Desa Wisata Tetebatu: Wisata Alam Paling Menawan di Lombok Timur

Posted on

Desa Wisata Tetebatu adalah salah satu destinasi wisata populer di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Terletak di kaki Gunung Rinjani, desa ini menawarkan panorama alam yang spektakuler dengan sawah terasering dan air terjun yang indah. Selain itu, desa ini juga menawarkan keanekaragaman budaya dan tradisi yang masih dijaga dengan baik oleh penduduk setempat.

Keindahan Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Tetebatu terkenal dengan pemandangan sawah teraseringnya yang menakjubkan. Sawah-sawah ini tersusun dalam beberapa tingkatan dan memberikan efek visual yang indah. Selain itu, desa ini juga dikelilingi oleh hutan tropis yang masih asri dan mengagumkan.

Selain sawah terasering, Desa Wisata Tetebatu juga menawarkan air terjun yang indah dan menawan. Ada beberapa air terjun yang dapat dikunjungi di desa ini seperti Air Terjun Jeruk Manis dan Air Terjun Tiu Kelep. Air Terjun Jeruk Manis terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Sedangkan Air Terjun Tiu Kelep merupakan air terjun yang memiliki kekuatan air yang sangat deras dan sangat cocok untuk wisatawan yang mencari pengalaman berpetualang.

Wisata Lainnya:  Harga Tiket Masuk Floating Market Lembang dengan Wahananya yang Beragam

Keunikan Budaya dan Tradisi

Desa Wisata Tetebatu juga menawarkan keunikan budaya dan tradisi yang masih dijaga dengan baik oleh penduduk setempat. Salah satu keunikan budaya yang dapat ditemukan di desa ini adalah “Peresean”, sebuah pertunjukan tradisional yang merupakan perpaduan antara seni bela diri dan tari-tarian.

Peresean dimainkan oleh dua orang yang saling bergantian memukul tubuh lawannya dengan menggunakan rotan yang dilapisi kain. Pertunjukan ini biasanya dilakukan pada acara-acara penting seperti pernikahan atau pesta panen. Selain Peresean, Desa Wisata Tetebatu juga memiliki keunikan lain seperti tarian tradisional Sasak dan berbagai kerajinan tangan khas Lombok seperti tenun ikat dan kerajinan dari bambu.

Akomodasi

Desa Wisata Tetebatu menawarkan berbagai jenis akomodasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget wisatawan. Ada beberapa penginapan yang dapat dipilih seperti homestay, villa, dan hotel. Beberapa akomodasi bahkan menawarkan pemandangan langsung ke sawah terasering dan hutan tropis.

Akses dan Transportasi

Desa Wisata Tetebatu dapat dicapai dengan mengendarai kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel. Dalam perjalanan menuju desa ini, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan yang indah dan menawan. Dari Mataram, perjalanan menuju Desa Wisata Tetebatu memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan kendaraan pribadi.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata di Morowali

Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi desa ini lebih dalam, sepeda motor atau sepeda dapat disewa dengan harga yang terjangkau. Namun, wisatawan harus berhati-hati dalam berkendara karena jalan di desa ini masih cukup berbatu dan berliku.

Kesimpulan

Desa Wisata Tetebatu adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Lombok Timur. Menawarkan keindahan sawah terasering, air terjun yang menawan, dan keunikan budaya dan tradisi yang masih dijaga dengan baik oleh penduduk setempat. Desa ini juga menawarkan berbagai jenis akomodasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget wisatawan. Jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk mengunjungi Desa Wisata Tetebatu ketika berada di Lombok Timur.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *