Tempat Wisata di Banyumas yang Paling Bagus

Posted on

Banyumas merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Banyumas yang paling bagus.

1. Curug Cipendok

Curug Cipendok merupakan salah satu wisata alam yang sangat terkenal di Banyumas. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Untuk mencapai curug ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang. Namun, pemandangan yang diberikan akan sangat memuaskan.

2. Bukit Cinta

Bukit Cinta merupakan tempat wisata yang cocok untuk pasangan yang ingin menikmati pemandangan romantis. Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan kota Banyumas yang sangat indah. Selain itu, di Bukit Cinta juga terdapat kebun bunga yang sangat cantik.

3. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu merupakan salah satu pantai terbaik di Banyumas. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat beberapa restoran yang menyajikan makanan laut yang lezat.

4. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.428 meter di atas permukaan laut. Meskipun pendakiannya cukup menantang, namun pemandangan yang diberikan dari puncak gunung akan sangat memuaskan.

5. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar merupakan goa yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Karanglewas, Banyumas. Goa ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan ketinggian sekitar 15 meter. Di dalam goa terdapat stalaktit dan stalakmit yang sangat indah.

6. Taman Wisata Alam Baturraden

Taman Wisata Alam Baturraden merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk keluarga. Di dalam taman ini terdapat berbagai macam wahana seperti flying fox, kolam renang, dan taman bunga. Selain itu, di taman ini juga terdapat beberapa villa yang bisa disewa untuk menginap.

Wisata Lainnya:  Memiliki Liburan Seru di Wisata Dekat Stasiun Cimahi

7. Candi Banyunibo

Candi Banyunibo merupakan candi yang terletak di Desa Banyunibo, Kecamatan Karanglewas, Banyumas. Candi ini didirikan pada abad ke-9 Masehi dan diperkirakan sebagai tempat peribadatan agama Hindu. Meskipun hanya tersisa sebagian kecil dari candi ini, namun keindahan arsitektur candi tersebut masih terlihat jelas.

8. Air Terjun Sipendok

Air Terjun Sipendok merupakan air terjun yang terletak di Desa Sipendok, Kecamatan Baturraden, Banyumas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan airnya yang jernih membuat pengunjung dapat berenang di bawah air terjun tersebut.

9. Desa Wisata Penggaron

Desa Wisata Penggaron merupakan tempat wisata yang cocok untuk belajar tentang kebudayaan Jawa Tengah. Di dalam desa ini, pengunjung dapat melihat proses pembuatan kerajinan tangan seperti batik dan anyaman bambu. Selain itu, di desa ini juga terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan makanan khas Jawa Tengah.

10. Danau Baturraden

Danau Baturraden merupakan danau buatan yang terletak di Taman Wisata Alam Baturraden. Di dalam danau ini terdapat banyak ikan yang dapat dilihat oleh pengunjung. Selain itu, di sekitar danau terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan lezat.

11. Gunung Gede

Gunung Gede merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, namun dapat diakses dari Banyumas. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.958 meter di atas permukaan laut. Pendakian ke Gunung Gede cukup menantang namun pemandangan yang diberikan sangat memuaskan.

12. Pantai Widuri

Pantai Widuri merupakan pantai yang terletak di Desa Widuri, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk menikmati matahari terbenam. Selain itu, di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan laut yang lezat.

13. Air Terjun Pitu

Air Terjun Pitu merupakan air terjun yang terletak di Desa Pitu, Kecamatan Somagede, Banyumas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang.

14. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung yang terletak di antara Kabupaten Magelang dan Boyolali, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.145 meter di atas permukaan laut. Pendakian ke Gunung Merbabu cukup menantang namun pemandangan yang diberikan sangat memuaskan.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Wonosoco Kudus: Wisata Alam dan Budaya yang Menarik

15. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia merupakan taman bunga yang terletak di Taman Wisata Alam Baturraden. Di dalam taman ini terdapat berbagai macam jenis bunga celosia yang sangat indah. Pengunjung dapat berfoto di tengah-tengah taman bunga tersebut.

16. Pantai Kurasakan

Pantai Kurasakan merupakan pantai yang terletak di Desa Kurasakan, Kecamatan Kebasen, Banyumas. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan laut yang lezat.

17. Gunung Prau

Gunung Prau merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, namun dapat diakses dari Banyumas. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut. Pendakian ke Gunung Prau cukup menantang namun pemandangan yang diberikan sangat memuaskan.

18. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong merupakan pantai yang terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap. Pantai ini memiliki bebatuan yang unik dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan laut yang lezat.

19. Air Terjun Lawe

Air Terjun Lawe merupakan air terjun yang terletak di Desa Lawe, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang.

20. Desa Wisata Sruni

Desa Wisata Sruni merupakan tempat wisata yang cocok untuk belajar tentang kebudayaan Jawa Tengah. Di dalam desa ini, pengunjung dapat melihat proses pembuatan kerajinan tangan seperti batik dan anyaman bambu. Selain itu, di desa ini juga terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan makanan khas Jawa Tengah.

21. Pantai Kebumen

Pantai Kebumen merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, namun dapat diakses dari Banyumas. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan laut yang lezat.

22. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan hutan pinus yang terletak di Desa Pengger, Kecamatan Purwojati, Banyumas. Di dalam hutan ini terdapat jalan setapak yang cocok untuk berjalan-jalan santai. Selain itu, di dalam hutan ini juga terdapat beberapa gazebo yang cocok untuk beristirahat.

Wisata Lainnya:  Keindahan Wisata Daerah Pantai yang Mempesona

23. Pantai Karanghawu

Pantai Karanghawu merupakan pantai yang terletak di Desa Karanghawu, Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap. Pantai ini memiliki bebatuan yang unik dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan laut yang lezat.

24. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang merupakan air terjun yang terletak di Desa Kedung Kayang, Kecamatan Kebasen, Banyumas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang.

25. Puncak Menoreh

Puncak Menoreh merupakan puncak yang terletak di antara Kabupaten Magelang dan Purworejo, Jawa Tengah, namun dapat diakses dari Banyumas. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 1.230 meter di atas permukaan laut. Pemandangan yang diberikan dari puncak ini sangat memuaskan.

26. Pantai Krapyak

Pantai Krapyak merupakan pantai yang terletak di Desa Krapyak, Kecamatan Pekuncen, Banyumas. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan laut yang lezat.

27. Air Terjun Cipendok

Air Terjun Cipendok merupakan air terjun yang terletak di Desa Cipendok, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang.

28. Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan gunung yang terletak di antara Kabupaten Magetan dan Karanganyar, Jawa Tengah, namun dapat diakses dari Banyumas. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut. Pendakian ke Gunung Lawu cukup menantang namun pemandangan yang diberikan sangat memuaskan.

29. Pantai Cilacap

Pantai Cilacap merupakan pantai yang terletak di Kota Cilacap, Jawa Tengah, namun dapat diakses dari Banyumas. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan laut yang lezat.

30. Air Terjun Kedung Pengilon

Air Terjun Kedung Pengilon merupakan air terjun yang terletak di Desa Kedung Pengilon, Kecam

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *