Destinasi Wisata Ipoh Malaysia: Pesona Kota Sejarah dan Kuliner Enak

Posted on

Ipoh merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Malaysia. Kota yang terletak di negara bagian Perak ini menyimpan banyak pesona sejarah dan keindahan alam yang memikat. Tak hanya itu, kuliner khas Ipoh juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

1. Mengenal Kota Sejarah Ipoh

Ipoh memiliki sejarah yang panjang sebagai pusat perdagangan dan penambangan bijih timah pada abad ke-19. Kota ini pernah menjadi salah satu kota terkaya di Asia Tenggara pada masa lalu. Kini, jejak sejarah tersebut masih tersisa dan dapat ditemukan di berbagai tempat di kota Ipoh.

2. Menikmati Keindahan Alam di Taman Rekreasi Gunung Lang

Bagi para pecinta alam, Taman Rekreasi Gunung Lang merupakan tempat yang wajib dikunjungi di Ipoh. Taman ini memiliki keindahan alam yang memukau, seperti danau buatan, air terjun, dan kebun kupu-kupu.

3. Menyambut Keindahan Senja di Kellie’s Castle

Kellie’s Castle merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada abad ke-20 oleh seorang pengusaha bijih timah bernama William Kellie Smith. Saat ini, bangunan ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Ipoh, terutama saat senja tiba. Kunjungi Kellie’s Castle dan nikmati keindahan senja yang memukau.

4. Berbelanja di Pasar Malam Gerbang Malam

Bagi Anda yang suka berbelanja, jangan lewatkan pasar malam Gerbang Malam. Pasar malam ini buka setiap hari Sabtu dan menawarkan berbagai barang unik dan kuliner khas Ipoh yang lezat.

Wisata Lainnya:  Wisata Villa Kancil: Menikmati Liburan yang Nyaman dan Asri

5. Menikmati Kuliner Khas Ipoh

Kuliner khas Ipoh juga menjadi salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan. Beberapa kuliner yang wajib dicoba di antaranya adalah sarapan pagi di Restoran Thean Chun, mi kari di Restoran Lou Wong, dan kue putu bambu di Pasar Malam Gerbang Malam.

6. Berwisata Sejarah di Muzium Darul Ridzuan

Muzium Darul Ridzuan merupakan museum sejarah yang berisi koleksi sejarah dan budaya Perak. Museum ini memiliki 3 galeri utama, yaitu galeri sejarah alam, galeri sejarah manusia, dan galeri seni dan budaya. Kunjungi museum ini dan pelajari sejarah Perak lebih dalam.

7. Menikmati Keindahan Alam di Gua Tempurung

Gua Tempurung merupakan gua batu kapur terbesar di Malaysia. Di dalam gua ini terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah serta air terjun kecil yang mempesona. Anda dapat melakukan jelajah gua dengan mengikuti tur yang disediakan oleh pihak pengelola.

8. Bersepeda Santai di Kinta Riverfront Walk

Kinta Riverfront Walk merupakan jalur sepeda santai yang terletak di sepanjang Sungai Kinta. Nikmati keindahan alam kota Ipoh sambil bersepeda di jalur sepanjang 4 kilometer ini. Anda juga dapat menikmati pemandangan Sungai Kinta dan jembatan yang indah di sepanjang jalur ini.

9. Mengunjungi Katedral St. Michael

Bagi Anda yang ingin berwisata religi, jangan lewatkan Katedral St. Michael. Gereja ini dibangun pada tahun 1891 dan merupakan salah satu gereja tertua di Malaysia. Katedral St. Michael memiliki arsitektur bergaya gothic yang indah serta interior yang elegan.

10. Bermain Air di Tambun Water Park

Tambun Water Park adalah taman air terbesar di Malaysia yang terletak di Ipoh. Taman air ini menawarkan berbagai wahana air yang seru dan menantang, seperti kolam ombak, seluncuran air, dan arung jeram. Bagi Anda yang suka bermain air, jangan lewatkan Tambun Water Park.

11. Menikmati Pemandangan Kota dari Bukit Kledang

Bukit Kledang adalah bukit yang terletak di kota Ipoh dan menawarkan pemandangan kota yang indah. Di puncak bukit, terdapat menara pengamat yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan kota yang lebih jelas. Bukit Kledang juga menjadi tempat yang populer untuk hiking dan berolahraga.

12. Berfoto di Jembatan Kek Lok Tong

Jembatan Kek Lok Tong adalah jembatan yang menghubungkan dua tebing di tempat wisata Kek Lok Tong. Jembatan ini memiliki pemandangan yang indah dan menjadi tempat yang populer untuk berfoto. Nikmati keindahan alam sekitar sambil berfoto di Jembatan Kek Lok Tong.

13. Mencicipi Kopi Klasik di Nam Heong Coffee Shop

Nam Heong Coffee Shop adalah salah satu kafe legendaris di Ipoh yang sudah berdiri sejak tahun 1958. Kafe ini menyajikan kopi klasik dan roti bakar yang lezat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kopi klasik di Nam Heong Coffee Shop.

Wisata Lainnya:  Wisata Godean: Tempat Wisata Seru di Yogyakarta

14. Mengunjungi Istana Kenangan

Istana Kenangan adalah museum yang dijadikan sebagai tempat tinggal Sultan Perak pada masa lalu. Museum ini memiliki koleksi sejarah dan budaya serta perabotan kuno yang masih terawat dengan baik. Kunjungi Istana Kenangan dan pelajari sejarah Perak lebih dalam.

15. Menikmati Keindahan Alam di Lata Iskandar Waterfall

Lata Iskandar Waterfall merupakan air terjun yang terletak di kaki Bukit Beruang. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang memukau serta kolam renang alami yang dapat digunakan untuk berenang. Nikmati keindahan alam di Lata Iskandar Waterfall.

16. Bermain di Lost World of Tambun

Lost World of Tambun adalah taman wisata yang menawarkan berbagai wahana seru dan menantang, seperti kolam renang, seluncuran air, dan taman bermain. Taman wisata ini juga memiliki kebun binatang mini serta spa dan sauna untuk relaksasi. Bagi Anda yang suka bermain, jangan lewatkan Lost World of Tambun.

17. Menikmati Kuliner Khas Cina di Restoran Foh San

Restoran Foh San adalah restoran khas Cina yang terkenal dengan dim sum-nya yang lezat. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1971 dan menjadi salah satu restoran tertua di Ipoh. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi dim sum di Restoran Foh San.

18. Mengunjungi Kota Lama Taiping

Kota Lama Taiping merupakan kota tua yang masih mempertahankan arsitektur bangunan kuno pada masa lalu. Di kota ini terdapat beberapa bangunan bersejarah yang masih terawat dengan baik, seperti bangunan gereja, kuil, dan sekolah tua. Kunjungi Kota Lama Taiping dan rasakan suasana kota tua yang unik.

19. Menikmati Keindahan Alam di Maxwell Hill

Maxwell Hill adalah tempat wisata alam yang terletak di kota Taiping. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau serta udara yang segar. Anda dapat melakukan hiking atau berjalan-jalan di sekitar taman untuk menikmati keindahan alam di Maxwell Hill.

20. Bermain di Taman Tasik Taiping

Taman Tasik Taiping adalah taman rekreasi yang terletak di kota Taiping. Taman ini menawarkan berbagai wahana seru dan menantang, seperti kolam renang, taman bermain, dan lapangan sepak bola. Bagi Anda yang suka bermain, jangan lewatkan Taman Tasik Taiping.

21. Menikmati Kuliner Khas India di Restoran Nasi Kandar Ayam Merah

Restoran Nasi Kandar Ayam Merah adalah restoran khas India yang terkenal dengan nasi kandar-nya yang lezat. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1964 dan menjadi salah satu restoran tertua di Taiping. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi nasi kandar di Restoran Nasi Kandar Ayam Merah.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Batu Bara

22. Mengunjungi Pusat Seni dan Kebudayaan Melayu

Pusat Seni dan Kebudayaan Melayu adalah museum yang berisi koleksi seni dan budaya Melayu. Di dalam museum ini terdapat berbagai benda seni dan kerajinan tangan khas Melayu serta perabotan kuno yang masih terawat dengan baik. Kunjungi Pusat Seni dan Kebudayaan Melayu dan pelajari kebudayaan Melayu lebih dalam.

23. Menikmati Keindahan Alam di Air Terjun Ulu Chepor

Air Terjun Ulu Chepor merupakan air terjun yang terletak di jantung hutan hujan. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang memukau serta kolam renang alami yang dapat digunakan untuk berenang. Nikmati keindahan alam di Air Terjun Ulu Chepor.

24. Bermain di Taman Rekreasi Bukit Jana

Taman Rekreasi Bukit Jana adalah taman rekreasi yang terletak di kota Kuala Kangsar. Taman ini menawarkan berbagai wahana seru dan menantang, seperti taman bermain, lapangan sepak bola, dan kolam renang. Bagi Anda yang suka bermain, jangan lewatkan Taman Rekreasi Bukit Jana.

25. Menikmati Kuliner Khas Perak di Restoran Nasi Kandar Kapitan

Restoran Nasi Kandar Kapitan adalah restoran khas Perak yang terkenal dengan nasi kandar-nya yang lezat. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1950-an dan menjadi salah satu restoran tertua di Kuala Kangsar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi nasi kandar di Restoran Nasi Kandar Kapitan.

26. Mengunjungi Istana Iskandariah

Istana Iskandariah adalah istana resmi Sultan Perak yang terletak di kota Kuala Kangsar. Istana ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi salah satu ikon kota Kuala Kangsar. Kunjungi Istana Iskandariah dan rasakan suasana istana yang mewah.

27. Menikmati Keindahan Alam di Air Terjun Lata Kinjang

Air Terjun Lata Kinjang merupakan air terjun yang terletak di kaki Bukit Tapah. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang memukau serta kolam renang alami yang dapat digunakan untuk berenang. Nikmati keindahan alam di Air Terjun Lata Kinjang.

28. Bermain di Taman Rekreasi Bukit Chandan

Taman Rekreasi Bukit Chandan adalah taman rekreasi yang terletak di kota Kuala Kangsar. Taman ini menawarkan berbagai wahana seru dan menantang, seperti kolam renang, taman bermain, dan lapangan sepak bola. Bagi Anda yang suka bermain, jangan lewatkan Taman Rekreasi Bukit Chandan.

29. Menikmati Kuliner Khas Melayu di Restoran Nasi Kandar Yut Loy

Restoran Nasi Kandar Yut Loy adalah restoran khas Melayu yang terkenal dengan nasi kandar-nya yang lezat. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1928 dan menjadi

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *