Tempat Wisata Kalimantan Utara – Menikmati Keindahan Alam Indonesia

Posted on

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alam dan budaya, dan Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata Kalimantan Utara yang bisa menjadi pilihan liburanmu.

1. Danau Sembuluh

Danau Sembuluh merupakan danau terbesar di Kalimantan Utara yang terletak di Kabupaten Seruyan. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan air yang jernih dan hijaunya hutan sekitar. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di danau ini seperti memancing, berperahu, atau sekadar menikmati keindahan alamnya.

2. Bukit Raya

Bukit Raya merupakan salah satu tempat wisata Kalimantan Utara yang harus kamu kunjungi. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut dan terletak di Kabupaten Nunukan. Dari puncak bukit, kamu bisa melihat keindahan hutan tropis dan pemandangan Kota Tarakan.

3. Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman Nasional Kayan Mentarang merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia yang terletak di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. Taman ini memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang langka dan dilindungi seperti orangutan, harimau, dan gajah. Kamu bisa melakukan trekking atau camping di taman ini.

4. Pantai Amal

Pantai Amal merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Bulungan. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang atau bersantai di pantai ini sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

5. Desa Adat Bajau Laut

Desa Adat Bajau Laut merupakan desa adat yang terletak di Kabupaten Tarakan. Desa ini merupakan tempat tinggal suku Bajau Laut yang masih mempertahankan kebudayaan laut mereka. Kamu bisa belajar tentang kebudayaan Bajau Laut dan melakukan aktivitas seperti memancing atau menyelam di desa ini.

Wisata Lainnya:  Jual Rumah Grand Wisata - Tempat yang Ideal untuk Investasi Properti

6. Air Terjun Bukit Kijang

Air Terjun Bukit Kijang merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Bulungan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di tengah hutan tropis. Kamu bisa melakukan trekking untuk menuju air terjun ini dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

7. Museum Rumah Bundar

Museum Rumah Bundar merupakan museum sejarah yang terletak di Kota Tarakan. Museum ini merupakan replika dari rumah adat suku Tidung yang memiliki bentuk bundar. Kamu bisa belajar tentang sejarah Kota Tarakan dan kebudayaan suku Tidung di museum ini.

8. Wisata Alam Pulau Sapi

Pulau Sapi merupakan pulau yang terletak di perairan Tarakan. Pulau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling atau diving di pulau ini.

9. Gunung Lumut

Gunung Lumut merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Nunukan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan yang indah dari puncaknya. Kamu bisa melakukan trekking untuk menuju puncak gunung ini.

10. Wisata Kuliner Tarakan

Tarakan juga memiliki kuliner yang lezat dan khas seperti nasi kuning, sate bulungan, dan mi tarakan. Kamu bisa mencicipi kuliner khas Tarakan di berbagai warung makan atau restoran di kota ini.

11. Air Terjun Batu Suli

Air Terjun Batu Suli merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Malinau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki air yang jernih. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau camping di sekitar air terjun ini.

12. Wisata Alam Danau Mentarang

Danau Mentarang merupakan danau yang terletak di Taman Nasional Kayan Mentarang. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan hutan tropis yang masih asri. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti memancing atau berperahu di danau ini.

13. Kampung Benuaq

Kampung Benuaq merupakan kampung yang terletak di Kabupaten Malinau. Kampung ini merupakan tempat tinggal suku Benuaq yang masih mempertahankan kebudayaan dan adat istiadat mereka. Kamu bisa belajar tentang kebudayaan dan adat istiadat suku Benuaq di kampung ini.

14. Danau Jempang

Danau Jempang merupakan danau yang terletak di Kabupaten Malinau. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan air yang jernih dan hijaunya hutan sekitar. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti berperahu atau memancing di danau ini.

Wisata Lainnya:  Menjelajahi Keindahan Tempat Wisata di Bandung Timur

15. Pantai Gua Cina

Pantai Gua Cina merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Bulungan. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang atau bersantai di pantai ini sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

16. Wisata Alam Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan pulau yang terletak di perairan Kalimantan Utara. Pulau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling atau diving di pulau ini.

17. Air Terjun Berkat

Air Terjun Berkat merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Malinau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki air yang jernih. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau camping di sekitar air terjun ini.

18. Wisata Alam Danau Sentarum

Danau Sentarum merupakan danau yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan hutan tropis yang masih asri. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti memancing atau berperahu di danau ini.

19. Kampung Lundayeh

Kampung Lundayeh merupakan kampung yang terletak di Kabupaten Malinau. Kampung ini merupakan tempat tinggal suku Lundayeh yang masih mempertahankan kebudayaan dan adat istiadat mereka. Kamu bisa belajar tentang kebudayaan dan adat istiadat suku Lundayeh di kampung ini.

20. Gunung Kelam

Gunung Kelam merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Nunukan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan yang indah dari puncaknya. Kamu bisa melakukan trekking untuk menuju puncak gunung ini.

21. Pantai Tanjung Selor

Pantai Tanjung Selor merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Bulungan. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang atau bersantai di pantai ini sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

22. Wisata Alam Bukit Baka Bukit Raya

Bukit Baka Bukit Raya merupakan salah satu tempat wisata Kalimantan Utara yang harus kamu kunjungi. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 2.700 meter di atas permukaan laut dan terletak di Kabupaten Sintang. Dari puncak bukit, kamu bisa melihat keindahan hutan tropis dan pemandangan Kota Pontianak.

23. Wisata Alam Sungai Mahakam

Sungai Mahakam merupakan sungai terpanjang di Kalimantan yang berhulu di Pegunungan Muller dan bermuara di Selat Makassar. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti berperahu atau memancing di sungai ini sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Wisata Lainnya:  Wisata Banyumas Terbaru - Nikmati Liburan Seru di Banyumas

24. Kampung Tidung

Kampung Tidung merupakan kampung yang terletak di Kabupaten Nunukan. Kampung ini merupakan tempat tinggal suku Tidung yang masih mempertahankan kebudayaan dan adat istiadat mereka. Kamu bisa belajar tentang kebudayaan dan adat istiadat suku Tidung di kampung ini.

25. Air Terjun Lepo Agung

Air Terjun Lepo Agung merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Malinau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan memiliki air yang jernih. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau camping di sekitar air terjun ini.

26. Wisata Alam Hutan Lindung Kayan Mentarang

Hutan Lindung Kayan Mentarang merupakan hutan yang terletak di Taman Nasional Kayan Mentarang. Hutan ini memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang langka dan dilindungi seperti orangutan, harimau, dan gajah. Kamu bisa melakukan trekking atau camping di hutan ini.

27. Pantai Beras Basah

Pantai Beras Basah merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Bulungan. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang atau bersantai di pantai ini sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

28. Wisata Alam Sungai Mahakam Hulu

Sungai Mahakam Hulu merupakan sungai yang berhulu di Pegunungan Muller. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti berperahu atau memancing di sungai ini sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

29. Danau Buluan

Danau Buluan merupakan danau yang terletak di Kabupaten Bulungan. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan air yang jernih dan hijaunya hutan sekitar. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di danau ini seperti memancing, berperahu, atau sekadar menikmati keindahan alamnya.

30. Wisata Kuliner Malinau

Malinau juga memiliki kuliner yang lezat dan khas seperti nasi kuning, sate kuda, dan ketupat kandilo. Kamu bisa mencicipi kuliner khas Malinau di berbagai warung makan atau restoran di kota ini.

Kesimpulan

Tempat wisata Kalimantan Utara menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan keberagaman budaya yang kaya. Dari danau yang indah hingga gunung yang menantang, Kalimantan Utara memiliki segalanya untuk penggemar alam. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang kebudayaan dan adat istiadat suku-suku yang tinggal di Kalimantan Utara. Jangan lupa mencicipi kuliner khas setiap daerah yang kamu kunjungi. Nikmati liburanmu di Kalimantan Utara dan rasakan keindahan alam Indonesia yang luar biasa.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *