Desa Wisata Petung: Wisata Alam yang Menakjubkan di Jawa Timur

Posted on

Desa Wisata Petung adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Jawa Timur. Terletak di lereng Gunung Arjuna, desa ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan suasana yang tenang. Dengan udara yang segar dan pemandangan yang indah, Desa Wisata Petung menjadi tempat yang ideal untuk menghilangkan kepenatan dan stres dari rutinitas sehari-hari.

Sejarah Desa Wisata Petung

Desa Wisata Petung berawal dari sebuah proyek pengembangan desa yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Malang pada tahun 2005. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui pengembangan pariwisata dan pertanian. Desa Wisata Petung dipilih sebagai lokasi proyek karena memiliki potensi alam yang luar biasa dan keunikan budaya lokal yang menarik.

Setelah melalui beberapa tahap pengembangan, Desa Wisata Petung akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 2009. Sejak itu, desa ini telah menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di Jawa Timur.

Wisata Lainnya:  This Is Me Wisata Selfie: Menikmati Liburan Sambil Berfoto

Keindahan Alam Desa Wisata Petung

Desa Wisata Petung terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sini sangat segar dan sejuk. Desa ini dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau dan pepohonan yang rindang, menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan menenangkan. Selain itu, desa ini juga memiliki beberapa air terjun yang indah, seperti Air Terjun Madakaripura dan Air Terjun Coban Rondo.

Selain keindahan alamnya, Desa Wisata Petung juga memiliki keunikan budaya lokal yang menarik. Masyarakat setempat masih menjaga tradisi dan adat istiadat mereka, seperti upacara adat dan tarian tradisional. Wisatawan juga dapat belajar tentang kebudayaan lokal dengan mengunjungi rumah-rumah warga dan berinteraksi dengan mereka.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Petung

Desa Wisata Petung menawarkan banyak aktivitas bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan budaya lokal. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sini antara lain:

  • Menikmati pemandangan alam dengan berjalan-jalan atau bersepeda di sekitar desa
  • Berpiknik di tepi Sungai Coban atau di salah satu air terjun
  • Mendaki Gunung Arjuna atau Gunung Welirang untuk menikmati pemandangan yang lebih indah
  • Berinteraksi dengan masyarakat setempat dan belajar tentang kebudayaan mereka
  • Menginap di salah satu penginapan yang tersedia di desa untuk merasakan suasana yang lebih autentik
Wisata Lainnya:  Gambar Wisata Cibaduyut: Menikmati Keindahan Wisata di Bandung

Bagaimana Mengunjungi Desa Wisata Petung

Desa Wisata Petung dapat dijangkau dari Kota Malang dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jarak antara Kota Malang dan Desa Wisata Petung sekitar 40 kilometer, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Jalan ke desa ini cukup curam dan berliku, sehingga wisatawan perlu berhati-hati saat berkendara.

Untuk masuk ke Desa Wisata Petung, wisatawan perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu, wisatawan juga harus membayar biaya parkir kendaraan dan biaya masuk ke beberapa objek wisata seperti Air Terjun Madakaripura dan Air Terjun Coban Rondo.

Kesimpulan

Desa Wisata Petung adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Jawa Timur. Dengan keindahan alam yang luar biasa dan keunikan budaya lokal yang menarik, desa ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah, berinteraksi dengan masyarakat setempat, dan melakukan berbagai aktivitas menarik. Jika Anda sedang mencari tempat untuk menghilangkan kepenatan dan stres dari rutinitas sehari-hari, Desa Wisata Petung adalah destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *