Tempat Wisata di Kertek Wonosobo: Menikmati Keindahan Alam Khas Jawa Tengah

Posted on

Jawa Tengah memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan menawan. Salah satunya adalah Kertek Wonosobo yang terkenal dengan keindahan alamnya yang khas. Berikut beberapa tempat wisata di Kertek Wonosobo yang wajib dikunjungi.

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Kertek, Wonosobo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Grojogan Sewu, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari Kota Wonosobo. Namun, keindahan alam yang ditawarkan akan membuat perjalanan tersebut terasa sepadan.

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat wisata di Kertek Wonosobo yang terkenal dengan sunrise-nya yang indah. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 2.382 mdpl dan terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Garung.

Untuk mencapai puncak Bukit Sikunir, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Wonosobo. Namun, keindahan sunrise yang ditawarkan akan membuat segala lelah terbayar dengan sempurna. Selain itu, di sekitar Bukit Sikunir juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

3. Candi Cetho

Candi Cetho merupakan salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Wonosobo. Candi ini memiliki arsitektur yang khas dan terletak di ketinggian sekitar 1.496 mdpl.

Untuk mencapai Candi Cetho, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Wonosobo. Namun, keindahan arsitektur candi ini akan membuat perjalanan tersebut terasa sepadan. Di sekitar Candi Cetho juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

4. Danau Waduk Sempor

Danau Waduk Sempor merupakan waduk buatan yang terletak di Kecamatan Kertek, Wonosobo. Danau ini memiliki luas sekitar 9.500 hektar dan terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan.

Wisata Lainnya:  Wisata Gunung Pasang: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota Bekasi

Di Danau Waduk Sempor, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan berbagai aktivitas seperti memancing, bersepeda, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar danau. Selain itu, di sekitar Danau Waduk Sempor juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

5. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 3.371 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan antara Wonosobo dan Magelang.

Untuk mendaki Gunung Sumbing, pengunjung harus mempersiapkan diri dengan matang karena jalur pendakian yang cukup sulit. Namun, keindahan pemandangan dari puncak Gunung Sumbing akan membuat segala lelah terbayar dengan sempurna.

6. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman merupakan salah satu tempat wisata di Kertek Wonosobo yang terkenal dengan kerajinan batiknya. Di kampung ini, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan batik dan membeli berbagai souvenir batik sebagai oleh-oleh.

Selain itu, di Kampung Batik Kauman juga terdapat beberapa spot foto yang menarik seperti mural-mural yang menggambarkan keindahan alam Kertek Wonosobo.

7. Kebun Teh Wonosobo

Kebun Teh Wonosobo merupakan salah satu kebun teh terbaik di Indonesia. Kebun ini terletak di Desa Kalitejo, Kecamatan Kalibawang, Wonosobo.

Di Kebun Teh Wonosobo, pengunjung dapat melihat langsung proses panen dan pengolahan teh. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar kebun teh dengan berjalan-jalan atau sekadar duduk santai di resto yang tersedia.

8. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Kota Ambarawa, sekitar 30 km dari Kota Wonosobo. Museum ini merupakan museum kereta api tertua di Indonesia dan memiliki koleksi kereta api yang sangat lengkap.

Di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung dapat melihat langsung berbagai jenis kereta api dan alat-alat transportasi kuno. Selain itu, pengunjung juga dapat menaiki kereta api kuno sebagai pengalaman yang berbeda.

9. Pantai Widuri

Pantai Widuri merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Garung, Wonosobo.

Di Pantai Widuri, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar pantai. Selain itu, di sekitar Pantai Widuri juga terdapat beberapa warung makan dan tempat penginapan.

Wisata Lainnya:  Madinah Iman Wisata Bogor: Tempat Wisata Religius di Jantung Kota Bogor

10. Puncak Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung yang terletak di perbatasan antara Wonosobo dan Magelang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.145 mdpl dan terkenal dengan keindahan pemandangan dari puncaknya.

Untuk mendaki Gunung Merbabu, pengunjung harus mempersiapkan diri dengan matang karena jalur pendakiannya cukup sulit. Namun, keindahan pemandangan dari puncak Gunung Merbabu akan membuat segala lelah terbayar dengan sempurna.

11. Puncak Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung yang terletak di perbatasan antara Wonosobo dan Magelang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.930 mdpl dan terkenal dengan keindahan pemandangan dari puncaknya.

Untuk mendaki Gunung Merapi, pengunjung harus mempersiapkan diri dengan matang karena jalur pendakiannya cukup sulit. Namun, keindahan pemandangan dari puncak Gunung Merapi akan membuat segala lelah terbayar dengan sempurna.

12. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu tempat wisata di Kertek Wonosobo yang terkenal dengan sunrise-nya yang indah. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl dan terletak di Desa Suroloyo, Kecamatan Garung.

Untuk mencapai puncak Suroloyo, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Wonosobo. Namun, keindahan sunrise yang ditawarkan akan membuat segala lelah terbayar dengan sempurna. Selain itu, di sekitar puncak Suroloyo juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

13. Puncak Telomoyo

Puncak Telomoyo merupakan salah satu tempat wisata di Kertek Wonosobo yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang menawan. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 1.893 mdpl dan terletak di perbatasan antara Wonosobo dan Semarang.

Untuk mencapai puncak Telomoyo, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Wonosobo. Namun, keindahan pemandangan dari puncak Telomoyo akan membuat segala lelah terbayar dengan sempurna.

14. Puncak Tritis

Puncak Tritis merupakan salah satu tempat wisata di Kertek Wonosobo yang terkenal dengan sunrise-nya yang indah. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 1.860 mdpl dan terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Garung.

Untuk mencapai puncak Tritis, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Wonosobo. Namun, keindahan sunrise yang ditawarkan akan membuat segala lelah terbayar dengan sempurna. Selain itu, di sekitar puncak Tritis juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

15. Taman Nasional Merbabu

Taman Nasional Merbabu merupakan salah satu taman nasional yang terletak di perbatasan antara Wonosobo dan Magelang. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan.

Wisata Lainnya:  Wisata Rowo Jombor: Menikmati Indahnya Alam Jawa Timur

Di Taman Nasional Merbabu, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan berbagai aktivitas seperti trekking, camping, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar taman nasional. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

16. Taman Wisata Alam Mangunan

Taman Wisata Alam Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Kertek, Wonosobo. Taman wisata ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan dan memiliki banyak spot foto yang menarik.

Di Taman Wisata Alam Mangunan, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau sekadar duduk santai di gazebo yang tersedia. Selain itu, di taman wisata ini juga terdapat beberapa warung makan dan tempat penginapan.

17. Telaga Menjer

Telaga Menjer terletak di Desa Menjer, Kecamatan Kertek, Wonosobo. Telaga ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan dan memiliki banyak spot foto yang menarik.

Di Telaga Menjer, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan berbagai aktivitas seperti memancing, berenang, atau sekadar duduk santai di sekitar telaga. Selain itu, di sekitar telaga juga terdapat beberapa warung makan dan tempat penginapan.

18. Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong terletak di Desa Watugong, Kecamatan Kertek, Wonosobo. Vihara ini merupakan vihara Buddha terbesar di Jawa Tengah dan memiliki arsitektur yang khas.

Di Vihara Buddhagaya Watugong, pengunjung dapat melihat langsung berbagai patung Buddha dan mengunjungi tempat peribadatan. Selain itu, di vihara ini juga terdapat beberapa spot foto yang menarik.

19. Wisata Alam Sumbing

Wisata Alam Sumbing terletak di Desa Karanglo, Kecamatan Garung, Wonosobo. Tempat wisata ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan dan memiliki banyak spot foto yang menarik.

Di Wisata Alam Sumbing, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau sekadar duduk santai di gazebo yang tersedia. Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat beberapa warung makan dan tempat penginapan.

20. Wisata Air Panas Guci

Wisata Air Panas Guci terletak di Kecamatan Guci

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *