12 Rekomendasi Tempat Rekreasi di Cilacap

12 Rekomendasi Tempat Rekreasi di Cilacap Paling Eksotik Cocok Untuk Didatangi 2022

Posted on

Cilacap sebuah kabupaten di Jawa tengah, bersebelahan dengan Brebes dan Banyumas. Lokasinya yang bersebelahan langsung dengan Jawa Barat jadikan pertemuan di antara dua budaya. Dalam sisi pariwisata, Cilacap memiliki beberapa tempat wisata alam dan religius yang memikat dan harus didatangi, umumnya sebagai pantai, air terjun, dan semacamnya.

12 Rekomendasi Tempat Rekreasi di Cilacap

Kita dapat ke sana dengan memakai paket agen perjalanan atau secara berdikari. Untuk yang ingin ketahui selanjutnya, berikut daftar tempat rekreasi di Cilacap 2022 komplet dengan gambar dan keterangan lainnya.

  1. Benteng Pendem

Alamat: Jl. Benteng, Cilacap Selatan 53211

Tarif: Rp.5.000 per Orang

Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Benteng Pendem Cilacap sebagai warisan dari Belanda yang berada di kawasan pantai Teluk Penyu. Saat sebelum jadi objek rekreasi, benteng ini sempat tertutup tanah dan tidak terawat. Ada banyak ruang dalam benteng dan masih kuat berdiri.

Pada umumnya ruang yang dijumpai terbagi dalam barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, gudang senjata, gudang mesiu, ruangan penjara, dapur, ruangan perwira, dan ruangan peluru.

  1. Pantai Widarapayung

Lokasi: Widarapayung Wetan, Sidayu, Binangun 53281

Ticket Masuk: Rp.3.000 – Rp.5.000 per Orang

Pantai Widarapayung mempunyai pantainya benar-benar indah karena ada pohon-pohonan kelapa. Ada beberapa tanaman hijau disekitaran bibir pantai. Untuk masuk ke tempat pantai, ada tiga pintu, yang khusus ada di desa Widarapayung Wetan.

Di bulan Sura, di sini umumnya diselenggarakan upacara tradisi sedekah bumi. Sarana yang dapat kita dapatkan di pantai ini yaitu tour dengan memakai perahu ke Pulau Nusakambangan yang cukup dekat.

Ada pula andong yang dapat dicarter untuk menelusuri pantai. Di bagian timur, pelancong akan menemukan kolam renang. Bila ingin bermain di situ karena itu perlu beli ticket Rp.5.000 per-orang, atau Rp.3.000 untuk anak-anak.

  1. Curug Mandala

Alamat: Mendala, Jeruklegi 53274

Curug Mandala sebuah air terjun yang berada di tengah-tengah bukit-bukit. Pengelolaan yang masih kurang membuat akses ke arah ke arah tempat ini cukup susah.

Berlainan sama air terjun alami yang lain, curug ini rupanya tercipta karena bom dari tentara Balanda yang berkenaan sumber mata air.

Walau kurang diatur secara baik, tetapi ada-ada saja wisatawan asing yang berminat untuk bertandang ke Curug Mandala. Tidaklah aneh karena curug ini cukup unik dan memberi situasi romantis bukit-bukit yang sejuk.

  1. Pulau Nusakambangan

Lokasi: Cilacap, Jawa tengah

Pulau Nusakambangan sejauh ini dikenali sebagai tempat beberapa Lapas berkeamanan tinggi. Pulau yang berdekatan dengan Cilacap ini dipunyai oleh Kementrian Hukum dan HAM. Penghuni pulau ini hanya beberapa narapidana dan karyawan lapas dan keluarganya.

Sudah pasti sebagai sebuah pulau, Nusakambangan mempunyai beberapa pantai pasir putih yang sebetulnya dapat dijadikan tempat rekreasi potensial seperti Pantai Permisan dan Pantai Karang Pandan. Ada pula benteng warisan Belanda dan beberapa goa di bukit-bukit kapur.

  1. Wisata Gunung Selok

Alamat: Karangbenda, Adipala 53271

Biaya: Rp.4.000 per Orang

Gunung Selok diperkembangkan jadi teritori rekreasi alam oleh KPH Banyumas Timur. Lokasinya sendiri ada di dusun Karangbenda, Kecamatan Adipala, Cilacap. Ada selfie Deck dengan view laut selatan dan persawahan.

Untuk yang ingin santai banyak tersedia hammock yang dipasang di pepohonan. Wisatawan yang hoby photografi atau sukai swafoto menjadi tempat ini lokasi yang pas untuk menyalurkannya.

  1. Pantai Cemara Sewu

Lokasi: Jetis, Nusawungi 53283

Telephone: 0813-2702-1888

Pantai Cemara Sewu sama dengan namanya, banyak memiliki pohon cemara yang ada di tepi pantai. Pohon Cemara Udang yang ada di situ menambahkan keelokan pantai.

Dari pantai ini, kita dapat menyaksikan bukit-bukit di Tanjung Karangbolong. Beberapa wisatawan dapat manfaatkan warung makan yang berada di sekitaran pantai. Ada sarana kolam renang pada bagian timur pantai.

  1. Teluk Penyu

Lokasi: Cilacap Selatan

Ticket Masuk: Rp.5.000 per Orang

Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Pantai Teluk Penyu didatangi wisatawan dimulai dari dermaga perikanan Samudera sampai bibir pantai Area 70. Ada tempat peningkatan penyu di sini meskipun tidak sekitar dahulu. Dulu banyak penyu yang berkembangbiak dan bertelur di pantai.

Sarana pendukung untuk wisatawan cukup komplet, dimulai dari kamar mandi, toilet, tempat beribadah, gazebo, lapangan voli, water sport, mercusuar, dan sebagainya. Dari bibir pantai pelancong dapat saksikan secara langsung Pulau Nusakambangan.

Selainnya nikmati keindahan pantai, ada beragam kerajinan kerang dan souvenir yang dapat diperoleh. Ada beberapa warung yang jual ikan asin kering dan ikan segar yang bisa langsung diolah sama sesuai keingginan wisatawan.

  1. Curug Cimandaway

Alamat: Serang, Datar, Dayeuhluhur 3266

Curug Cimandaway ada di tempat perkebunan karet punya Perhutai Banyumas Barat. Air terjunnya mempunyai lima tingkatan, dengan ketinggian 100 meter membuat jadi yang tertinggi di Kabupaten Cilacap.

Sumber air datang dari Sungai Singaraja dan pada akhirnya ke arah Sungai Cikawalon. Sebagai tempat rekreasi ada beberapa sarana seperti tempat parkir, warung makan, kamar mandi, tempat beristirahat, dan lain-alain.

  1. Pantai Sodong

Lokasi: Karangbenda, Adipala 53271

Biaya: Rp.4.000 per Orang

Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Pantai Sodong mempunyai pemandangan yang cukup indah dan banyak oleh pohon cemara udang yang ditanamkan rapi disekitaran spot ini.

Ada sarana ayunan dan kursi, tetapi bila kita memakainya perlu bayar Rp.5.000 karena wargalah yang menyiapkannya. Sarana yang lain berbentuk tempat parkir, toilet umum, dan beberapa warung makanan.

  1. Pantai Ketapang indah

Alamat: Jl. Pagubugan – Pantai Ketapang, Sidaurip, Binangun 53281

Pantai Ketapang Memanjakan mata mempunyai luas sekitaran 10 hektar. Akses ke arah ke arah tempat rekreasi ini benar-benar gampang dengan memakai roda uda atau roda empat ke Cilacap-Gombong.

Panorama pantai dan pohon kelapa akan menyambut beberapa wisatawan. Gelombang ombak bisa digunakan untuk olahraga selancar air. Kios-kios kenang-kenangan teratur secara baik disekitaran kawasan itu.

  1. Waduk Koebangkangkung

Lokasi: Kubangkangkung, Kawunganten 53253

Ticket Masuk: Rp.2.000 per Orang

Jam Operasional: 07.00 – 17.00

Rekreasi Waduk Koebangkankung ada di perkebunan karet Kawungaten. Pelancong akan disuguhkan panorama pohon-pohonan dan waduk yang menyejukkan. Disekelilingnya ada beberapa warung yang jual minuman fresh seperti kelapa muda.

Ada banyak sarana yang ada seperti kapal rekreasi, bebek kayuh, mandi bola, kereta rekreasi, therapy ikan, dan sebagainya.

Bila ingin bermain di sarana itu perlu bayar kembali. Beberapa wisatawan bisa santai nikmati pemandangan dengan duduk di gazebo yang ada.

  1. Pemandian Air Panas Cipari

Alamat: Cipari 53262

Biaya: Rp.5.000 per Orang

Jam Operasional: 08.00 – 16.00

Pemandian air panas Cipari memiliki jarak sekitaran 2 jam perjalanan dari kota Cilacap. Dulu tempat pemandian ini sebetulnya sebagai project tidak berhasil dari pemerintahan Belanda yangg mencari sumur minyak.

Tetapi rupanya yang ada ialah air panas. Air panas itu selanjutnya diatur sebagai tempat rekreasi. Beberapa wisatawatan dapat merendam di air yang mengandung belerang yang dikenali bagus untuk penyembuhan beberapa penyakit kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.