Desa Wisata Trumpon: Menikmati Keindahan Alam di Kampung Wisata Melayu

Posted on

Indonesia memang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Desa Wisata Trumpon yang terletak di Kabupaten Kampar, Riau. Desa wisata ini menawarkan berbagai macam keindahan alam dan budaya yang membuat wisatawan betah berlama-lama di sini. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai Desa Wisata Trumpon.

Sejarah Desa Wisata Trumpon

Desa Wisata Trumpon awalnya adalah sebuah kampung nelayan yang terletak di tepi sungai Kampar. Namun, pada tahun 2012, desa ini diresmikan sebagai kampung wisata oleh pemerintah setempat. Sejak itu, Desa Wisata Trumpon mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata yang menarik. Desa Wisata Trumpon merupakan kampung wisata Melayu yang kaya akan budaya dan tradisi.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Jatimulyo: Pesona Wisata yang Menggoda

Keindahan Alam Desa Wisata Trumpon

Desa Wisata Trumpon memiliki keindahan alam yang memukau. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang asri, seperti hamparan sawah yang hijau, perbukitan yang indah, dan sungai yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai yang terletak tidak jauh dari desa wisata ini. Pantai Rupat dan Pantai Cermin adalah dua pantai yang terkenal di daerah ini.

Wisata Kuliner di Desa Wisata Trumpon

Desa Wisata Trumpon juga menyajikan kuliner khas Melayu yang lezat. Wisatawan dapat mencicipi berbagai macam makanan tradisional, seperti nasi lemak, sate padang, dan rendang. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kopi dan teh khas Riau yang nikmat.

Wisata Budaya di Desa Wisata Trumpon

Desa Wisata Trumpon juga menyajikan wisata budaya yang menarik. Wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan tari-tarian dan musik tradisional Melayu yang khas. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat langsung kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat setempat, seperti anyaman tikar dan kerajinan kayu.

Wisata Lainnya:  Wisata Malam Pekanbaru: Menikmati Keindahan dan Keseruan Malam di Kota Bertuah

Akomodasi di Desa Wisata Trumpon

Desa Wisata Trumpon menyediakan berbagai macam akomodasi bagi wisatawan yang ingin menginap. Terdapat homestay, penginapan, dan villa yang bisa dipilih oleh wisatawan. Harga penginapan di desa wisata ini juga terbilang cukup murah.

Akses Menuju Desa Wisata Trumpon

Desa Wisata Trumpon dapat diakses dengan mudah dari kota Pekanbaru. Jarak antara Pekanbaru dan Trumpon sekitar 70 km. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju ke desa wisata ini.

Rekomendasi Aktivitas di Desa Wisata Trumpon

Terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Desa Wisata Trumpon. Beberapa aktivitas yang direkomendasikan adalah:

  1. Menjelajahi keindahan alam desa wisata dengan berjalan kaki atau bersepeda.
  2. Menikmati kuliner khas Melayu.
  3. Menyaksikan pertunjukan tari-tarian dan musik tradisional Melayu.
  4. Belajar membuat kerajinan tangan dari masyarakat setempat.
  5. Berenang atau bersantai di pantai Rupat atau pantai Cermin.

Harga Tiket Masuk ke Desa Wisata Trumpon

Tiket masuk ke Desa Wisata Trumpon terbilang cukup murah. Wisatawan hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000 untuk masuk ke desa wisata ini. Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Wisata Lainnya:  Wisata Bhakti Alam Pasuruan - Menikmati Keindahan Alam Jawa Timur

Kesimpulan

Desa Wisata Trumpon adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Desa wisata ini menawarkan keindahan alam yang memukau, kuliner khas Melayu yang lezat, wisata budaya yang menarik, dan akomodasi yang cukup murah. Bagi wisatawan yang ingin merasakan keindahan alam dan budaya Melayu, Desa Wisata Trumpon adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *