8 Rekomendasi Wisata Dekat Rawa Pening Semarang

8 Rekomendasi Wisata Dekat Rawa Pening Semarang, Pas Dikunjungi buat Liburan

Posted on

Selain Rawa Pening ada sejumlah tempat wisata yang tidak kalah menarik di Semarang yang harus didatangi.

8 Rekomendasi Wisata Dekat Rawa Pening Semarang

Berikut akan membagi daftar tempat wisata di dekat Rawa Pening yang bisa dikunjungi saat liburan atau akhir pekan.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

Dilansir dari situs Heritage Kereta Api Indonesia, Museum Kereta Api (KA) Ambarawa tampilkan koleksi kereta dari periode Hindia Belanda sampai pra kemerdekaan Indonesia yang mencakup fasilitas, prasarana dan peralatan administrasi.

Koleksi yang dapat disaksikan, diantaranya 26 lokomotif uap, empat lokomotif diesel, lima kereta, dan enam gerbong dari berbagai wilayah. Beberapa pengunjung juga bisa nikmati perjalanan rekreasi dengan naik Kereta Api Rekreasi rekanan Ambarawa-Tuntang pulang pergi (PP) dengan lokomotif uap atau kereta diesel vintage.

Disamping

itu ada jalur kereta Api Rekreasi Ambarawa-Jambu-Bedono (PP) yang memakai lokomotif uap bergigi dan melalui rel bergerigi. Rel bergerigi itu sebagai salah satu yang aktif di Indonesia. Untuk yang ingin bertandang ke museum ini lokasinya Jalan Stasiun Nomor 1, Ambarawa, Semarang, Jawa tengah. Dari Eling Bening jaraknya sekitar 2,9 km (km).

  1. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa ialah bangunan sebagai saksi perjuangan Indonesia sesudah kemerdekaan diproklamasikan, diambil dari situs Tubuh Otorita Borobudur. Pembangunan monumen itu dilaksanakan untuk ingat pertarungan pada 12 sampai 15 Desember 1945.

Sepanjang empat hari, rakyat Indonesia menantang tentara sekutu yang masih jadi tahanan Nederlandsch Indische Civil Administration (NICA) untuk menjaga daerahnya.

Dalam

pertarungan yang dipegang oleh Kolonel Sudirman, tentara sekutu pada akhirnya tertekan di Magelang sampai memundurkan diri ke wilayah Ambarawa. Lokasi Monumen Palagan Ambarawa berada di di Jalan Mgr. Sugiyopranoto, Ambarawa, Semarang, Jawa tengah. Bila dari Rawa Pening jaraknya ke arah Monumen Palagan Ambarawa sekitaran 3,4 km.

  1. Eling Bening

Tak jauh dari Rawa Pening atau dalam jarak sekitaran 4,6 km, ada tempat rekreasi namanya Eling Bening. Pelancong tidak cuma dapat nikmati situasi alam yang asri, tapi dapat menyaksikan keelokan Rawa Pening dan Gunung Ungaran. Sarana yang ada lumayan komplit dan pas jadi destinasi berlibur keluarga, seperti kolam renang, cafe, restaurant.

Tempat

restoran di Eling Bening membuka jam 07.00 sampai 18.30 WIB, dan sarananya dibuka jam 07.00 sampai 16.00 WIB. Harga tiket masuk saat weekend atau hari biasa ialah Rp 25.000 dan saat akhir pekan atau akhir minggu jadi Rp 30.000.

  1. Dusun Semilir

Berikutnya ada Dusun Semilir yang berada di tepi jalan khusus Semarang-Solo-Yogyakarta, persisnya berada di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa tengah. Daya magnet khusus rekreasi ini adalah bangunan yang bentuknya seperti stupa Candi Borobudur.

Tempat rekreasi ini tawarkan banyak spot foto instagramable dan beragam sarana menarik seperti Alun Eropa, Alas Tirta, dan Banyu Biru seperti diambil dari situs Desa Sepoi-sepoi. Ada restoran dan pemondokan wujud glamping atau villa yang menawarkan panorama indah bukit-bukit di trattoria Semarang.

    start="5">
  1. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran berada tidak sangat jauh dari Rawa Pening. Jaraknya kurang lebih 9,4 km. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam, menelusuri kebun kopi, dan nikmati kegiatan luar ruangan.

Ada tujuh gunung yang dapat disaksikan dari tempat ini, yaitu Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Pengunjung bisa juga menikmati panorama Rawa Pening langsung, satu diantaranya di restaurant Sky View. Lokasi Kampoeng Kopi Banaran berada di Jalan Raya Bawen – Solo km 1,5 Bawen, Semarang, Jawa tengah.

    start="6">
  1. Cimory on the Valley Semarang

Wisatawan yang berkunjung ke Semarang saat akhir minggu atau musim berlibur dapat tiba ke Cimory on the Valley. Tempat rekreasi yang sudah dibuka semenjak 2020 ini mempunyai banyak selingan menarik dan hebat.

Ada beberapa sarana pembelajaran, menunggang kuda, tour memerah susu sapi, dan memberikan makanan ternak. Ongkos masuknya ke Dairyland atau mini zoo ialah Rp 15.000, dan masuk ke Minimania atau taman miniatur dunia dikenakan ongkos Rp 25.000.

Bila pilih paket combo untuk masuk ke Dairyland dan Minimania, harga tiketnya tambah murah yaitu Rp 35.000. Cimory On The Valley berada di Jalan Soekarno Hatta Nomor km 30, Bergas, Semarang, Jawa tengah. Dari Rawa Pening jaraknya sekitar 10,9 km.

    start="7">
  1. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park menawarkan banyak sarana pemikat buat semua usia, seperti rekreasi pembelajaran dan beberapa sarana yang memicu adrenalin. Beberapa sarana yang dapat dicoba seperti Zone Kamayayi, Zone Ararya, Zone Segara Prada, Zona Pesisir, dan Zone Belantara.

Mulai dibuka jam 10.00 sampai 18.00 WIB untuk Senin sampai Kamis dan saat Jumat dapat didatangi pada jam 12.00 sampai 19.00 WIB. Sementara pada Sabtu dan Minggu dan hari liburan nasional, dapat didatangi pada jam 10.00 sampai 19.00 WIB. Harga tiket masuknya saat hari biasa ialah Rp 120.000 dan saat akhir minggu dan liburan nasional jadi Rp 150.000.

    start="8">
  1. Taman Bunga Celosia

Semarang punya sebuah taman indah dan jadi destinasi favorit untuk banyak pelancong. Namanya ialah Taman Bunga Celosia atau New Celosia. Taman Bunga Celosia berada di Jalan Hadiningrat, Bandungan, Semarang, Jawa tengah. Jaraknya dari Rawa Pening sekitaran 13,4 km.

Taman Bunga Celosia mempunyai koleksi berbagai tipe bunga yang ditanamkan secara rapi membuat taman yang indah. Kegiatan di tempat rekreasi ini tidak terus-terusan menyaksikan bunga, tetapi tiap tamannya mempunyai topik berlainan yang memikat, seperti Little Italia, Little Korea, dan Marine Park.

Bila capek jalan dan berkeliling-keliling, pengunjung dapat singgah ke cafe yang sediakan bermacam menu dan minuman. Tiap hari dibuka pada jam 08.00 sampai dengan17.00 WIB. Harga tiketnya saat weekday adalah Rp 20.000 dan saat akhir pekan adalah Rp 25.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.