Desa Wisata Mangir – Menikmati Wisata Alam di Tengah Kota Surabaya

Posted on

Desa Wisata Mangir merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di tengah kota Surabaya. Desa wisata ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dan asli. Selain itu, Desa Wisata Mangir juga menjadi tempat untuk mempelajari kearifan lokal masyarakat Jawa Timur.

Sejarah Desa Wisata Mangir

Desa Wisata Mangir awalnya adalah sebuah desa kecil yang terletak di daerah Surabaya Timur. Desa ini kemudian diubah menjadi desa wisata pada tahun 2005 oleh Pemerintah Kota Surabaya. Tujuan dari pembentukan desa wisata ini adalah untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya masyarakat Jawa Timur.

Desa Wisata Mangir telah berhasil menarik perhatian wisatawan dari dalam dan luar negeri. Desa ini juga menjadi tempat untuk mengadakan berbagai kegiatan budaya, seperti pertunjukan seni tradisional dan pameran kerajinan tangan.

Keindahan Alam di Desa Wisata Mangir

Desa Wisata Mangir memiliki keindahan alam yang masih asri dan asli. Wisatawan dapat menikmati pemandangan sawah yang hijau dan perkebunan tebu yang luas. Selain itu, desa ini juga memiliki hutan yang masih alami dan menyimpan berbagai macam flora dan fauna.

Wisata Lainnya:  Explore the Beauty of Tempat Wisata Toraja Utara

Salah satu tempat yang menjadi daya tarik di Desa Wisata Mangir adalah air terjun yang indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang jernih. Wisatawan dapat berenang atau sekadar menikmati keindahan air terjun.

Wisata Budaya di Desa Wisata Mangir

Desa Wisata Mangir juga menjadi tempat untuk mempelajari kearifan lokal masyarakat Jawa Timur. Wisatawan dapat belajar membuat kerajinan tangan seperti batik, anyaman bambu, dan ukiran kayu. Selain itu, wisatawan juga dapat mempelajari kesenian tradisional seperti tari-tarian dan musik gamelan.

Wisatawan juga dapat mengunjungi rumah adat Jawa yang masih asli di Desa Wisata Mangir. Rumah adat ini memiliki arsitektur yang khas dan menyimpan berbagai macam perabotan tradisional.

Tempat Wisata di Sekitarnya

Desa Wisata Mangir juga memiliki beberapa tempat wisata di sekitarnya yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya adalah Taman Wisata Selecta yang terletak sekitar 30 kilometer dari Desa Wisata Mangir. Taman Wisata Selecta memiliki kebun bunga yang indah dan wahana permainan yang menarik.

Wisata Lainnya:  Slogan Wisata: Memikat Hati Wisatawan dengan Satu Kalimat

Wisatawan juga dapat mengunjungi Taman Safari Prigen yang terletak sekitar 50 kilometer dari Desa Wisata Mangir. Taman Safari Prigen memiliki berbagai macam satwa yang dapat dilihat dari dalam mobil atau berjalan-jalan di area taman.

Akomodasi di Desa Wisata Mangir

Desa Wisata Mangir memiliki beberapa penginapan yang dapat dipilih oleh wisatawan. Salah satunya adalah homestay yang terletak di tengah-tengah desa. Homestay ini menyediakan kamar yang nyaman dan sarapan pagi yang lezat.

Wisatawan juga dapat memilih untuk menginap di villa yang terletak di pinggir sawah. Villa ini memiliki pemandangan yang indah dan menyediakan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang dan dapur lengkap.

Cara Menuju Desa Wisata Mangir

Desa Wisata Mangir dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari pusat kota Surabaya, wisatawan dapat naik angkutan umum seperti bus atau taksi online. Waktu tempuh dari Surabaya ke Desa Wisata Mangir sekitar 1 jam.

Jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi, maka dapat mengikuti petunjuk arah ke Desa Wisata Mangir yang terdapat di aplikasi peta seperti Google Maps.

Wisata Lainnya:  Wisata Nglimut Boja: Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Kesimpulan

Desa Wisata Mangir merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Surabaya. Desa ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dan asli serta menjadi tempat untuk mempelajari kearifan lokal masyarakat Jawa Timur. Wisatawan juga dapat mengunjungi tempat wisata di sekitarnya seperti Taman Wisata Selecta dan Taman Safari Prigen. Desa Wisata Mangir dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi Desa Wisata Mangir saat berada di Surabaya.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *