yang terletak sekitar 20 km dari Cilegon. Keindahan pantai ini sangatlah memukau dan cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berenang di air laut yang jernih. Kamu juga bisa menikmati pemandangan perbukitan yang indah di sekitar Pantai Binuangeun.

24. Danau Cibeber

Danau Cibeber adalah danau buatan yang terletak di Desa Cibeber, sekitar 10 km dari Cilegon. Kamu bisa menikmati suasana yang tenang dan damai di sekitar Danau Cibeber dan juga memancing di danau ini.

25. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan keindahan taman buah. Taman ini memiliki berbagai macam buah-buahan seperti durian, rambutan, dan mangga. Kamu juga bisa membeli buah-buahan khas daerah sebagai oleh-oleh di Taman Buah Mekarsari.

26. Pantai Ciputih

Pantai Ciputih adalah pantai yang terkenal dengan pasir putihnya yang lembut. Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang masih alami di sekitar Pantai Ciputih dan juga melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving.

27. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang adalah pulau yang terletak sekitar 20 km dari Cilegon. Pulau ini memiliki keindahan terumbu karang yang masih alami dan air laut yang jernih. Kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving di sekitar Pulau Sangiang.

28. Taman Wisata Alam Gunung Tampomas

Taman Wisata Alam Gunung Tampomas adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan keindahan alam serta melakukan aktivitas seperti camping, hiking, dan trekking. Taman ini memiliki pemandangan yang indah dan udara yang segar. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai di sekitar Taman Wisata Alam Gunung Tampomas.

29. Wisata Edukasi Kampoeng Tangguh

Wisata Edukasi Kampoeng Tangguh adalah tempat wisata yang cocok bagi kamu yang ingin belajar tentang kesiapan dalam menghadapi bencana dan juga cara hidup yang ramah lingkungan. Kamu bisa belajar tentang cara membuat shelter darurat, membantu korban bencana, dan juga mengolah sampah menjadi produk yang berguna.

30. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu adalah pantai yang terkenal dengan karangnya yang besar dan unik. Kamu bisa melihat karang yang menyerupai patung dan juga menikmati keindahan pantai yang masih alami di sekitar Pantai Karang Hawu.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *