Tempat Wisata Gratis Jogja: Nikmati Liburan Tanpa Biaya

Posted on

Jogja adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, Jogja juga dikenal sebagai kota budaya yang sarat dengan sejarah dan tradisi. Namun, seringkali kita mengasosiasikan tempat wisata dengan biaya yang mahal. Padahal, Jogja memiliki banyak tempat wisata gratis yang bisa dinikmati tanpa menguras kantong. Berikut ini beberapa tempat wisata gratis Jogja yang bisa kamu kunjungi:

1. Taman Sari

Taman Sari adalah sebuah kompleks istana yang terletak di pusat kota Jogja. Kompleks istana ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I sebagai tempat mandi dan tempat istirahat keluarga kerajaan. Di Taman Sari, kamu bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan serta kolam-kolam yang masih dipenuhi dengan air.

2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah sebuah bangunan peninggalan Belanda yang terletak di pusat kota Jogja. Bangunan ini dulunya berfungsi sebagai benteng pertahanan Belanda, namun kini telah diubah menjadi museum. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai koleksi sejarah Indonesia dari masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai terkenal di Jogja yang terletak sekitar 27 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki pasir hitam dan ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk kamu yang suka surfing atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan sunset di sini.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 17 km dari pusat kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Wangsa Sanjaya dan merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sangat berharga. Di sini kamu bisa melihat keindahan arsitektur candi dan belajar tentang sejarah Hindu di Indonesia.

5. Taman Pelangi

Taman Pelangi adalah sebuah taman yang terletak di kawasan Sleman, Jogja. Taman ini memiliki berbagai macam bunga yang indah dan warna-warni yang menarik. Selain itu, di taman ini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable yang cocok untuk kamu yang suka berfoto-foto.

Wisata Lainnya:  Proposal Penawaran Paket Wisata: Menawarkan Pengalaman Liburan yang Tak Terlupakan

6. Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah sebuah bukit yang terletak di kawasan Gunungkidul, Jogja. Bukit ini terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya yang spektakuler. Di sini kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam, serta melihat hamparan sawah dan perbukitan yang hijau.

7. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah sebuah kebun binatang yang terletak di kawasan Yogyakarta. Di kebun binatang ini kamu bisa melihat berbagai macam hewan dari seluruh penjuru dunia, seperti gajah, harimau, dan berbagai jenis burung. Selain itu, di sini juga terdapat wahana permainan anak yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

8. Goa Pindul

Goa Pindul adalah sebuah goa yang terletak di kawasan Gunungkidul, Jogja. Di dalam goa ini terdapat sungai bawah tanah yang bisa kamu jelajahi dengan menggunakan ban atau pelampung. Selain itu, di dalam goa ini juga terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah.

9. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan adalah sebuah hutan pinus yang terletak di kawasan Bantul, Jogja. Di hutan ini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable yang cocok untuk kamu yang suka berfoto-foto.

10. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo adalah sebuah museum yang terletak di pusat kota Jogja. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai koleksi sejarah dan budaya Jawa, seperti keramik, wayang, dan batik. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam benda peninggalan sejarah dari zaman kerajaan Mataram hingga zaman kemerdekaan.

11. Candi Ijo

Candi Ijo adalah sebuah candi Hindu yang terletak di kawasan Sleman, Jogja. Candi ini memiliki keindahan arsitektur yang unik dan menarik. Di sini kamu bisa melihat pemandangan alam yang hijau dan sejuk, serta menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam.

12. Kaliurang

Kaliurang adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi, Jogja. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang hijau dan sejuk, serta berbagai macam wahana permainan anak yang cocok untuk keluarga.

13. Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi adalah sebuah taman yang terletak di kawasan Prambanan, Jogja. Di taman ini kamu bisa melihat keindahan tebing batu alam yang telah diolah menjadi berbagai macam bentuk, seperti patung dan bangunan. Selain itu, di sini juga terdapat wahana permainan anak yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

Wisata Lainnya:  Promosi Wisata: Meningkatkan Popularitas Destinasi Wisata di Indonesia

14. Bukit Nglanggeran

Bukit Nglanggeran adalah sebuah bukit yang terletak di kawasan Gunungkidul, Jogja. Di bukit ini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang hijau dan sejuk, serta melihat hamparan sawah dan perbukitan yang indah. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable yang cocok untuk kamu yang suka berfoto-foto.

15. Pantai Krakal

Pantai Krakal adalah salah satu pantai terkenal di Jogja yang terletak sekitar 50 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk kamu yang suka surfing atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan sunset di sini.

16. Kali Code

Kali Code adalah sebuah sungai yang terletak di pusat kota Jogja. Di sini kamu bisa menikmati keindahan aliran sungai yang jernih serta melihat berbagai macam ikan dan reptil yang hidup di dalamnya. Selain itu, di sepanjang sungai ini juga terdapat berbagai macam warung makan yang menyajikan kuliner khas Jogja.

17. Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta adalah sebuah taman yang terletak di pusat kota Jogja. Di taman ini kamu bisa menikmati berbagai macam pertunjukan seni dan budaya Jawa, seperti tari, musik, dan wayang. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam kuliner khas Jogja yang bisa kamu cicipi.

18. Candi Sewu

Candi Sewu adalah sebuah candi Buddha yang terletak di kawasan Prambanan, Jogja. Candi ini memiliki keindahan arsitektur yang unik dan menarik. Di sini kamu bisa melihat pemandangan alam yang hijau dan sejuk, serta belajar tentang sejarah Buddha di Indonesia.

19. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah sebuah puncak yang terletak di kawasan Kulon Progo, Jogja. Di puncak ini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang hijau dan sejuk, serta melihat hamparan sawah dan perbukitan yang indah. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable yang cocok untuk kamu yang suka berfoto-foto.

20. Taman Lampion

Taman Lampion adalah sebuah taman yang terletak di kawasan Jogja Bay, Jogja. Di taman ini kamu bisa melihat berbagai macam lampion yang indah dan menarik, serta berbagai macam wahana permainan anak yang cocok untuk keluarga.

21. Pantai Glagah

Pantai Glagah adalah salah satu pantai terkenal di Jogja yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk kamu yang suka surfing atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan sunset di sini.

Wisata Lainnya:  Menjelajahi Objek Wisata di Solok, Destinasi Liburan yang Menarik

22. Kampung Warna-Warni

Kampung Warna-Warni adalah sebuah kampung yang terletak di kawasan Semarang, Jogja. Di kampung ini kamu bisa melihat berbagai macam rumah yang dihiasi dengan warna-warna cerah yang menarik. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam kuliner khas Jogja yang bisa kamu cicipi.

23. Candi Boko

Candi Boko adalah sebuah candi Hindu yang terletak di kawasan Prambanan, Jogja. Candi ini memiliki keindahan arsitektur yang unik dan menarik. Di sini kamu bisa melihat pemandangan alam yang hijau dan sejuk, serta belajar tentang sejarah Hindu di Indonesia.

24. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah sebuah embung yang terletak di kawasan Gunungkidul, Jogja. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang hijau dan sejuk, serta melihat hamparan sawah dan perbukitan yang indah. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam wahana permainan anak yang cocok untuk keluarga.

25. Pantai Baron

Pantai Baron adalah salah satu pantai terkenal di Jogja yang terletak sekitar 60 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk kamu yang suka surfing atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan sunset di sini.

26. Kalibiru

Kalibiru adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di kawasan Kulon Progo, Jogja. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang hijau dan sejuk, serta melihat hamparan sawah dan perbukitan yang indah. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable yang cocok untuk kamu yang suka berfoto-foto.

27. Pantai Glagah Putih

Pantai Glagah Putih adalah salah satu pantai terkenal di Jogja yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk kamu yang suka surfing atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan sunset di sini.

28. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah sebuah candi Hindu yang terletak di kawasan Prambanan, Jogja. Candi ini memiliki keindahan arsitektur yang unik dan menarik. Di sini kamu bisa melihat pemandangan alam yang hijau dan sejuk, serta bel

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *