Makanan di Kota Wisata

Posted on

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman kuliner yang dimilikinya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Begitu pula dengan kota wisata yang ada di Indonesia. Kota-kota wisata di Indonesia tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, tetapi juga menawarkan berbagai macam makanan yang lezat. Berikut adalah beberapa makanan di kota wisata yang wajib kamu coba.

1. Bandung

Bandung terkenal dengan kulinernya yang lezat dan murah meriah. Salah satu makanan yang wajib kamu coba di Bandung adalah nasi goreng kambing. Nasi goreng kambing di Bandung memiliki cita rasa yang khas dan dihiasi dengan potongan daging kambing yang empuk. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti batagor, siomay, dan seblak.

2. Yogyakarta

Yogyakarta terkenal dengan keratonnya yang megah serta keindahan Candi Borobudur dan Prambanan. Namun, Yogyakarta juga terkenal dengan makanannya yang lezat. Salah satu makanan khas Yogyakarta yang wajib kamu coba adalah gudeg. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti nasi gudeg, sate klathak, dan bakmi jawa.

3. Bali

Bali terkenal dengan keindahan pantainya yang memukau serta budayanya yang unik. Bali juga terkenal dengan makanannya yang lezat. Salah satu makanan khas Bali yang wajib kamu coba adalah babi guling. Babi guling adalah makanan yang terbuat dari daging babi yang dipanggang dengan rempah-rempah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti sate lilit, lawar, dan bebek betutu.

4. Lombok

Lombok terkenal dengan keindahan pantainya yang masih alami serta kekayaan alamnya yang melimpah. Namun, Lombok juga terkenal dengan makanannya yang lezat. Salah satu makanan khas Lombok yang wajib kamu coba adalah ayam taliwang. Ayam taliwang adalah makanan yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan cabai dan rempah-rempah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti plecing kangkung, sate bulayak, dan nasi balap puyung.

5. Medan

Medan terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Medan yang wajib kamu coba adalah soto medan. Soto medan adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kuning yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti nasi padang, mie aceh, dan sate matang.

Wisata Lainnya:  Contoh Hutan Wisata di Indonesia

6. Surabaya

Surabaya terkenal dengan kulinernya yang lezat dan bervariasi. Salah satu makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba adalah rawon. Rawon adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti sate klopo, lontong balap, dan rujak cingur.

7. Malang

Malang terkenal dengan keindahan alamnya serta suhu udaranya yang sejuk. Namun, Malang juga terkenal dengan makanannya yang lezat. Salah satu makanan khas Malang yang wajib kamu coba adalah bakso malang. Bakso malang adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang diolah dengan rempah-rempah dan disajikan dengan mie dan kuah yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti nasi pecel, tahu takwa, dan rujak cingur.

8. Jakarta

Jakarta terkenal dengan kepadatannya serta kemacetannya yang parah. Namun, Jakarta juga terkenal dengan makanannya yang lezat. Salah satu makanan khas Jakarta yang wajib kamu coba adalah nasi uduk. Nasi uduk adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti soto betawi, ketoprak, dan gado-gado.

9. Semarang

Semarang terkenal dengan kulinernya yang lezat dan beragam. Salah satu makanan khas Semarang yang wajib kamu coba adalah lumpia. Lumpia adalah makanan yang terbuat dari sayur-sayuran dan daging yang dibungkus dengan kulit lumpia yang tipis dan renyah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti nasi goreng babat, soto ayam, dan wingko babat.

10. Makassar

Makassar terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Makassar yang wajib kamu coba adalah coto makassar. Coto makassar adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti konro, pallubasa, dan pisang epe.

11. Padang

Padang terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Padang yang wajib kamu coba adalah rendang. Rendang adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti gulai ayam, sate padang, dan soto padang.

Wisata Lainnya:  Kereta Wisata Jakarta Jogja: Nikmati Perjalanan yang Seru dan Mengasyikkan

12. Palembang

Palembang terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Palembang yang wajib kamu coba adalah pempek. Pempek adalah makanan yang terbuat dari ikan yang diolah dengan tepung sagu dan dimasak dengan kuah yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti tekwan, model, dan mie celor.

13. Solo

Solo terkenal dengan keratonnya yang megah serta kulinernya yang lezat. Salah satu makanan khas Solo yang wajib kamu coba adalah nasi liwet. Nasi liwet adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah serta disajikan dengan lauk-pauk yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti tengkleng, serabi, dan wedang ronde.

14. Samarinda

Samarinda terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Samarinda yang wajib kamu coba adalah soto banjar. Soto banjar adalah makanan yang terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan kuah kuning yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti mi goreng tek-tek, luti gendang, dan sate kelapa.

15. Manado

Manado terkenal dengan kuliner khasnya yang pedas dan beragam. Salah satu makanan khas Manado yang wajib kamu coba adalah tinutuan. Tinutuan adalah makanan yang terbuat dari sayur-sayuran yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti dabu-dabu, ayam woku, dan cakalang fufu.

16. Balikpapan

Balikpapan terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Balikpapan yang wajib kamu coba adalah sate kelapa. Sate kelapa adalah makanan yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dan disajikan dengan kuah kacang yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti nasi kuning, bubur pedas, dan soto kudus.

17. Bengkulu

Bengkulu terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Bengkulu yang wajib kamu coba adalah pempek lenjer. Pempek lenjer adalah makanan yang terbuat dari ikan yang diolah dengan tepung sagu dan dimasak dengan kuah yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti martabak, mie celor, dan tekwan.

18. Batam

Batam terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan beragam. Salah satu makanan khas Batam yang wajib kamu coba adalah seafood. Batam memiliki banyak restoran seafood yang menyajikan berbagai macam makanan laut yang segar dan lezat. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti mie lendir, sate kelapa, dan nasi goreng kampung.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Pahawang - Menikmati Keindahan Pulau Tersembunyi di Lampung

19. Pontianak

Pontianak terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan beragam. Salah satu makanan khas Pontianak yang wajib kamu coba adalah ketupat kandangan. Ketupat kandangan adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah serta dibungkus dengan daun kelapa yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti nasi kuning, bubur pedas, dan sate kelapa.

20. Pekanbaru

Pekanbaru terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Pekanbaru yang wajib kamu coba adalah gulai ikan patin. Gulai ikan patin adalah makanan yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan kuah kuning yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti nasi lemak, sate padang, dan sate kelapa.

21. Sorong

Sorong terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan beragam. Salah satu makanan khas Sorong yang wajib kamu coba adalah ayam pop. Ayam pop adalah makanan yang terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan disajikan dengan sambal yang khas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti ikan bakar, sate kelapa, dan nasi kuning.

22. Lampung

Lampung terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Lampung yang wajib kamu coba adalah pindang. Pindang adalah makanan yang terbuat dari ikan atau daging yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan asam khas Lampung. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti sate bulayak, gulai paku, dan mie celor.

23. Aceh

Aceh terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan pedas. Salah satu makanan khas Aceh yang wajib kamu coba adalah mie aceh. Mie aceh adalah makanan yang terbuat dari mie yang disajikan dengan kuah kari khas Aceh dan daging sapi atau ayam. Selain itu, kamu juga bisa mencoba makanan lain seperti nasi goreng aceh, sate matang, dan rendang.

24. Batu

Batu terkenal dengan keindahan alamnya serta kulinernya yang lezat. Salah satu makanan khas Batu yang wajib kamu coba adalah bakso bakar

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *