Tempat Wisata Dekat Stasiun Purwokerto: Nikmati Liburan Anda dengan Destinasi yang Menarik

Posted on

Stasiun Purwokerto merupakan salah satu stasiun kereta api yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Stasiun ini menjadi gerbang utama menuju kota Purwokerto dan sekitarnya. Jika Anda sedang berada di stasiun ini dan mencari tempat wisata yang menarik, Anda beruntung karena di sekitar stasiun terdapat banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata dekat stasiun Purwokerto yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Baturaden

Baturaden merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak sekitar 15 km dari stasiun Purwokerto. Kawasan ini terkenal dengan suasana pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Di Baturaden, Anda bisa menikmati udara segar sambil berjalan-jalan melalui kebun teh, air terjun, dan kolam renang yang terdapat di sana. Selain itu, Baturaden juga menjadi tempat yang cocok untuk berwisata kuliner, karena terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Jawa Tengah.

2. Curug Cipendok

Curug Cipendok adalah salah satu air terjun yang terletak di kawasan wisata Baturaden. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan terletak di antara tebing-tebing yang curam. Untuk mencapai Curug Cipendok, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 km dari pintu masuk Baturaden. Meskipun perjalanan cukup melelahkan, pemandangan yang disajikan oleh Curug Cipendok sangat memuaskan.

3. Gua Lawa

Gua Lawa adalah sebuah gua yang terletak sekitar 6 km dari stasiun Purwokerto. Gua ini memiliki panjang sekitar 450 meter dan terdapat banyak stalaktit dan stalakmit yang indah di dalamnya. Selain itu, Gua Lawa juga menjadi tempat yang cocok untuk berpetualang, karena terdapat beberapa rintangan yang harus dilewati, seperti tangga dan jalan setapak yang sempit.

4. Bukit Sigedang

Bukit Sigedang terletak sekitar 4 km dari stasiun Purwokerto. Bukit ini menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal di Purwokerto karena pemandangannya yang indah. Di Bukit Sigedang, Anda bisa melihat keindahan Kota Purwokerto dari ketinggian, serta menikmati udara segar yang masih bersih. Selain itu, Bukit Sigedang juga menjadi tempat yang cocok untuk berfoto-foto karena lanskapnya yang menawan.

Wisata Lainnya:  Pantara Wisata Jaya - Menawarkan Wisata Alam yang Memukau

5. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi adalah sebuah danau yang terletak sekitar 7 km dari stasiun Purwokerto. Danau ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Di sini, Anda bisa menikmati suasana yang tenang dan damai sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Selain itu, Telaga Sunyi juga menjadi tempat yang cocok untuk memancing atau sekedar bersantai di tepi danau.

6. Candi Banyumas

Candi Banyumas adalah salah satu candi yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Candi ini terletak sekitar 3 km dari stasiun Purwokerto. Candi Banyumas memiliki arsitektur yang unik dan indah, serta menjadi saksi sejarah kejayaan kerajaan Mataram Kuno. Di Candi Banyumas, Anda bisa belajar tentang sejarah dan kebudayaan Jawa Tengah, serta menikmati keindahan arsitektur candi yang masih terjaga dengan baik.

7. Wisata Kuliner Purwokerto

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Purwokerto tanpa mencicipi kuliner khasnya. Purwokerto memiliki banyak makanan khas yang bisa Anda temukan di sekitar stasiun, seperti sate maranggi, nasi liwet, soto sokaraja, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Purwokerto saat berkunjung ke sana.

8. Pasar Wage

Pasar Wage adalah salah satu pasar tradisional yang terletak di pusat kota Purwokerto. Pasar ini terkenal dengan keramik, perak, dan kain batiknya yang berkualitas tinggi. Di sini, Anda bisa membeli oleh-oleh khas Purwokerto dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Pasar Wage juga menjadi tempat yang cocok untuk mencari cendera mata atau sekadar berjalan-jalan.

9. Desa Wisata Kepek

Desa Wisata Kepek adalah sebuah desa wisata yang terletak sekitar 8 km dari stasiun Purwokerto. Di sini, Anda bisa merasakan kehidupan pedesaan dan menikmati suasana yang tenang. Desa Wisata Kepek juga menjadi tempat yang cocok untuk belajar tentang budaya Jawa Tengah, karena terdapat banyak atraksi budaya yang ditampilkan di sini, seperti tari topeng dan gamelan.

10. Pantai Wlahar

Pantai Wlahar adalah sebuah pantai yang terletak sekitar 80 km dari stasiun Purwokerto. Meskipun jaraknya cukup jauh, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Purwokerto karena keindahan pantainya yang memukau. Pantai Wlahar juga menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan bermain air.

Wisata Lainnya:  Wisata Danau Batur: Pesona Alam yang Menawan di Bali

11. Taman Wisata Alam Slawi

Taman Wisata Alam Slawi adalah sebuah taman wisata yang terletak sekitar 20 km dari stasiun Purwokerto. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah, seperti pepohonan yang rindang, air terjun, dan sungai yang mengalir. Selain itu, Taman Wisata Alam Slawi juga menjadi tempat yang cocok untuk bersepeda, berjalan-jalan atau sekadar bersantai.

12. Kampung Seni Kalisuci

Kampung Seni Kalisuci adalah sebuah kawasan seni yang terletak sekitar 10 km dari stasiun Purwokerto. Di sini, Anda bisa melihat berbagai macam kerajinan tangan, seperti anyaman bambu, tenun, dan patung dari kayu. Selain itu, Kampung Seni Kalisuci juga menjadi tempat yang cocok untuk belajar membuat kerajinan tangan.

13. Kampung Adat Winong

Kampung Adat Winong adalah sebuah kampung adat yang terletak sekitar 15 km dari stasiun Purwokerto. Di sini, Anda bisa melihat rumah-rumah tradisional yang masih terawat dengan baik, serta menikmati keindahan alam yang masih asri. Kampung Adat Winong juga menjadi tempat yang cocok untuk belajar tentang budaya dan tradisi Jawa Tengah.

14. Goa Tanding

Goa Tanding adalah sebuah gua yang terletak sekitar 10 km dari stasiun Purwokerto. Di sini, Anda bisa melihat stalaktit dan stalakmit yang indah, serta menikmati suasana yang sejuk dan damai. Goa Tanding juga menjadi tempat yang cocok untuk berpetualang, karena terdapat beberapa rintangan yang harus dilewati, seperti tangga dan jalan setapak yang sempit.

15. Air Terjun Sempor

Air Terjun Sempor adalah sebuah air terjun yang terletak sekitar 20 km dari stasiun Purwokerto. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terletak di tengah hutan yang rindang. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri sambil berenang atau sekadar bersantai di tepi air terjun.

16. Wisata Religi Banyumas

Banyumas juga memiliki banyak tempat wisata religi yang bisa dikunjungi, seperti Masjid Agung Baiturrahman, Gereja Santo Yusuf, dan Klenteng Sam Poo Kong. Di sini, Anda bisa belajar tentang agama dan kepercayaan yang berbeda-beda, serta menikmati keindahan arsitektur bangunan-bangunan religi yang masih terjaga dengan baik.

17. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah sebuah gunung yang terletak sekitar 30 km dari stasiun Purwokerto. Meskipun jaraknya cukup jauh, Gunung Slamet menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Purwokerto karena keindahan pemandangan alamnya yang memukau. Di sini, Anda bisa mendaki gunung, menikmati pemandangan alam yang indah, serta merasakan udara yang sejuk dan segar.

Wisata Lainnya:  Temukan Keindahan Wisata Kudus Vaganza

18. Desa Wisata Karangjambu

Desa Wisata Karangjambu adalah sebuah desa wisata yang terletak sekitar 10 km dari stasiun Purwokerto. Di sini, Anda bisa merasakan kehidupan pedesaan yang masih asri, serta menikmati keindahan alam yang masih terjaga dengan baik. Desa Wisata Karangjambu juga menjadi tempat yang cocok untuk belajar tentang budaya dan tradisi Jawa Tengah.

19. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari adalah sebuah taman buah yang terletak sekitar 20 km dari stasiun Purwokerto. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai macam buah-buahan segar, seperti apel, jeruk, dan mangga. Selain itu, Taman Buah Mekarsari juga menjadi tempat yang cocok untuk berwisata kuliner, karena terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas daerah.

20. Candi Gawang

Candi Gawang adalah salah satu candi yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Candi ini terletak sekitar 20 km dari stasiun Purwokerto. Candi Gawang memiliki arsitektur yang unik dan indah, serta menjadi saksi sejarah kejayaan kerajaan Mataram Kuno. Di Candi Gawang, Anda bisa belajar tentang sejarah dan kebudayaan Jawa Tengah, serta menikmati keindahan arsitektur candi yang masih terjaga dengan baik.

21. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger adalah sebuah hutan pinus yang terletak sekitar 5 km dari stasiun Purwokerto. Di sini, Anda bisa menikmati udara segar sambil berjalan-jalan di antara pepohonan pinus yang rindang. Selain itu, Hutan Pinus Pengger juga menjadi tempat yang cocok untuk berfoto-foto karena lanskapnya yang menawan.

22. Pantai Widuri

Pantai Widuri adalah sebuah pantai yang terletak sekitar 60 km dari stasiun Purwokerto. Meskipun jaraknya cukup jauh, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Purwokerto karena keindahan pantainya yang memukau. Pantai Widuri juga menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan bermain air.

23. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah sebuah taman wisata yang terletak sekitar 10 km dari stasiun Purwokerto. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai macam wahana permainan, seperti roller coaster, kincir ria, dan bianglala. Selain itu, Taman Wisata Matahari juga menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati suasana yang ramai dan meriah.

Bagikan:
Post Lainnya: