Tempat Wisata Amuntai: Surga Tersembunyi di Kalimantan Selatan

Posted on

Amuntai adalah sebuah kota kecil yang terletak di Kalimantan Selatan. Meskipun terbilang kecil, kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata amuntai yang patut kamu kunjungi:

1. Danau Seran

Salah satu tempat wisata amuntai yang paling populer adalah Danau Seran. Terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota, danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan tenang. Kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau atau hanya sekadar duduk-duduk menikmati keindahan alam.

2. Air Terjun Banyu Hirang

Jika kamu suka dengan keindahan alam yang lebih menantang, maka Air Terjun Banyu Hirang bisa menjadi pilihan yang tepat. Terletak sekitar 2 jam dari pusat kota, air terjun ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan udara yang segar. Kamu juga bisa berenang di kolam air terjun yang jernih dan segar.

3. Pantai Serongga

Bagi kamu yang suka pantai, Pantai Serongga bisa menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota, pantai ini menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu juga bisa bermain air atau sekadar bersantai menikmati suasana pantai.

4. Bukit Batu

Bukit Batu adalah sebuah bukit yang terletak di sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau. Kamu bisa mendaki bukit ini untuk menikmati pemandangan yang lebih spektakuler atau sekadar duduk-duduk menikmati suasana.

5. Kampung Ulin

Untuk mengetahui lebih dalam tentang kehidupan masyarakat Amuntai, kamu bisa mengunjungi Kampung Ulin. Kampung ini terkenal dengan kerajinan tangan dari kayu ulin yang sangat indah dan unik. Kamu juga bisa melihat proses pembuatan kerajinan tersebut secara langsung.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Goa Pindul

6. Pasar Amuntai

Jika kamu suka berbelanja atau mencari oleh-oleh, Pasar Amuntai adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Pasar ini menawarkan berbagai macam produk lokal seperti kain tenun, kerajinan tangan, dan makanan khas Amuntai.

7. Taman Wisata Alam Bukit Raya

Taman Wisata Alam Bukit Raya adalah sebuah taman yang terletak di sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Taman ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hutan tropis dan air terjun yang indah. Kamu juga bisa berjalan-jalan di jembatan gantung yang menghubungkan pohon-pohon besar.

8. Pantai Telaga

Pantai Telaga adalah sebuah pantai yang terletak di sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu juga bisa bermain air atau sekadar bersantai menikmati suasana pantai.

9. Tugu Surya Kencana

Tugu Surya Kencana adalah sebuah tugu yang terletak di pusat kota Amuntai. Tugu ini dibangun untuk memperingati perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam melawan penjajah. Kamu bisa berkunjung ke tugu ini untuk mengenang sejarah dan berfoto di sekitar tugu.

10. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat adalah sebuah museum yang terletak di pusat kota. Museum ini menampilkan berbagai macam artefak dan benda-benda sejarah yang berkaitan dengan Kalimantan Selatan. Kamu bisa berkunjung ke museum ini untuk belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya Kalimantan Selatan.

11. Masjid Agung Amuntai

Masjid Agung Amuntai adalah sebuah masjid yang terletak di pusat kota. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Kalimantan Selatan dan memiliki arsitektur yang indah. Kamu bisa berkunjung ke masjid ini untuk beribadah atau sekadar melihat-lihat arsitektur yang unik.

12. Gua Harimau

Gua Harimau adalah sebuah gua yang terletak di sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Gua ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan stalaktit dan stalagmit yang indah. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar gua untuk menikmati pemandangan yang lebih spektakuler.

13. Kelenteng Hok Tek Bio

Kelenteng Hok Tek Bio adalah sebuah kelenteng yang terletak di pusat kota. Kelenteng ini merupakan salah satu kelenteng tertua di Amuntai dan memiliki arsitektur yang indah. Kamu bisa berkunjung ke kelenteng ini untuk beribadah atau sekadar melihat-lihat arsitektur yang unik.

14. Pulau Kembang

Pulau Kembang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Pulau ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu juga bisa bermain air atau sekadar bersantai menikmati suasana pulau.

Wisata Lainnya:  Destinasi Wisata di Brunei Darussalam

15. Desa Wisata Sungai Bakar

Desa Wisata Sungai Bakar adalah sebuah desa wisata yang terletak di sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Desa ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan sungai yang jernih dan perbukitan yang hijau. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan masyarakat di desa tersebut.

16. Masjid Raya Al-Hidayah

Masjid Raya Al-Hidayah adalah sebuah masjid yang terletak di sekitar 5 kilometer dari pusat kota. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Amuntai dan memiliki arsitektur yang indah. Kamu bisa berkunjung ke masjid ini untuk beribadah atau sekadar melihat-lihat arsitektur yang unik.

17. Pantai Pulau Duyung

Pantai Pulau Duyung adalah sebuah pantai yang terletak di sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu juga bisa bermain air atau sekadar bersantai menikmati suasana pantai.

18. Museum Kayu Ulin

Museum Kayu Ulin adalah sebuah museum yang terletak di pusat kota. Museum ini menampilkan berbagai macam kerajinan tangan dari kayu ulin yang sangat indah dan unik. Kamu bisa berkunjung ke museum ini untuk melihat-lihat kerajinan tangan tersebut dan membelinya sebagai oleh-oleh.

19. Bukit Kandang

Bukit Kandang adalah sebuah bukit yang terletak di sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau. Kamu bisa mendaki bukit ini untuk menikmati pemandangan yang lebih spektakuler atau sekadar duduk-duduk menikmati suasana.

20. Desa Wisata Sungai Rangas

Desa Wisata Sungai Rangas adalah sebuah desa wisata yang terletak di sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Desa ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan sungai yang jernih dan perbukitan yang hijau. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan masyarakat di desa tersebut.

21. Masjid Raya Al-Muhajirin

Masjid Raya Al-Muhajirin adalah sebuah masjid yang terletak di sekitar 5 kilometer dari pusat kota. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Amuntai dan memiliki arsitektur yang indah. Kamu bisa berkunjung ke masjid ini untuk beribadah atau sekadar melihat-lihat arsitektur yang unik.

22. Pantai Pulau Rivai

Pantai Pulau Rivai adalah sebuah pantai yang terletak di sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu juga bisa bermain air atau sekadar bersantai menikmati suasana pantai.

Wisata Lainnya:  Grand Wisata Ende: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya di Kota Ende

23. Taman Kota Amuntai

Taman Kota Amuntai adalah sebuah taman yang terletak di pusat kota. Taman ini menawarkan suasana yang sejuk dan asri dengan pohon-pohon yang rindang. Kamu juga bisa bermain di taman ini atau sekadar duduk-duduk menikmati suasana.

24. Museum Batu Bara

Museum Batu Bara adalah sebuah museum yang terletak di pusat kota. Museum ini menampilkan berbagai macam artefak dan benda-benda sejarah yang berkaitan dengan industri batu bara di Kalimantan Selatan. Kamu bisa berkunjung ke museum ini untuk belajar lebih banyak tentang sejarah dan industri batu bara.

25. Bukit Baka

Bukit Baka adalah sebuah bukit yang terletak di sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau. Kamu bisa mendaki bukit ini untuk menikmati pemandangan yang lebih spektakuler atau sekadar duduk-duduk menikmati suasana.

26. Desa Wisata Sungai Dua

Desa Wisata Sungai Dua adalah sebuah desa wisata yang terletak di sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Desa ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan sungai yang jernih dan perbukitan yang hijau. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan masyarakat di desa tersebut.

27. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah adalah sebuah masjid yang terletak di pusat kota. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Amuntai dan memiliki arsitektur yang indah. Kamu bisa berkunjung ke masjid ini untuk beribadah atau sekadar melihat-lihat arsitektur yang unik.

28. Pantai Pulau Buntu

Pantai Pulau Buntu adalah sebuah pantai yang terletak di sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu juga bisa bermain air atau sekadar bersantai menikmati suasana pantai.

29. Taman Wisata Alam Danau Berangas

Taman Wisata Alam Danau Berangas adalah sebuah taman yang terletak di sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Taman ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan danau yang indah dan hutan tropis yang rindang. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar danau atau sekadar duduk-duduk menikmati suasana.

30. Pasar Terapung

Pasar Terapung adalah sebuah pasar yang terletak di sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Pasar ini menawarkan pengalaman belanja yang berbeda dengan menggunakan perahu untuk berbelanja

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *