Tempat Wisata Gratis di Bali: Menikmati Keindahan Pulau Dewata Tanpa Biaya

Posted on

Bali adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di Indonesia. Namun, kebanyakan wisatawan mengira bahwa liburan ke Bali selalu mahal. Padahal, Bali menyediakan banyak tempat wisata gratis yang bisa dinikmati tanpa biaya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan pulau Dewata tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata gratis di Bali yang bisa Anda kunjungi:

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah salah satu pantai terkenal di Bali yang terletak di wilayah Badung. Pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan laut yang indah, tetapi juga banyak aktivitas gratis yang bisa dilakukan seperti berjemur, bermain bola, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan seni budaya Bali seperti tari kecak di sini.

2. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu pura Hindu yang terkenal di Bali. Pura ini terletak di atas batu karang di tengah laut dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari daratan saat air laut surut. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di Pura Tanah Lot tanpa harus membayar biaya masuk.

3. Taman Kota Gianyar

Taman Kota Gianyar adalah taman kota yang terletak di Jalan Ngurah Rai, Gianyar. Taman ini sangat cocok untuk berolahraga atau sekadar bersantai karena dilengkapi dengan fasilitas seperti lapangan basket, lapangan voli, dan area jogging track. Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau yang indah di taman ini.

4. Pantai Sanur

Pantai Sanur adalah salah satu pantai yang tenang dan cocok untuk bersantai di Bali. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang indah atau berjalan-jalan di sepanjang pantai. Di sini juga terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Wisata Lainnya:  Wisata Oku Timur

5. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran adalah desa adat yang terletak di Kecamatan Bangli, Bali. Di sini, Anda bisa melihat kehidupan tradisional Bali yang masih terjaga dengan baik. Desa ini juga terkenal dengan keindahan arsitektur rumah-rumahnya yang khas Bali. Anda bisa berkunjung ke desa ini tanpa membayar biaya masuk.

6. Taman Wisata Kertha Gosa

Taman Wisata Kertha Gosa adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di Klungkung, Bali. Bangunan ini dulunya digunakan sebagai tempat pengadilan pada masa Kerajaan Bali. Sekarang, bangunan ini dijadikan sebagai tempat wisata yang menampilkan seni lukis khas Bali di langit-langitnya. Anda bisa berkunjung ke sini tanpa harus membayar biaya masuk.

7. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran adalah salah satu pantai yang terkenal dengan sajian makanan lautnya di Bali. Namun, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai atau sekadar menikmati suasana pantai sambil menikmati kelapa muda.

8. Desa Tenganan

Desa Tenganan adalah desa adat Bali yang terletak di Kabupaten Karangasem. Di desa ini, Anda bisa melihat kehidupan tradisional Bali yang masih terjaga dengan baik. Desa ini juga terkenal dengan tenun ikat khas Bali yang dibuat oleh penduduknya. Anda bisa berkunjung ke desa ini tanpa harus membayar biaya masuk.

9. Pantai Lovina

Pantai Lovina adalah pantai yang terletak di utara Bali. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang indah atau sekadar berenang di laut yang tenang. Di sepanjang pantai, terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

10. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu adalah salah satu pura Hindu yang terkenal di Bali. Pura ini terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan laut yang indah dan melihat pertunjukan kecak yang diselenggarakan di pura ini. Anda bisa berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu tanpa harus membayar biaya masuk.

11. Taman Kota Singaraja

Taman Kota Singaraja adalah taman kota yang terletak di Jalan Diponegoro, Singaraja. Di taman ini, terdapat banyak fasilitas seperti lapangan futsal, lapangan basket, dan area jogging track. Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau yang indah di taman ini.

12. Pantai Virgin

Pantai Virgin adalah pantai yang terletak di Kabupaten Karangasem. Pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga masih terjaga keasriannya. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis.

13. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun adalah sebuah pura Hindu yang terletak di Kabupaten Badung. Pura ini terkenal dengan arsitekturnya yang khas Bali. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan taman yang indah dan menikmati suasana yang tenang. Anda bisa berkunjung ke Pura Taman Ayun tanpa harus membayar biaya masuk.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu Cilacap

14. Pantai Amed

Pantai Amed adalah pantai yang terletak di Kabupaten Karangasem. Pantai ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang cocok untuk snorkeling atau diving. Namun, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis.

15. Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan adalah museum seni yang terletak di Ubud, Bali. Di sini, Anda bisa melihat koleksi seni lukis khas Bali dari para seniman terkenal seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Made, dan banyak lagi. Anda bisa berkunjung ke museum ini tanpa harus membayar biaya masuk.

16. Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua adalah pantai yang terletak di wilayah Nusa Dua, Bali. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dan berenang di laut yang tenang. Di sepanjang pantai, terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

17. Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan adalah sebuah pura Hindu yang terletak di Danau Beratan, Bedugul. Pura ini terkenal dengan arsitekturnya yang khas Bali dan keindahan danau yang ada di sekitarnya. Anda bisa berkunjung ke Pura Ulun Danu Beratan tanpa harus membayar biaya masuk.

18. Pantai Balangan

Pantai Balangan adalah pantai yang terletak di wilayah Jimbaran, Bali. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Namun, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis.

19. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat adalah taman nasional yang terletak di wilayah Bali Barat. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam Bali yang masih asli seperti hutan hujan, pantai, dan terumbu karang. Anda bisa berkunjung ke taman nasional ini tanpa harus membayar biaya masuk.

20. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih adalah pantai yang terletak di Kabupaten Karangasem. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang jernih. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis.

21. Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang adalah pantai yang terletak di wilayah Pecatu, Bali. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Namun, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis.

22. Taman Burung Bali

Taman Burung Bali adalah taman burung yang terletak di Gianyar, Bali. Di sini, Anda bisa melihat berbagai macam burung yang hidup di Bali dan Indonesia. Anda bisa berkunjung ke taman burung ini tanpa harus membayar biaya masuk.

Wisata Lainnya:  Liburan Seru di Malang dengan Paket Wisata Ke Malang

23. Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl adalah pantai yang terletak di wilayah Ungasan, Bali. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Namun, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis.

24. Pura Besakih

Pura Besakih adalah pura Hindu yang terletak di Kabupaten Karangasem. Pura ini adalah pura terbesar dan terpenting di Bali. Di sini, Anda bisa melihat keindahan arsitektur pura Hindu khas Bali dan menikmati pemandangan gunung dan sawah yang ada di sekitarnya. Anda bisa berkunjung ke Pura Besakih tanpa harus membayar biaya masuk.

25. Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi adalah pantai yang terletak di wilayah Jimbaran, Bali. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Namun, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis.

26. Danau Batur

Danau Batur adalah danau yang terletak di daerah Kintamani, Bali. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan danau yang indah serta pemandangan Gunung Batur yang tegap di sebelahnya. Anda bisa berkunjung ke Danau Batur tanpa harus membayar biaya masuk.

27. Pantai Nyang-Nyang

Pantai Nyang-Nyang adalah pantai yang terletak di wilayah Pecatu, Bali. Pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga masih terjaga keasriannya. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis.

28. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang adalah pura Hindu yang terletak di Karangasem, Bali. Pura ini terkenal dengan Gerbang Surga (Gate of Heaven) yang terletak di depannya dan menampilkan pemandangan Gunung Agung yang indah. Anda bisa berkunjung ke Pura Lempuyang tanpa harus membayar biaya masuk.

29. Pantai Melasti

Pantai Melasti adalah pantai yang terletak di wilayah Ungasan, Bali. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Namun, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah secara gratis.

30. Taman Ayun Mengwi

Taman Ayun Mengwi adalah sebuah taman yang terletak di Kabupaten Badung. Taman ini terkenal dengan keindahan taman dan bangunan kuno yang ada di dalamnya. Anda bisa berkunjung ke taman ini tanpa harus membayar biaya masuk.

Kesimpulan

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin berlibur ke Bali namun terbatas oleh anggaran yang terbatas.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *