Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Posted on

Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan alam yang luar biasa, Sumbawa menjadi destinasi wisata yang populer di Indonesia. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Sumbawa Nusa Tenggara Barat yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Maluk

Pantai Maluk adalah tempat wisata yang terkenal di Sumbawa. Pantai ini terletak di Desa Maluk, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai.

2. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Namun, akses untuk menuju air terjun ini dapat melalui jalur Sembalun di Sumbawa. Air terjun ini memiliki ketinggian 42 meter dan memiliki keunikan yaitu terdapat dua air terjun yang berdampingan. Air terjun ini juga dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan asri.

3. Pulau Moyo

Pulau Moyo terletak di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. Pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan hamparan padang savana, hutan tropis, dan pantai berpasir putih yang eksotis. Selain itu, di pulau ini terdapat taman nasional yang melindungi berbagai jenis flora dan fauna. Pulau Moyo juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling.

4. Pantai Bungin

Pantai Bungin terletak di Kabupaten Sumbawa Timur. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

5. Gunung Tambora

Gunung Tambora adalah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut dan pernah meletus pada tahun 1815. Meskipun terdapat bahaya meletusnya gunung ini, namun gunung Tambora memiliki panorama yang indah dan menjadi destinasi wisata yang populer di Sumbawa.

Wisata Lainnya:  Jembatan Bambu Wisata: Menikmati Keindahan Alam Indonesia dengan Lebih Dekat

6. Danau Satonda

Danau Satonda terletak di Pulau Satonda, Kabupaten Dompu. Danau ini memiliki keunikan yaitu terbentuk akibat letusan Gunung Satonda yang terjadi pada tahun 1815. Danau ini juga memiliki keunikan yaitu terdapat sebuah pulau kecil di tengah danau yang disebut Pulau Cinta. Selain itu, di sekitar danau terdapat hutan tropis yang hijau dan asri.

7. Pantai Kerandangan

Pantai Kerandangan terletak di Kabupaten Sumbawa. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

8. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa terletak di Kabupaten Dompu. Pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan hamparan padang savana, hutan tropis, dan pantai berpasir putih yang eksotis. Selain itu, di pulau ini terdapat taman nasional yang melindungi berbagai jenis flora dan fauna. Pulau Kenawa juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling.

9. Pulau Mamboro

Pulau Mamboro terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan hamparan padang savana, hutan tropis, dan pantai berpasir putih yang eksotis. Selain itu, di pulau ini terdapat taman nasional yang melindungi berbagai jenis flora dan fauna. Pulau Mamboro juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling.

10. Pantai Sekongkang

Pantai Sekongkang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

11. Pantai Kertasari

Pantai Kertasari terletak di Kabupaten Sumbawa Timur. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

12. Gili Balu

Gili Balu terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Gili ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan hamparan padang savana, hutan tropis, dan pantai berpasir putih yang eksotis. Selain itu, di gili ini terdapat taman nasional yang melindungi berbagai jenis flora dan fauna. Gili Balu juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Water Kingdom Mekarsari Bogor

13. Gili Nanggu

Gili Nanggu terletak di Kabupaten Lombok Barat, namun akses untuk menuju gili ini dapat melalui Sumbawa. Gili ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan hamparan padang savana, hutan tropis, dan pantai berpasir putih yang eksotis. Selain itu, di gili ini terdapat taman nasional yang melindungi berbagai jenis flora dan fauna. Gili Nanggu juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling.

14. Pantai Kertasari

Pantai Kertasari terletak di Kabupaten Sumbawa Timur. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

15. Pulau Satonda

Pulau Satonda terletak di Kabupaten Dompu. Pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan hamparan padang savana, hutan tropis, dan pantai berpasir putih yang eksotis. Selain itu, di pulau ini terdapat taman nasional yang melindungi berbagai jenis flora dan fauna. Pulau Satonda juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling.

16. Pantai Tanjung Menangis

Pantai Tanjung Menangis terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

17. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa terletak di Kabupaten Dompu. Pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan hamparan padang savana, hutan tropis, dan pantai berpasir putih yang eksotis. Selain itu, di pulau ini terdapat taman nasional yang melindungi berbagai jenis flora dan fauna. Pulau Kenawa juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling.

18. Pantai Labuhan Haji

Pantai Labuhan Haji terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Wisata Lainnya:  Galeri Nasional Indonesia: Menelusuri Seni Budaya Indonesia di Tengah Kota Jakarta

19. Pantai Sejati

Pantai Sejati terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

20. Pantai Kencana

Pantai Kencana terletak di Kabupaten Sumbawa. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

21. Pantai Maluk Timur

Pantai Maluk Timur terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

22. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

23. Gili Raja

Gili Raja terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Gili ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan hamparan padang savana, hutan tropis, dan pantai berpasir putih yang eksotis. Selain itu, di gili ini terdapat taman nasional yang melindungi berbagai jenis flora dan fauna. Gili Raja juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling.

24. Pantai Kolong

Pantai Kolong terletak di Kabupaten Sumbawa. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas selam dan snorkeling karena terdapat terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki suasana yang tenang dan sunyi, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *