Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Loano Purworejo

Posted on

Jika Anda sedang mencari tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Purworejo, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Loano. Loano merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Desa ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan mempesona.

1. Air Terjun Loano

Tempat wisata pertama yang harus Anda kunjungi saat berada di Loano adalah Air Terjun Loano. Air Terjun Loano memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam alami yang sangat jernih. Kolam ini sangat cocok untuk berenang dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati deburan air terjun yang sangat menenangkan.

2. Bukit Tugel

Bukit Tugel merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang suka dengan trekking atau hiking. Bukit Tugel memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Dari puncak bukit, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Anda juga bisa menikmati matahari terbit dan terbenam dari puncak bukit.

3. Goa Sumbing

Goa Sumbing merupakan gua alam yang terletak di desa Loano. Goa ini memiliki keindahan yang sangat mempesona dengan stalaktit dan stalagmit yang terbentuk secara alami. Selain itu, di dalam goa ini terdapat sebuah air terjun kecil yang sangat indah. Anda bisa menikmati keindahan goa sambil melakukan aktivitas trekking.

4. Desa Wisata Loano

Desa Wisata Loano merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang ingin merasakan suasana pedesaan yang asri dan tenang. Di desa wisata ini, Anda bisa melihat langsung kegiatan masyarakat setempat seperti membuat gula kelapa, membuat kerajinan tangan, atau mengunjungi kebun kopi dan kakao. Selain itu, Anda juga bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang telah disediakan untuk wisatawan.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Sangatta: Menikmati Keindahan Alam di Kalimantan Timur

5. Pantai Bulusari

Pantai Bulusari merupakan pantai yang terletak di desa Loano. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan air laut yang jernih. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini seperti berenang, berjemur, atau sekadar menikmati keindahan pantai.

6. Makam Ki Ageng Selo

Makam Ki Ageng Selo merupakan tempat wisata sejarah yang terletak di desa Loano. Ki Ageng Selo merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Islam di Purworejo. Di tempat ini, Anda bisa melihat langsung makam Ki Ageng Selo dan juga mengunjungi masjid yang dibangun olehnya.

7. Gunung Lanang

Gunung Lanang merupakan gunung yang terletak di desa Loano. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut. Dari puncak gunung, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Anda juga bisa menikmati matahari terbit dan terbenam dari puncak gunung.

8. Museum Wijaya Kusuma

Museum Wijaya Kusuma merupakan museum sejarah yang terletak di desa Loano. Museum ini dibangun untuk mengenang sejarah perjuangan rakyat Purworejo melawan penjajah Belanda. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai koleksi benda-benda sejarah yang sangat berharga.

9. Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Loano tanpa mencicipi kuliner khas setempat. Beberapa kuliner yang bisa Anda coba di Loano antara lain nasi liwet, gudeg, sate klathak, dan wedang uwuh. Semua kuliner ini sangat lezat dan wajib untuk dicoba.

10. Pemandian Air Panas Kebon Gedang

Pemandian Air Panas Kebon Gedang merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam sekitar. Pemandian air panas ini memiliki kolam yang terletak di tengah-tengah kebun teh yang sangat asri dan sejuk. Air panas ini memiliki kandungan belerang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

11. Hutan Pinus Loano

Hutan Pinus Loano merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati udara segar dan keindahan alam yang masih asli. Di hutan pinus ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau sekadar menikmati pemandangan yang indah.

12. Kebun Teh Kemiri

Kebun Teh Kemiri merupakan kebun teh yang terletak di desa Kemiri. Kebun teh ini memiliki keindahan yang sangat mempesona dengan pemandangan perkebunan teh yang hijau dan asri. Anda juga bisa melakukan aktivitas trekking di sekitar kebun teh ini.

13. Danau Sempor

Danau Sempor merupakan danau yang terletak di kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Danau ini memiliki keindahan yang sangat mempesona dengan air yang sangat jernih dan pemandangan yang indah. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di danau ini seperti berenang, memancing, atau sekadar menikmati pemandangan yang indah.

Wisata Lainnya:  Kapal Wisata Samarinda: Nikmati Wisata Sungai Mahakam dengan Menarik

14. Puncak Suwuk

Puncak Suwuk merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang suka dengan hiking atau trekking. Puncak Suwuk memiliki ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Dari puncak ini, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

15. Puncak Kebo Iwa

Puncak Kebo Iwa merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang suka dengan hiking atau trekking. Puncak Kebo Iwa memiliki ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Dari puncak ini, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

16. Goa Jepang

Goa Jepang merupakan tempat wisata sejarah yang terletak di desa Kemiri. Goa ini digunakan sebagai tempat persembunyian oleh tentara Jepang pada masa perang dunia II. Di dalam goa ini, Anda bisa melihat langsung berbagai benda-benda sejarah yang sangat berharga.

17. Air Terjun Kemiri

Air Terjun Kemiri merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang suka dengan keindahan alam. Air Terjun Kemiri memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam alami yang sangat jernih. Kolam ini sangat cocok untuk berenang dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

18. Goa Lawa

Goa Lawa merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang suka dengan petualangan. Goa ini merupakan gua alam yang terletak di desa Kemiri. Di dalam goa ini terdapat koloni kelelawar yang sangat banyak.

19. Candi Kebondalem

Candi Kebondalem merupakan tempat wisata sejarah yang terletak di desa Kemiri. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari kerajaan Mataram Kuno. Di tempat ini, Anda bisa melihat langsung keindahan candi dan mengenal sejarah dari kerajaan Mataram Kuno.

20. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong merupakan pantai yang terletak di kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan air laut yang jernih. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini seperti berenang, berjemur, atau sekadar menikmati keindahan pantai.

21. Hutan Wisata Kemiri

Hutan Wisata Kemiri merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli. Di hutan wisata ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau sekadar menikmati pemandangan yang indah.

22. Pemandian Air Panas Kepek

Pemandian Air Panas Kepek merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam sekitar. Pemandian air panas ini memiliki kolam yang terletak di tengah-tengah kebun teh yang sangat asri dan sejuk. Air panas ini memiliki kandungan belerang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Wisata Lainnya:  Wisata Pantai Lombok Tengah: Menikmati Keindahan Pantai di Tengah Gugusan Pulau Indah

23. Sungai Gede

Sungai Gede merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang suka dengan keindahan alam. Sungai ini memiliki air yang sangat jernih dan pemandangan yang indah. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sungai ini seperti berenang, memancing, atau sekadar menikmati pemandangan yang indah.

24. Hutan Wisata Sempor

Hutan Wisata Sempor merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli. Di hutan wisata ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau sekadar menikmati pemandangan yang indah.

25. Desa Wisata Kemiri

Desa Wisata Kemiri merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang ingin merasakan suasana pedesaan yang asri dan tenang. Di desa wisata ini, Anda bisa melihat langsung kegiatan masyarakat setempat seperti membuat gula kelapa, membuat kerajinan tangan, atau mengunjungi kebun kopi dan kakao. Selain itu, Anda juga bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang telah disediakan untuk wisatawan.

26. Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan pantai yang terletak di kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan air laut yang jernih. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini seperti berenang, berjemur, atau sekadar menikmati keindahan pantai.

27. Embung Kemiri

Embung Kemiri merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan olahraga air. Embung ini memiliki kolam yang cukup besar dan sangat cocok untuk berenang atau sekadar bersantai di pinggir kolam. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas olahraga air seperti memancing atau berperahu.

28. Puncak Argopuro

Puncak Argopuro merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang suka dengan hiking atau trekking. Puncak Argopuro memiliki ketinggian sekitar 3.088 meter di atas permukaan laut. Dari puncak ini, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

29. Benteng Pendem

Benteng Pendem merupakan tempat wisata sejarah yang terletak di kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Benteng ini merupakan peninggalan sejarah dari kerajaan Mataram Kuno. Di tempat ini, Anda bisa melihat langsung keindahan benteng dan mengenal sejarah dari kerajaan Mataram Kuno.

30. Air Terjun Kembar

Air Terjun Kembar merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang suka dengan keindahan alam. Air Terjun Kembar memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki kolam alami yang

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *