Tempat Wisata Singapura Gratis

Posted on

Singapura terkenal sebagai negara yang modern dan maju di Asia Tenggara. Namun, di balik kemajuan dan modernitasnya, Singapura juga menyimpan banyak tempat wisata gratis yang menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata Singapura gratis yang wajib dikunjungi saat liburan ke sana.

1. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay adalah taman futuristik yang terletak di Marina Bay. Tidak hanya memiliki pemandangan yang spektakuler, tetapi juga menyimpan berbagai tanaman dan bunga yang indah. Ada banyak spot foto yang Instagrammable di Gardens by the Bay, seperti Supertree Grove dan Flower Dome. Meskipun masuk ke Dome akan dikenakan biaya, tetapi kamu masih bisa menikmati keindahan Gardens by the Bay secara gratis.

2. Merlion Park

Merlion Park adalah tempat wisata gratis yang terkenal di Singapura. Kamu bisa berfoto dengan patung Merlion yang ikonik, yang merupakan simbol Singapura. Dari Merlion Park, kamu juga bisa melihat pemandangan Marina Bay Sands yang megah.

3. Sentosa Island

Sentosa Island adalah pulau wisata yang terkenal di Singapura. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana, seperti bermain di pantai, bermain di Universal Studios, atau naik kabel gantung. Meskipun beberapa atraksi di Sentosa Island dikenakan biaya, ada juga banyak atraksi yang gratis, seperti Wings of Time dan Merlion Walk.

4. Buddha Tooth Relic Temple

Buddha Tooth Relic Temple adalah kuil Buddha yang indah yang terletak di Chinatown. Di dalam kuil, kamu bisa melihat banyak patung Buddha yang indah dan juga gigi Buddha yang disimpan di dalam stupa. Kamu juga bisa mengikuti tur gratis di kuil ini dan belajar tentang sejarahnya.

Wisata Lainnya:  Wisata Pagoda: Menikmati Keindahan Budaya dan Spiritual di Indonesia

5. Haw Par Villa

Haw Par Villa adalah taman yang unik di Singapura. Di dalam taman, kamu bisa melihat banyak patung-patung dari mitologi Tiongkok dan legenda yang menarik. Kamu juga bisa belajar tentang sejarah Tiongkok dan cerita-cerita yang terkait dengan patung-patung tersebut.

6. National Museum of Singapore

National Museum of Singapore adalah museum sejarah yang terletak di Bras Basah. Di dalam museum, kamu bisa melihat banyak koleksi sejarah Singapura, seperti artefak dari zaman prasejarah, zaman kolonial, dan zaman modern. Kamu juga bisa mengikuti tur gratis di museum ini dan belajar tentang sejarah Singapura.

7. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens adalah taman yang indah dan besar di Singapura. Di dalam taman, kamu bisa melihat banyak tanaman dan bunga yang indah. Ada juga beberapa tempat menarik di dalam taman, seperti Symphony Lake dan Jacob Ballas Children’s Garden. Kamu bisa menikmati keindahan taman ini secara gratis.

8. Esplanade – Theatres on the Bay

Esplanade – Theatres on the Bay adalah gedung teater yang terletak di Marina Bay. Meskipun gedung ini dikenal sebagai tempat pertunjukan seni yang mewah, tapi kamu bisa mengunjungi gedung ini secara gratis untuk melihat pemandangan Marina Bay yang indah.

9. Clarke Quay

Clarke Quay adalah kawasan yang terkenal dengan hiburan malamnya di Singapura. Namun, kamu juga bisa mengunjungi kawasan ini pada siang hari untuk melihat pemandangan Sungai Singapura yang indah. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sepanjang Sungai Singapura dan melihat banyak bangunan bersejarah yang menarik.

10. Chinatown

Chinatown adalah kawasan yang terkenal dengan budaya Tionghoa di Singapura. Kamu bisa mengunjungi kawasan ini untuk melihat banyak bangunan bersejarah, seperti Sri Mariamman Temple dan Buddha Tooth Relic Temple. Kamu juga bisa berbelanja di pasar malamnya yang terkenal.

11. Kampung Glam

Kampung Glam adalah kawasan yang terkenal dengan budaya Melayu di Singapura. Kamu bisa mengunjungi kawasan ini untuk melihat banyak bangunan bersejarah, seperti Masjid Sultan dan Istana Kampong Glam. Kamu juga bisa berbelanja di pasar malamnya yang terkenal.

12. Tiong Bahru

Tiong Bahru adalah kawasan yang terkenal dengan arsitektur Art Deco-nya di Singapura. Kamu bisa mengunjungi kawasan ini untuk melihat banyak bangunan bersejarah yang indah dan unik. Kamu juga bisa berbelanja di toko-toko yang keren dan kafe-kafe yang bergaya.

13. Fort Canning Park

Fort Canning Park adalah taman yang terletak di pusat kota Singapura. Di dalam taman, kamu bisa melihat banyak bangunan bersejarah, seperti Gedung Parlemen Lama dan Museum Nasional. Kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Singapura yang indah dari atas bukit.

Wisata Lainnya:  Wisata Duri Riau: Tempat Seru untuk Liburan Akhir Pekan

14. Singapore City Gallery

Singapore City Gallery adalah galeri yang terletak di Chinatown. Di dalam galeri, kamu bisa melihat peta Singapura yang unik dan juga maket kota Singapura yang indah. Kamu juga bisa belajar tentang sejarah Singapura dan rencana masa depannya.

15. Bukit Timah Nature Reserve

Bukit Timah Nature Reserve adalah hutan tropis yang terletak di Singapura. Di dalam hutan, kamu bisa melihat banyak flora dan fauna yang menarik, seperti kera dan burung-burung eksotis. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sepanjang trek hiking yang menantang.

16. Labrador Nature Reserve

Labrador Nature Reserve adalah taman yang terletak di Teluk Pasir Panjang. Di dalam taman, kamu bisa melihat banyak flora dan fauna yang menarik, seperti rusa dan burung-burung laut. Kamu juga bisa menikmati pemandangan laut yang indah.

17. MacRitchie Reservoir

MacRitchie Reservoir adalah tempat yang terkenal dengan olahraga outdoor di Singapura. Kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang trek hiking yang menantang atau bermain kayak di danau. Kamu juga bisa melihat banyak flora dan fauna yang menarik di sepanjang jalan.

18. East Coast Park

East Coast Park adalah pantai yang terkenal di Singapura. Kamu bisa bermain di pantai, bersepeda, atau berjalan-jalan di sepanjang pantai. Kamu juga bisa menikmati makanan laut yang lezat di restoran-restoran di sepanjang pantai.

19. Pusat Seni Esplanade

Pusat Seni Esplanade adalah gedung seni yang terletak di Marina Bay. Di dalam gedung, kamu bisa menonton pertunjukan seni yang menarik atau mengunjungi galeri seni yang indah. Kamu juga bisa mengikuti tur gratis di gedung ini dan belajar tentang seni dan arsitektur.

20. Pasar Tani Kelong

Pasar Tani Kelong adalah pasar tradisional yang terletak di Pulau Ubin. Kamu bisa berbelanja makanan dan barang-barang tradisional di pasar ini dan juga melihat kehidupan kampung yang asli. Kamu juga bisa bersepeda atau berjalan-jalan di sepanjang Pulau Ubin yang indah.

21. Tekka Centre

Tekka Centre adalah pasar tradisional yang terletak di Little India. Kamu bisa berbelanja bahan makanan, rempah-rempah, dan barang-barang tradisional di pasar ini. Kamu juga bisa mencoba makanan India yang lezat di food court-nya yang terkenal.

22. Kampong Lorong Buangkok

Kampong Lorong Buangkok adalah kampung terakhir yang masih ada di Singapura. Di dalam kampung, kamu bisa melihat kehidupan kampung yang asli dan juga rumah-rumah kayu yang unik. Kamu juga bisa berbincang dengan penduduk kampung dan belajar tentang sejarah Singapura.

Wisata Lainnya:  Contoh Spanduk Tour Wisata

23. Sungei Buloh Wetland Reserve

Sungei Buloh Wetland Reserve adalah tempat yang terkenal dengan observasi burung di Singapura. Di dalam taman, kamu bisa melihat banyak burung-burung eksotis dan juga flora dan fauna yang menarik. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sepanjang trek hiking yang menantang.

24. Istana

Istana adalah istana presiden yang terletak di Orchard Road. Kamu bisa mengunjungi istana ini pada Hari Raya Idul Fitri dan Hari Nasional Singapura. Kamu bisa melihat bangunan bersejarah dan juga taman yang indah di sekitar istana.

25. Changi Beach Park

Changi Beach Park adalah pantai yang terletak di Changi. Kamu bisa bermain di pantai, bersepeda, atau berjalan-jalan di sepanjang pantai. Kamu juga bisa menikmati pemandangan laut yang indah dan pesawat yang lewat di atas kepalamu.

26. Bukit Batok Nature Park

Bukit Batok Nature Park adalah taman yang terletak di Bukit Batok. Di dalam taman, kamu bisa melihat banyak flora dan fauna yang menarik, seperti rusa dan burung-burung eksotis. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sepanjang trek hiking yang menantang.

27. Kranji Marshes

Kranji Marshes adalah tempat yang terkenal dengan observasi burung di Singapura. Di dalam taman, kamu bisa melihat banyak burung-burung eksotis dan juga fauna yang menarik. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sepanjang trek hiking yang menantang.

28. Pasar Karat

Pasar Karat adalah pasar loak yang terletak di Beach Road. Kamu bisa berbelanja barang-barang unik dan vintage di pasar ini. Kamu juga bisa mencari barang-barang antik dan barang-barang koleksi yang langka.

29. Taman Jurong Lake

Taman Jurong Lake adalah taman yang terletak di Jurong. Di dalam taman, kamu bisa bermain di taman bermain air, bermain di taman bermain anak-anak, atau berjalan-jalan di sepanjang taman. Kamu juga bisa menikmati pemandangan danau yang indah.

30. Pulau Ubin

Pulau Ubin adalah pulau yang terletak di timur laut Singapura. Di dalam pulau, kamu bisa melihat kehidupan kampung yang asli dan juga flora dan fauna yang menarik. Kamu juga bisa bersepeda atau berjalan-jalan di sepanjang pulau yang indah.

Kesimpulan

Itulah beberapa tempat wisata Singapura gratis yang wajib dikunjungi saat liburan ke sana. Meskipun Singapura terkenal sebagai negara yang mahal, tetapi masih banyak tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi secara gratis. Jadi, jangan ragu untuk berlibur ke Singapura dan menikmati keindahan tempat-tempat tersebut.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *