Menikmati Wisata Religi di Mojokerto

Posted on

Mojokerto adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata religi. Di sini, wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat yang dipercaya memiliki nilai historis dan religius yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata religi di Mojokerto yang patut dikunjungi:

Candi Tikus

Candi Tikus adalah sebuah candi peninggalan masa Kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini dibangun pada abad ke-14 sebagai tempat pemujaan Dewi Sri, dewi kesuburan dalam agama Hindu. Saat ini, Candi Tikus menjadi salah satu objek wisata religi yang populer di Mojokerto.

Di Candi Tikus, pengunjung dapat melihat arsitektur candi yang unik dan indah. Candi ini memiliki bentuk seperti lubang kawah dengan diameter sekitar 13 meter dan kedalaman sekitar 5 meter. Di dalam candi, terdapat beberapa relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa Kerajaan Majapahit.

Asrama Sunan Giri

Asrama Sunan Giri adalah sebuah bangunan peninggalan Sunan Giri, salah satu tokoh agama Islam yang sangat dikenal di Jawa Timur. Asrama ini terletak di Desa Giri, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Asrama Sunan Giri dibangun pada abad ke-16 dan menjadi pusat pengajaran agama Islam di masa itu.

Wisata Lainnya:  Madinah Iman Wisata Bandung: Menikmati Keindahan Alam Sambil Memperkuat Iman

Sekarang, Asrama Sunan Giri menjadi tujuan wisata religi bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih dekat tentang sejarah Islam di Jawa Timur. Di dalam asrama, terdapat berbagai benda peninggalan Sunan Giri seperti Al-Quran, kitab-kitab agama, dan peralatan makan.

Gunung Gangsir

Gunung Gangsir adalah sebuah gunung yang terletak di Desa Nglames, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.717 meter di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, Gunung Gangsir juga memiliki nilai religi yang tinggi bagi masyarakat setempat.

Menurut kepercayaan masyarakat, Gunung Gangsir dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa dan roh nenek moyang. Oleh karena itu, banyak orang yang datang ke Gunung Gangsir untuk berdoa dan meminta berkah. Selain itu, Gunung Gangsir juga menjadi tempat untuk melakukan kegiatan spiritual seperti meditasi dan yoga.

Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel adalah sebuah makam peninggalan Sunan Ampel, salah satu tokoh agama Islam yang sangat dikenal di Jawa Timur. Makam ini terletak di Jalan Ampel, Kecamatan Ampel, Kota Surabaya, namun berada di wilayah Mojokerto. Makam Sunan Ampel menjadi salah satu tempat ziarah bagi umat Islam di Jawa Timur.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Di sekitar makam, terdapat beberapa bangunan peninggalan Sunan Ampel seperti Masjid Ampel dan Pondok Pesantren Ampel. Selain itu, di dekat makam juga terdapat pasar yang menjual berbagai oleh-oleh dan makanan khas Mojokerto.

Gunung Kawi

Gunung Kawi adalah sebuah tempat ziarah bagi umat Hindu yang terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tempat ini memiliki banyak candi dan relief yang menjadi bukti sejarah kehidupan masyarakat pada masa Kerajaan Majapahit.

Menurut kepercayaan masyarakat Hindu, Gunung Kawi dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa. Oleh karena itu, banyak orang yang datang ke Gunung Kawi untuk berdoa dan meminta berkah. Selain itu, Gunung Kawi juga memiliki pemandangan alam yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat berwisata.

Kesimpulan

Itulah beberapa tempat wisata religi yang bisa dikunjungi di Mojokerto. Di samping tempat-tempat di atas, masih banyak lagi tempat wisata religi yang menarik di Mojokerto seperti Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Masjid Agung Al-Falah. Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, kita dapat menambah pengetahuan tentang sejarah dan nilai religius yang ada di Mojokerto. Selamat berwisata!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *