10 Tempat Wisata di Agra yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Agra memang tak bisa dilewatkan begitu saja jika Anda berkunjung ke India. Kota ini terkenal sebagai tempat berdirinya bangunan megah, Taj Mahal, yang diakui sebagai salah satu keajaiban dunia. Namun, Agra punya banyak tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berikut 10 tempat wisata di Agra yang wajib Anda kunjungi:

1. Taj Mahal

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Agra tanpa mengunjungi Taj Mahal. Bangunan megah ini merupakan monumen cinta dari Kaisar Mughal, Shah Jahan, untuk istrinya yang meninggal dunia. Dibangun pada abad ke-17, Taj Mahal diakui sebagai salah satu keajaiban dunia dan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Agra Fort

Agra Fort terletak di sebelah barat daya Taj Mahal dan merupakan salah satu bangunan Mughal terbesar di India. Dibangun pada abad ke-16, Agra Fort dulunya menjadi pusat pemerintahan Kekaisaran Mughal dan kini menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Wisata Lainnya:  5 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Puncak Bogor

3. Fatehpur Sikri

Fatehpur Sikri adalah kota kuno yang dibangun pada abad ke-16 oleh Kaisar Mughal, Akbar. Kota ini merupakan contoh arsitektur Mughal yang indah dan kaya akan sejarah. Fatehpur Sikri terletak sekitar 35 kilometer dari Agra dan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Jama Masjid

Jama Masjid adalah masjid terbesar di Agra dan dibangun pada abad ke-17 oleh Kaisar Shah Jahan. Masjid ini memiliki arsitektur yang menakjubkan dan menjadi salah satu tempat wisata religius yang populer di Agra.

5. Tomb of Itimad-ud-Daulah

Tomb of Itimad-ud-Daulah adalah makam yang dibangun untuk Mirza Ghiyas Beg, kakek dari Mumtaz Mahal, istri Shah Jahan. Makam ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang populer di Agra.

6. Mehtab Bagh

Mehtab Bagh adalah taman yang terletak di seberang sungai Yamuna dari Taj Mahal. Taman ini menawarkan pemandangan yang indah dari Taj Mahal dan menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati matahari terbenam.

Wisata Lainnya:  Wisata Sumenep: Terletak di Ujung Timur Pulau Madura

7. Guru Ka Taal

Guru Ka Taal adalah sebuah kolam di Agra yang merupakan tempat suci bagi umat Sikh. Kolam ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi salah satu tempat wisata religius yang populer di Agra.

8. Chini Ka Rauza

Chini Ka Rauza adalah makam yang dibangun untuk seorang politikus dan penyair Mughal, Allama Afzal Khan. Makam ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang populer di Agra.

9. Mankameshwar Temple

Mankameshwar Temple adalah kuil Hindu yang terletak di pusat kota Agra. Kuil ini didedikasikan untuk dewa Siwa dan menjadi salah satu tempat wisata religius yang populer di Agra.

10. Mariam’s Tomb

Mariam’s Tomb adalah makam yang dibangun untuk istri Kaisar Akbar, Mariam-uz-Zamani. Makam ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang populer di Agra.

Kesimpulan

Itulah 10 tempat wisata di Agra yang wajib Anda kunjungi. Dari bangunan megah hingga tempat suci, semua bisa Anda nikmati di kota ini. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan Anda dengan baik dan menikmati keindahan Agra dengan tenang dan santai.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *