Menjelajahi Tempat Wisata Aceh Besar

Posted on

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan Aceh Besar merupakan salah satu destinasi yang patut dikunjungi. Terletak di Provinsi Aceh, Aceh Besar memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta sejarah yang kaya. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Aceh Besar:

1. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus, air laut yang jernih, dan ombak yang cukup besar, membuatnya menjadi tempat yang ideal bagi para peselancar. Selain itu, Pantai Lampuuk juga memiliki beberapa penginapan yang nyaman dan fasilitas yang lengkap, seperti area parkir, kamar mandi, dan tempat bermain anak-anak.

2. Gunung Seulawah

Gunung Seulawah terletak di Kabupaten Aceh Besar dan merupakan salah satu gunung yang paling populer di Aceh. Pendakian ke puncak gunung ini memakan waktu sekitar 6 jam, namun pemandangan yang dilihat dari puncaknya sangatlah indah. Selain itu, Gunung Seulawah juga merupakan tempat yang tepat bagi para pecinta alam dan fotografer untuk menikmati keindahan alam Aceh.

3. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang terkenal di Aceh. Masjid ini dibangun pada awal abad ke-17 dan memiliki arsitektur yang indah. Selain itu, Masjid Raya Baiturrahman juga memiliki nilai historis yang sangat penting karena pernah menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Aceh melawan penjajah Belanda.

4. Taman Wisata Lhoknga

Taman Wisata Lhoknga terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Taman ini memiliki berbagai macam fasilitas, seperti kolam renang, lapangan golf, area bermain anak-anak, dan kafe. Selain itu, Taman Wisata Lhoknga juga terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Wisata Lainnya:  Wisata Kali Bening: Keindahan Alam yang Memukau di Jawa Barat

5. Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom terletak di Desa Suhom, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan airnya sangat jernih, membuatnya menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Aceh. Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas rafting dan camping di sekitar air terjun.

6. Pusat Oleh-Oleh Aceh Besar

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Aceh Besar tanpa membawa oleh-oleh. Pusat oleh-oleh Aceh Besar terletak di kawasan Lambaro, Banda Aceh. Di sini, pengunjung dapat membeli berbagai macam oleh-oleh khas Aceh, seperti kopi Gayo, dodol, keripik singkong, dan lain sebagainya.

7. Pantai Ujong Batee

Pantai Ujong Batee terletak di Kabupaten Aceh Besar. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air laut yang jernih, cocok untuk berenang atau sekedar bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam di sekitar pantai.

8. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh berlokasi di pusat kota Banda Aceh dan merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang penting. Museum ini dibangun sebagai bentuk penghormatan dan pengingat atas peristiwa tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004. Di dalam museum, pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi yang berkaitan dengan tsunami, seperti foto-foto, video, dan benda-benda peninggalan.

9. Pusat Kerajinan Tenun Ikat Aceh

Kerajinan tenun ikat Aceh merupakan salah satu produk khas Aceh yang terkenal. Pusat kerajinan tenun ikat Aceh terletak di kawasan Lambaro, Banda Aceh. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan kain tenun ikat dan membeli berbagai macam produk tenun ikat Aceh yang berkualitas.

10. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue terletak di pusat kota Banda Aceh. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air laut yang jernih, cocok untuk berenang atau sekedar bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat pemandangan pelabuhan dan kapal-kapal yang bersandar di sekitar pantai.

11. Rumah Aceh

Rumah Aceh merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di pusat kota Banda Aceh. Rumah ini merupakan contoh arsitektur rumah tradisional Aceh yang masih terjaga hingga saat ini. Di dalam rumah, pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi yang berkaitan dengan kebudayaan Aceh.

12. Kebun Raya Aceh Besar

Kebun Raya Aceh Besar terletak di Desa Keudah, Aceh Besar. Kebun ini memiliki berbagai macam jenis tanaman yang berasal dari Aceh dan daerah lain di Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar kebun raya.

Wisata Lainnya:  Jadwal Kereta Api Pasundan: Jadwal, Tarif, Rute, dan Informasi Lainnya

13. Pantai Geurutee

Pantai Geurutee terletak di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air laut yang jernih, cocok untuk berenang atau sekedar bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar pantai yang masih asri.

14. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam terletak di Desa Pulo Sarok, Aceh Besar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya sangat jernih, membuatnya menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Aceh. Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas camping di sekitar air terjun.

15. Makam Syiah Kuala

Makam Syiah Kuala merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang terkenal di Aceh. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Syekh Nuruddin Ar-Raniri, seorang ulama dan intelektual Aceh yang terkenal. Di sekitar makam, terdapat bangunan-bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Aceh melawan penjajah Belanda.

16. Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung terletak di Desa Ujong Kareung, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air laut yang jernih, cocok untuk berenang atau sekedar bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar pantai yang masih asri.

17. Museum Aceh

Museum Aceh berlokasi di pusat kota Banda Aceh dan merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang penting. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan Aceh, seperti benda-benda peninggalan, senjata tradisional, dan kerajinan tangan.

18. Pantai Cot Iboh

Pantai Cot Iboh terletak di Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air laut yang jernih, cocok untuk berenang atau sekedar bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar pantai yang masih asri.

19. Pusat Kerajinan Batik Aceh

Batik Aceh merupakan salah satu produk khas Aceh yang terkenal. Pusat kerajinan batik Aceh terletak di pusat kota Banda Aceh. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan batik Aceh dan membeli berbagai macam produk batik Aceh yang berkualitas.

20. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus, air laut yang jernih, dan ombak yang cukup besar, membuatnya menjadi tempat yang ideal bagi para peselancar. Selain itu, Pantai Lhoknga juga memiliki beberapa penginapan yang nyaman dan fasilitas yang lengkap, seperti area parkir, kamar mandi, dan tempat bermain anak-anak.

Wisata Lainnya:  GS Supermarket Legenda Wisata: Membeli Kebutuhan dengan Praktis

21. Taman Sari

Taman Sari merupakan salah satu taman kota yang terletak di pusat kota Banda Aceh. Taman ini memiliki berbagai macam fasilitas, seperti area bermain anak-anak, lapangan basket, dan kafe. Selain itu, Taman Sari juga terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

22. Pantai Lampulo

Pantai Lampulo terletak di pusat kota Banda Aceh. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air laut yang jernih, cocok untuk berenang atau sekedar bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar pantai yang masih asri.

23. Benteng Indra Patra

Benteng Indra Patra merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di pusat kota Banda Aceh. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Iskandar Muda untuk menghadapi serangan dari penjajah Belanda. Di dalam benteng, pengunjung dapat melihat beberapa benda-benda peninggalan yang berkaitan dengan sejarah Aceh.

24. Pantai Blang Paseh

Pantai Blang Paseh terletak di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air laut yang jernih, cocok untuk berenang atau sekedar bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar pantai yang masih asri.

25. Museum Tsunami PLTD Apung

Museum Tsunami PLTD Apung berlokasi di pusat kota Banda Aceh dan merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang penting. Museum ini merupakan sebuah kapal listrik diesel yang terdampar di atas pemukiman penduduk akibat tsunami pada 26 Desember 2004. Di dalam museum, pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi yang berkaitan dengan tsunami dan bencana alam.

26. Pantai Ujung Pancu

Pantai Ujung Pancu terletak di Desa Ujung Pancu, Aceh Besar. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air laut yang jernih, cocok untuk berenang atau sekedar bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar pantai yang masih asri.

27. Taman Kota Jantho

Taman Kota Jantho terletak di Kecamatan Jantho, Aceh Besar. Taman ini memiliki berbagai macam fasilitas, seperti area bermain anak

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *