Tempat Wisata di Temanggung Terbaru: Menikmati Keindahan Alam Jawa Tengah

Posted on

Temanggung merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Meski tergolong kecil, kota ini menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata di Temanggung terbaru yang bisa menjadi pilihan untuk liburan Anda.

1. Curug Lawe

Curug Lawe merupakan air terjun yang terletak di Desa Jetis, Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dibatasi oleh tebing-tebing curam yang hijau. Selain menikmati keindahan alam, di Curug Lawe Anda juga bisa melakukan aktivitas rafting yang menantang.

2. Bukit Sipilis

Bukit Sipilis adalah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Jambu, Kecamatan Tembarak, Temanggung. Dari puncak bukit, Anda bisa menikmati keindahan alam Temanggung yang sangat menawan. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas outbound dan camping ground untuk menambah pengalaman liburan Anda.

3. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung Pedut terletak di Desa Kertomulyo, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh tebing curam yang hijau. Di sekitar air terjun juga terdapat kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk berenang dan bermain air.

4. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah kompleks candi yang terletak di Dusun Candi, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang. Meski terletak di Semarang, tempat wisata ini dapat dijangkau dari Temanggung. Candi Gedong Songo terdiri dari sembilan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran. Dari puncak candi, Anda bisa menikmati pemandangan indah sekitar.

5. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Magelang dan Boyolali, Jawa Tengah. Meski terletak di luar Temanggung, gunung ini dapat dijangkau dari Temanggung dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam. Gunung Merbabu menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan jalur pendakian yang sangat menantang.

Wisata Lainnya:  Liburan Seru di Lembang, Nikmati Wisata dan Penginapan yang Menarik

6. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang merupakan pantai yang terletak di Desa Berahan, Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung. Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang sangat indah dengan pasir putih yang bersih. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas bermain air seperti banana boat dan jet ski.

7. Kebun Teh Medini

Kebun Teh Medini merupakan tempat wisata yang terletak di Desa Medini, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Di sini Anda bisa menikmati keindahan perkebunan teh yang hijau dengan pemandangan alam yang menawan. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas bermain air seperti kolam renang dan waterboom.

8. Wisata Alam Kampung Kopi Banaran

Wisata Alam Kampung Kopi Banaran terletak di Desa Banaran, Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam sambil menikmati kopi yang berkualitas. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa spot foto yang Instagramable.

9. Goa Silingkir

Goa Silingkir adalah wisata alam yang terletak di Desa Silingkir, Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung. Goa ini memiliki keunikan tersendiri karena di dalamnya terdapat air terjun kecil yang sangat indah. Selain itu, di sekitar goa juga terdapat kebun teh yang bisa Anda nikmati.

10. Air Terjun Cengkir Gading

Air Terjun Cengkir Gading terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh tebing curam yang hijau. Di sekitar air terjun juga terdapat kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk berenang dan bermain air.

11. Puncak Merbabu

Puncak Merbabu adalah puncak tertinggi di Jawa Tengah yang terletak di Kabupaten Magelang dan Boyolali. Meski terletak di luar Temanggung, puncak ini dapat dijangkau dari Temanggung dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam. Dari puncak Merbabu, Anda bisa menikmati pemandangan indah sekitar.

12. Air Terjun Kedung Lumbung

Air Terjun Kedung Lumbung adalah air terjun yang terletak di Desa Kertomulyo, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh tebing curam yang hijau. Di sekitar air terjun juga terdapat kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk berenang dan bermain air.

Wisata Lainnya:  Objek Wisata di Pulau Rote: Pesona Alam yang Menakjubkan

13. Hutan Pinus Sumbing

Hutan Pinus Sumbing adalah hutan pinus yang terletak di Desa Kopen, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di antara pepohonan pinus yang hijau. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas camping ground untuk menambah pengalaman liburan Anda.

14. Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Kopen, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Dari puncak bukit, Anda bisa menikmati pemandangan alam Temanggung yang sangat menawan. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas camping ground untuk menambah pengalaman liburan Anda.

15. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka adalah objek wisata alam yang terletak di Desa Candradimuka, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam dengan melihat langsung kawah yang masih aktif. Selain itu, di sekitar kawah juga terdapat beberapa spot foto yang Instagramable.

16. Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika adalah taman bunga yang terletak di Desa Banyuresmi, Kecamatan Temanggung. Di sini Anda bisa menikmati keindahan bunga-bunga yang beraneka ragam dengan latar belakang pegunungan yang hijau. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas bermain air seperti kolam renang dan waterboom.

17. Desa Wisata Kandri

Desa Wisata Kandri terletak di Desa Kandri, Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam sambil menikmati budaya dan adat Jawa Tengah. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas penginapan untuk menambah pengalaman liburan Anda.

18. Air Terjun Surodipo

Air Terjun Surodipo terletak di Desa Kertomulyo, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh tebing curam yang hijau. Di sekitar air terjun juga terdapat kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk berenang dan bermain air.

19. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang adalah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Jambu, Kecamatan Tembarak, Temanggung. Dari puncak bukit, Anda bisa menikmati pemandangan alam Temanggung yang sangat menawan sambil melakukan aktivitas paralayang. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas outbound dan camping ground untuk menambah pengalaman liburan Anda.

20. Goa Jepang

Goa Jepang adalah goa yang terletak di Desa Candradimuka, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Goa ini memiliki sejarah yang sangat penting karena di dalamnya pernah dijadikan sebagai markas tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Sekarang, goa ini dijadikan sebagai objek wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Lainnya:  Wisata Ngebel Terbaru: Menikmati Keindahan Alam Yang Menakjubkan

21. Gunung Prau

Gunung Prau merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Meski terletak di luar Temanggung, gunung ini dapat dijangkau dari Temanggung dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Gunung Prau menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan jalur pendakian yang sangat menantang.

Hutan Pinus Tlogo adalah hutan pinus yang terletak di Desa Tlogo, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di antara pepohonan pinus yang hijau. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas camping ground untuk menambah pengalaman liburan Anda.

23. Pantai Jatisono

Pantai Jatisono merupakan pantai yang terletak di Desa Jatisono, Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang sangat indah dengan pasir putih yang bersih. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas bermain air seperti banana boat dan jet ski.

24. Air Terjun Candi Rejo

Air Terjun Candi Rejo terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh tebing curam yang hijau. Di sekitar air terjun juga terdapat kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk berenang dan bermain air.

25. Bukit Cemara

Bukit Cemara adalah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Dari puncak bukit, Anda bisa menikmati pemandangan alam Temanggung yang sangat menawan. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas camping ground untuk menambah pengalaman liburan Anda.

26. Pantai Ngadirejo

Pantai Ngadirejo merupakan pantai yang terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang sangat indah dengan pasir putih yang bersih. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas bermain air seperti banana boat dan jet ski.

27. Air Terjun Jatikalen

Air Terjun Jatikalen terletak di Desa Jatikalen, Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dikelilingi oleh tebing curam yang hijau. Di sekitar air terjun juga terdapat kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk berenang dan bermain air.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *