Wisata Bukit Menoreh – Pesona Alam yang Menakjubkan

Posted on

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang memukau, salah satunya adalah Bukit Menoreh. Bukit Menoreh terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bukit ini memiliki keindahan alam yang tak tertandingi, serta sejarah yang menarik.

Keindahan Alam Bukit Menoreh

Bukit Menoreh memiliki pesona alam yang menakjubkan. Bukit ini terdiri dari beberapa puncak yang menawarkan pemandangan indah. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam yang dihiasi dengan pepohonan hijau yang rimbun.

Di puncak-puncak Bukit Menoreh, terdapat beberapa tempat yang menawarkan pemandangan yang indah. Salah satunya adalah Candi Selogriyo. Candi ini terletak di puncak Bukit Menoreh dan menawarkan pemandangan yang luar biasa. Selain itu, di Bukit Menoreh terdapat beberapa air terjun yang menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Wisata Lainnya:  Tempat Makan Murah di Grand Wisata

Sejarah Bukit Menoreh

Bukit Menoreh memiliki sejarah yang menarik. Bukit ini pernah menjadi tempat perlindungan sekaligus tempat berperangnya pasukan perjuangan Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Di Bukit Menoreh, terdapat beberapa gua yang digunakan sebagai tempat perlindungan pasukan perjuangan Indonesia.

Selain itu, Bukit Menoreh juga memiliki sejarah sebagai tempat tinggal Ratu Kalinyamat. Ratu Kalinyamat adalah seorang putri dari Kerajaan Demak yang diangkat menjadi ratu oleh Sultan Agung. Ratu Kalinyamat membangun sebuah istana di Bukit Menoreh sebagai tempat tinggalnya.

Tempat Wisata di Bukit Menoreh

Di Bukit Menoreh, terdapat banyak tempat wisata yang menarik. Selain Candi Selogriyo dan air terjun, terdapat juga beberapa tempat lain yang wajib dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Bukit Menoreh:

1. Gua Jepang

Gua Jepang adalah salah satu gua yang digunakan sebagai tempat perlindungan pada masa penjajahan Jepang. Gua ini memiliki keunikan tersendiri karena terdapat beberapa patung yang dipahat oleh tentara Jepang di dalamnya.

Wisata Lainnya:  Kenali Tempat Wisata Kalimantan Selatan yang Menarik dan Menawan

2. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo adalah gua yang digunakan sebagai tempat perlindungan pada masa penjajahan Belanda. Gua ini memiliki keunikan tersendiri karena terdapat beberapa relief yang dipahat pada dinding gua.

3. Candi Gunung Wukir

Candi Gunung Wukir adalah candi yang terletak di kaki Bukit Menoreh. Candi ini memiliki keunikan tersendiri karena terdapat beberapa relief yang dipahat pada dinding candi.

4. Air Terjun Kalibiru

Air Terjun Kalibiru merupakan air terjun yang terletak di kaki Bukit Menoreh. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki kolam yang dapat digunakan untuk berenang dan bermain air.

Cara Menuju Bukit Menoreh

Untuk menuju ke Bukit Menoreh, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus dari Terminal Magelang ke arah Kecamatan Sawangan dan turun di pertigaan Candi Selogriyo. Kemudian, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau berjalan kaki selama kurang lebih 2 km.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute Magelang – Kecamatan Sawangan – Candi Selogriyo. Kemudian, Anda dapat memarkir kendaraan di area parkir yang tersedia dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2 km.

Wisata Lainnya:  Travel Bandung Bekasi: Exploring the Hidden Gems of West Java

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk Bukit Menoreh bervariasi tergantung tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Untuk Candi Selogriyo, harga tiket masuknya sekitar Rp. 10.000,- per orang. Sedangkan untuk air terjun dan gua, harga tiket masuknya sekitar Rp. 5.000,- per orang.

Bukit Menoreh buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Kesimpulan

Bukit Menoreh adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Memiliki keindahan alam yang mempesona serta sejarah yang menarik. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam, mengunjungi tempat sejarah, dan menikmati berbagai kegiatan wisata. Jangan lupa kunjungi Bukit Menoreh saat berkunjung ke Jawa Tengah.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *