Destinasi Wisata Madiun – Menikmati Keindahan Alam Jawa Timur

Posted on

Jawa Timur dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan beragam destinasi wisata. Salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan berbagai destinasi wisata menarik adalah Madiun. Terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, Madiun memiliki pesona alam yang memukau serta sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

1. Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 3.265 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur dan memiliki jalur pendakian yang cukup menantang. Namun, pemandangan yang ditawarkan dari puncak Gunung Lawu sangatlah memukau, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Balerejo, Madiun. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan terdiri dari beberapa tingkat. Pemandangan di sekitar air terjun sangatlah indah, dengan pepohonan hijau yang rindang dan suara gemericik air yang menenangkan.

3. Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Pacitan, sekitar 2 jam perjalanan dari Madiun. Pantai ini dikenal dengan pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang jernih. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat melihat formasi batu karang yang unik di sepanjang pantai.

4. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng terletak di kawasan Taman Nasional Selomangleng, sekitar 5 km dari pusat kota Madiun. Goa ini memiliki panjang sekitar 500 meter dan menawarkan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang indah. Selain itu, di dalam goa terdapat air terjun mini yang menambah keindahan goa ini.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Pantai Sambolo Anyer, Rekreasi Bahari Memikat Pengunjung

5. Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kediri dan Blitar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.731 mdpl dan aktif meletus. Namun, setelah meletus pada tahun 2014, Gunung Kelud kembali dibuka untuk pendakian pada tahun 2016. Pemandangan dari puncak Gunung Kelud sangatlah memukau, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

6. Taman Wisata Rekreasi Sriti

Taman Wisata Rekreasi Sriti terletak di Jalan Letjen Sutoyo, Madiun. Taman ini menawarkan berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Selain itu, di taman ini terdapat kolam renang dan area piknik yang dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman.

7. Makam Pangeran Sambernyowo

Makam Pangeran Sambernyowo terletak di Desa Sambernyowo, Kecamatan Balerejo, sekitar 20 km dari pusat kota Madiun. Makam ini merupakan makam keramat yang dipercaya oleh masyarakat sekitar memiliki kekuatan spiritual. Selain itu, di sekitar makam terdapat bangunan-bangunan peninggalan sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

8. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan terletak di kawasan pegunungan Tengger, sekitar 2 jam perjalanan dari Madiun. Telaga ini memiliki pemandangan yang indah, dengan air yang jernih dan pepohonan hijau yang rindang. Di sekitar telaga terdapat beberapa villa dan penginapan yang dapat digunakan untuk menginap.

9. Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, sekitar 2 jam perjalanan dari Madiun. Candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit yang masih terawat dengan baik. Di sekitar candi terdapat pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan hijau yang rindang.

10. Taman Hutan Raya Raden Soerjo

Taman Hutan Raya Raden Soerjo terletak di Dusun Sumberarum, Desa Ngepung, Kecamatan Saradan, sekitar 30 km dari pusat kota Madiun. Taman ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan hijau yang rindang dan udara yang sejuk. Di taman ini juga terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang dapat ditemukan.

11. Air Terjun Kedung Bendo

Air Terjun Kedung Bendo terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Takeran, sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Madiun. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang jernih. Di sekitar air terjun terdapat hamparan sawah yang hijau yang menambah keindahan alam di sekitar air terjun.

12. Candi Sukuh

Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, sekitar 2 jam perjalanan dari Madiun. Candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit yang masih terawat dengan baik. Di sekitar candi terdapat pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan hijau yang rindang.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Siantar: Menikmati Keindahan Kota Pematangsiantar

13. Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu terletak di Desa Rejoso, Kecamatan Dolopo, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Madiun. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang jernih. Di sekitar air terjun terdapat hamparan sawah yang hijau yang menambah keindahan alam di sekitar air terjun.

14. Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, sekitar 2 jam perjalanan dari Madiun. Candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Mataram Kuno yang masih terawat dengan baik. Di sekitar candi terdapat pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan hijau yang rindang.

15. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari terletak di Jalan Raya Madiun – Solo KM 17, sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Madiun. Taman ini menawarkan berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Selain itu, di taman ini terdapat kolam renang dan area piknik yang dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman.

16. Pemandian Air Panas Tirta Ayu

Pemandian Air Panas Tirta Ayu terletak di Desa Sumberjambe, Kecamatan Saradan, sekitar 40 km dari pusat kota Madiun. Pemandian air panas ini memiliki suhu yang cukup tinggi dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain itu, di sekitar pemandian terdapat pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan hijau yang rindang.

17. Wisata Hutan Pinus

Wisata Hutan Pinus terletak di kawasan Taman Nasional Selomangleng, sekitar 5 km dari pusat kota Madiun. Wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan pinus yang rindang dan udara yang sejuk. Di wisata ini juga terdapat berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak.

18. Goa Gong

Goa Gong terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Ponorogo, sekitar 2 jam perjalanan dari Madiun. Goa ini memiliki pemandangan stalagtit dan stalagmit yang indah serta suara gemericik air yang menenangkan. Selain itu, di dalam goa terdapat berbagai formasi batu yang unik dan menarik untuk dilihat.

19. Bukit Kapur

Bukit Kapur terletak di Desa Kebonrejo, Kecamatan Taman, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Madiun. Bukit ini terdiri dari formasi batu kapur yang indah dan menarik untuk dilihat. Di sekitar Bukit Kapur terdapat hamparan sawah yang hijau yang menambah keindahan alam di sekitar Bukit Kapur.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Malasari: Sebuah Destinasi Wisata yang Menarik di Indonesia

20. Pantai Damas

Pantai Damas terletak di Desa Damas, Kecamatan Saradan, sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Madiun. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai terdapat berbagai warung makan dan penginapan yang dapat digunakan untuk menginap.

21. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria terletak di Desa Teleng, Kecamatan Taman, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Madiun. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai terdapat berbagai warung makan dan penginapan yang dapat digunakan untuk menginap.

22. Taman Wisata Alam Mangrove

Taman Wisata Alam Mangrove terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Dolopo, sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Madiun. Taman ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan hutan bakau yang rindang dan udara yang sejuk. Di taman ini juga terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang dapat ditemukan.

23. Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, sekitar 2 jam perjalanan dari Madiun. Candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Mataram Kuno yang masih terawat dengan baik. Di sekitar candi terdapat pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan hijau yang rindang.

24. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci terletak di Desa Guci, Kecamatan Takeran, sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Madiun. Pemandian air panas ini memiliki suhu yang cukup tinggi dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain itu, di sekitar pemandian terdapat pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan hijau yang rindang.

25. Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Magelang, sekitar 2 jam perjalanan dari Madiun. Candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Budha yang terbesar di Indonesia dan telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Di sekitar candi terdapat pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan hijau yang rindang.

26. Kawasan Wisata Candi Sukuh

Kawasan Wisata Candi Sukuh terletak di Desa Ber

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *