Menjelajahi Keindahan Tempat Wisata di Sangatta

Posted on

Sangatta adalah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sebagai kota yang terkenal dengan tambang batu bara, Sangatta menyimpan keindahan alam yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Sangatta yang patut dikunjungi:

1. Pantai Sangatta

Pantai Sangatta merupakan pantai yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai di Sangatta. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, dan menikmati panorama pantai yang menakjubkan.

2. Air Terjun Sangkulirang

Air Terjun Sangkulirang adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Sangatta. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan memiliki kolam air yang jernih. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati hutan dan menyeberangi sungai. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan.

3. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai adalah destinasi wisata alam yang populer di Kalimantan Timur. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 198.629 hektar dan terdiri dari hutan hujan tropis yang lebat. Di dalam taman nasional ini, terdapat berbagai macam satwa liar seperti orangutan, macan tutul, dan beruang madu. Taman Nasional Kutai merupakan tempat yang tepat bagi para pecinta alam untuk menikmati keindahan alam yang masih asli.

4. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah adalah pulau kecil yang terletak di tengah-tengah Laut Sulawesi. Pulau ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di pulau ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan menyaksikan keindahan bawah laut. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung harus menggunakan perahu dari Pelabuhan Sangatta.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Bukit Nirwana Malang: Daya Tarik, Hingga Fasilitas yang Tersedia

5. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman adalah museum yang terletak di Kota Tenggarong, Kalimantan Timur. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi sejarah dan kebudayaan Kalimantan Timur. Di dalam museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam benda-benda bersejarah seperti alat-alat musik tradisional, senjata tradisional, dan baju adat Kalimantan Timur.

6. Danau Semayang

Danau Semayang adalah danau yang terletak di Kecamatan Bengalon, Sangatta. Danau ini memiliki luas sekitar 10.000 hektar dan merupakan salah satu danau terbesar di Kalimantan Timur. Di danau ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam danau yang masih asli. Selain itu, di danau ini terdapat berbagai macam satwa seperti ikan, buaya, dan burung-burung liar.

7. Makam Pangeran Diponegoro

Makam Pangeran Diponegoro adalah makam yang terletak di Kota Tenggarong, Kalimantan Timur. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Pangeran Diponegoro, seorang pahlawan nasional Indonesia. Di dalam makam ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam benda-benda bersejarah yang terkait dengan Pangeran Diponegoro seperti lukisan dan patung.

8. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai adalah hutan lindung yang terletak di Sangatta. Hutan ini memiliki luas sekitar 1.500 hektar dan terdiri dari berbagai macam jenis pohon seperti meranti, keruing, dan ulin. Di dalam hutan ini terdapat jembatan gantung yang panjangnya sekitar 64 meter. Jembatan ini merupakan tempat yang tepat bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan hutan yang indah.

9. Wisata Kuliner

Selain tempat wisata alam, Sangatta juga memiliki berbagai macam kuliner yang lezat. Beberapa kuliner yang patut dicoba adalah Sate Kambing, Ikan Bakar, dan Nasi Goreng Kampung. Kuliner-kuliner ini dapat ditemukan di berbagai warung makanan di Sangatta.

10. Pasar Tradisional Sangatta

Pasar Tradisional Sangatta adalah pasar yang terletak di pusat kota Sangatta. Pasar ini menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, dan bahan makanan lainnya. Di pasar ini, pengunjung juga dapat membeli berbagai macam souvenir yang khas dari Sangatta.

11. Pantai Taman Wisata Paser

Pantai Taman Wisata Paser adalah pantai yang terletak di Desa Paser Belengkong, Sangatta. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, dan menikmati panorama pantai yang menakjubkan.

12. Desa Wisata Teluk Sumbang

Desa Wisata Teluk Sumbang adalah desa yang terletak di Sangatta. Desa ini memiliki keindahan alam yang masih asli dan masih terjaga sampai hari ini. Di desa ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menikmati keindahan pantai, berkunjung ke hutan mangrove, dan menyaksikan kehidupan masyarakat setempat.

Wisata Lainnya:  Wisata Rokan Hilir: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya di Sumatera Utara

13. Puncak Gunung Tangkiling

Puncak Gunung Tangkiling adalah destinasi wisata alam yang terletak di Sangatta. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan indah Sangatta. Untuk mencapai puncak ini, pengunjung harus melewati medan yang cukup sulit dan memerlukan stamina yang kuat.

14. Pemandian Alam Air Panas Kebun Raya

Pemandian Alam Air Panas Kebun Raya adalah destinasi wisata alam yang terletak di Sangatta. Pemandian ini memiliki air panas yang berasal dari mata air alami di tengah hutan. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berendam di air panas yang menyegarkan.

15. Tugu Pahlawan Sangatta

Tugu Pahlawan Sangatta adalah tugu yang terletak di pusat kota Sangatta. Tugu ini dibangun untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Di sekitar tugu ini, terdapat taman yang indah dan dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

16. Wisata Religi Masjid Agung Al Karomah

Masjid Agung Al Karomah adalah masjid yang terletak di pusat kota Sangatta. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dengan kemegahan bangunan yang sangat terlihat. Masjid ini juga sering dijadikan tempat wisata religi oleh para wisatawan yang ingin merasakan keindahan arsitektur Islam di Indonesia.

17. Pulau Derawan

Pulau Derawan adalah pulau yang terletak di sebelah timur Kalimantan. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Di pulau ini terdapat berbagai macam spesies ikan dan hewan laut yang langka seperti dugong dan penyu. Selain itu, di pulau ini juga terdapat pantai yang indah dengan pasir putih yang lembut.

18. Desa Wisata Merasa

Desa Wisata Merasa adalah desa yang terletak di Sangatta. Desa ini memiliki keindahan alam yang masih asli dan masih terjaga sampai hari ini. Di desa ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menikmati keindahan pantai, berkunjung ke hutan mangrove, dan menyaksikan kehidupan masyarakat setempat.

19. Air Terjun Kedungpring

Air Terjun Kedungpring adalah destinasi wisata alam yang terletak di Sangatta. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki kolam air yang jernih. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati hutan dan menyeberangi sungai. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan.

20. Taman Rekreasi Kota Sangatta

Taman Rekreasi Kota Sangatta adalah taman yang terletak di pusat kota Sangatta. Taman ini memiliki berbagai macam fasilitas rekreasi seperti area bermain anak, lapangan olahraga, dan taman bunga. Taman ini sering dijadikan tempat rekreasi oleh warga lokal dan wisatawan.

Wisata Lainnya:  Paket Tour Wisata Ke Thailand: Mengunjungi Surga Tropis di Asia Tenggara

21. Museum Kayu Kaltim

Museum Kayu Kaltim adalah museum yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi kayu dari seluruh Kalimantan Timur. Di dalam museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam jenis kayu seperti kayu ulin, kayu meranti, dan kayu jati.

22. Pantai Seri Malindo

Pantai Seri Malindo adalah pantai yang terletak di Sangatta. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, dan menikmati panorama pantai yang menakjubkan.

23. Wisata Belanja di Pasar Modern Sangatta

Pasar Modern Sangatta adalah pasar modern yang terletak di pusat kota Sangatta. Pasar ini menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, dan bahan makanan lainnya. Di pasar ini, pengunjung juga dapat membeli berbagai macam souvenir yang khas dari Sangatta.

24. Taman Mini Indonesia Indah Sangatta

Taman Mini Indonesia Indah Sangatta adalah taman miniatur yang terletak di Sangatta. Taman ini menampilkan miniatur dari berbagai macam bangunan dan tempat wisata di Indonesia. Di dalam taman ini, pengunjung dapat belajar tentang kebudayaan dan sejarah Indonesia dengan cara yang menyenangkan.

25. Pemandian Air Panas Sangatta

Pemandian Air Panas Sangatta adalah tempat wisata alam yang terletak di Sangatta. Pemandian ini memiliki air panas yang berasal dari mata air alami di tengah hutan. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berendam di air panas yang menyegarkan.

26. Desa Wisata Hutan Lindung

Desa Wisata Hutan Lindung adalah desa yang terletak di Sangatta. Desa ini memiliki keindahan alam yang masih asli dan masih terjaga sampai hari ini. Di desa ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menikmati keindahan pantai, berkunjung ke hutan mangrove, dan menyaksikan kehidupan masyarakat setempat.

27. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih adalah pantai yang terletak di Sangatta. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, dan menikmati panorama pantai yang menakjubkan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *