Tempat Wisata di Bangli Bali: Jelajahi Keindahan Alami dan Budaya Lokal

Posted on

Bangli, sebuah kabupaten di Bali yang terletak di daerah pegunungan, menawarkan keindahan alam yang masih alami dan budaya lokal yang kaya. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bangli Bali yang layak untuk dikunjungi:

1. Kintamani

Kintamani adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur yang memukau. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dari ketinggian dengan mengunjungi beberapa spot di desa ini, seperti Penelokan dan Bukit Cinta.

Wisatawan juga dapat mengunjungi desa adat Trunyan yang terletak di sebelah timur Danau Batur. Desa ini terkenal dengan tradisi pemakaman yang unik, di mana mayat-mayat diletakkan di atas tanah terbuka tanpa dikubur atau dikremasi.

2. Pura Kehen

Pura Kehen adalah salah satu pura terbesar dan tertua di Bangli. Pura ini dibangun pada abad ke-11 dan memiliki arsitektur yang indah dengan ornamen-ornamen yang rumit. Pura Kehen juga terkenal dengan tarian dan upacara keagamaan yang diadakan secara berkala.

3. Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana adalah air terjun yang tersembunyi di dalam hutan di desa Apuan, Bangli. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan kolam renang alami yang indah. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih alami di sekitar air terjun.

4. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran adalah sebuah desa adat di Bangli yang terkenal dengan arsitektur tradisional Bali yang masih terjaga. Desa ini juga terkenal dengan kebersihan dan keindahan alamnya. Wisatawan dapat mengunjungi rumah-rumah tradisional dan museum di desa ini untuk mempelajari budaya lokal dan sejarah Bali.

5. Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Bali yang terletak di Kabupaten Karangasem, tetapi sebagian wilayahnya termasuk ke dalam Kabupaten Bangli. Gunung ini dianggap suci oleh orang Bali dan sering dijadikan tempat untuk melakukan upacara keagamaan. Wisatawan dapat melakukan pendakian ke puncak Gunung Agung untuk menikmati pemandangan yang spektakuler.

Wisata Lainnya:  Menikmati Wisata di Duri dengan Penuh Pesona

6. Museum Geopark

Museum Geopark adalah museum yang didedikasikan untuk mempromosikan keindahan alam dan keanekaragaman geologi di Bangli. Museum ini menampilkan berbagai batuan dan fosil yang ditemukan di Bangli dan Bali secara umum. Wisatawan dapat mempelajari sejarah geologi Bali dan pentingnya melestarikan keanekaragaman alam di pulau ini.

7. Desa Tembuku

Desa Tembuku adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan kerajinan tangan tradisional Bali, seperti anyaman dan ukiran kayu. Wisatawan dapat mengunjungi rumah-rumah pengrajin dan mempelajari teknik dan proses pembuatan kerajinan tangan ini. Selain itu, desa ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, seperti sawah terasering dan bukit hijau yang memukau.

8. Desa Bungaya

Desa Bungaya adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan tarian tradisional Bali, seperti tari Barong dan tari Legong. Wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan tari di desa ini dan belajar tentang makna dan sejarah dari setiap gerakan tari. Desa ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, seperti hutan bambu dan sungai yang tenang.

9. Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur adalah sebuah pura yang terletak di sebelah barat Danau Batur. Pura ini dibangun untuk memuja dewi air danau, Dewi Danu. Pura ini memiliki arsitektur yang indah dengan ornamen-ornamen yang rumit. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar Danau Batur dan mengunjungi pura-pura lain di sekitar kawasan Kintamani.

10. Desa Kedisan

Desa Kedisan adalah sebuah desa nelayan di sebelah timur Danau Batur. Desa ini terkenal dengan tradisi memancing dan mengolah ikan secara tradisional. Wisatawan dapat mengunjungi pasar ikan tradisional di desa ini dan mencicipi berbagai hidangan ikan yang lezat. Selain itu, desa ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, seperti pantai berpasir hitam dan perkebunan buah-buahan.

11. Desa Abang

Desa Abang adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan tradisi melukat atau mandi suci. Desa ini memiliki sumber air yang dianggap suci dan digunakan untuk melakukan upacara keagamaan dan penyembuhan. Wisatawan dapat mengunjungi sumber air suci di desa ini dan mempelajari tentang tradisi melukat.

12. Pura Dalem Pingit

Pura Dalem Pingit adalah sebuah pura kecil yang terletak di desa Bonyoh, Bangli. Pura ini terkenal dengan arsitektur tradisional Bali yang masih terjaga dan ukiran kayu yang indah. Pura ini juga terkenal dengan tradisi penyembuhan yang dilakukan oleh penduduk setempat.

Wisata Lainnya:  Hotel Wisata II Uit: Penginapan Nyaman di Pusat Kota

13. Desa Selat

Desa Selat adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan kerajinan perak tradisional Bali. Wisatawan dapat mengunjungi galeri kerajinan perak di desa ini dan mempelajari tentang teknik dan proses pembuatan perhiasan perak. Selain itu, desa ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, seperti persawahan dan perbukitan hijau.

14. Desa Sidemen

Desa Sidemen adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan keindahan alam yang masih alami dan tenang. Desa ini terletak di lereng Gunung Agung dan memiliki pemandangan sawah terasering yang indah. Wisatawan dapat melakukan trekking di sekitar desa ini dan menikmati keindahan alam yang masih alami.

15. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun adalah sebuah pura yang terletak di Kabupaten Badung, tetapi sebagian wilayahnya termasuk ke dalam Kabupaten Bangli. Pura ini dibangun pada abad ke-17 dan memiliki arsitektur yang indah dengan taman-taman yang hijau. Pura Taman Ayun juga terkenal dengan upacara keagamaan yang diadakan secara berkala.

16. Desa Belok Sidan

Desa Belok Sidan adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan kerajinan tenun tradisional Bali. Wisatawan dapat mengunjungi rumah-rumah pengrajin dan mempelajari teknik dan proses pembuatan kain tenun. Desa ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, seperti hutan bambu dan persawahan yang hijau.

17. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung adalah air terjun yang tersembunyi di dalam gua di desa Tembuku, Bangli. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan cahaya matahari yang masuk melalui celah di atas gua menciptakan pemandangan yang spektakuler. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih alami di sekitar air terjun.

18. Desa Tegallalang

Desa Tegallalang adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan pemandangan sawah terasering yang indah. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam di sekitar desa ini dan mengunjungi galeri seni dan kerajinan tangan yang terdapat di sepanjang jalan.

19. Desa Taman Bali

Desa Taman Bali adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan kerajinan tangan tradisional Bali, seperti anyaman dan ukiran kayu. Wisatawan dapat mengunjungi rumah-rumah pengrajin dan mempelajari teknik dan proses pembuatan kerajinan tangan ini. Selain itu, desa ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, seperti hutan bambu dan sungai yang tenang.

20. Danau Buyan dan Danau Tamblingan

Danau Buyan dan Danau Tamblingan adalah dua danau yang terletak di kawasan pegunungan di Bangli. Kedua danau ini memiliki keindahan alam yang masih alami dan pemandangan yang spektakuler. Wisatawan dapat melakukan perjalanan mengelilingi danau dengan perahu dan menikmati keindahan alam sekitar.

Wisata Lainnya:  Wisata di Pulau Jawa: Destinasi Liburan yang Tak Boleh Dilewatkan

21. Desa Suter

Desa Suter adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan kerajinan tenun tradisional Bali. Wisatawan dapat mengunjungi rumah-rumah pengrajin dan mempelajari teknik dan proses pembuatan kain tenun. Selain itu, desa ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, seperti persawahan dan perbukitan hijau.

22. Pura Besakih

Pura Besakih adalah pura terbesar dan paling suci di Bali. Pura ini terletak di Kabupaten Karangasem, tetapi sebagian wilayahnya termasuk ke dalam Kabupaten Bangli. Pura Besakih dibangun pada abad ke-8 dan memiliki arsitektur yang indah dengan taman-taman yang hijau. Pura Besakih juga terkenal dengan upacara keagamaan yang diadakan secara besar-besaran.

23. Desa Pengotan

Desa Pengotan adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan kerajinan perak tradisional Bali. Wisatawan dapat mengunjungi galeri kerajinan perak di desa ini dan mempelajari tentang teknik dan proses pembuatan perhiasan perak. Selain itu, desa ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, seperti persawahan dan perbukitan hijau.

24. Museum Buleleng

Museum Buleleng adalah museum yang didedikasikan untuk mempromosikan sejarah dan budaya Bali Utara, termasuk Kabupaten Bangli. Museum ini menampilkan berbagai benda-benda sejarah dan seni, seperti patung-patung kayu dan kain-kain tradisional. Wisatawan dapat mempelajari tentang sejarah dan budaya Bali Utara di museum ini.

25. Desa Songan

Desa Songan adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan keindahan alam yang masih alami dan tenang. Desa ini terletak di sebelah utara Gunung Batur dan memiliki pemandangan Danau Batur yang indah. Wisatawan dapat melakukan trekking di sekitar desa ini dan menikmati keindahan alam yang masih alami.

26. Desa Taro

Desa Taro adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan kebun binatang Bali Safari and Marine Park. Wisatawan dapat melihat berbagai binatang langka dan melakukan safari di dalam kawasan kebun binatang. Selain itu, desa ini juga memiliki keindahan alam yang masih alami, seperti hutan bambu dan sungai yang tenang.

27. Desa Baturiti

Desa Baturiti adalah sebuah desa di Bangli yang terkenal dengan kebun raya

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *