Tempat Wisata di Bontang Kaltim: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

Posted on

Bontang merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Meskipun tergolong kecil, kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bontang Kaltim yang bisa menjadi pilihan untuk liburan Anda.

Pantai Beras Basah

Pantai Beras Basah merupakan objek wisata yang terletak di Desa Batu Timbang, Kecamatan Bontang Selatan. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas berupa gazebo dan area parkir. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjemur atau bermain air. Bagi yang ingin bermalam, tersedia juga penginapan yang bisa disewa.

Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai merupakan hutan tropis yang terletak di Desa Bangkirai, Kecamatan Samboja. Hutan ini terkenal dengan jembatan gantungnya yang panjangnya mencapai 64 meter. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam flora dan fauna yang bisa menjadi objek fotografi yang menarik. Tidak hanya itu, bagi yang suka dengan olahraga tracking, Bukit Bangkirai juga menyediakan rute tracking yang menantang.

Kampung Budaya Kenyah

Kampung Budaya Kenyah merupakan objek wisata yang berada di Desa Pimping, Kecamatan Segah. Di sini, Anda bisa belajar tentang budaya Kenyah yang kaya dan unik. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai macam kerajinan tangan khas Kenyah, seperti tikar, anyaman, dan patung kayu. Bagi yang ingin bermalam, tersedia juga homestay yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau.

Taman Wisata Alam Kutai

Taman Wisata Alam Kutai merupakan tempat wisata yang terletak di Desa Muara Wahau, Kecamatan Muara Wahau. Di tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan alam serta berbagai macam aktivitas outdoor, seperti camping, hiking, dan bermain air. Taman Wisata Alam Kutai juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti pondok-pondok untuk bermalam, kantin, dan toilet.

Bukit Pelangi

Bukit Pelangi merupakan objek wisata yang terletak di Desa Sambutan, Kecamatan Bontang Utara. Bukit ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah. Selain itu, bukit ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti gazebo dan area parkir. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen indah ini.

Wisata Lainnya:  Wisata di Rusia - Menikmati Keindahan Negara Terluas di Dunia

Kolam Renang Hydro Adventure

Kolam Renang Hydro Adventure merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Di sini, Anda bisa bermain air dengan berbagai macam permainan seperti water slide, water boom, dan kolam arus. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas lain seperti kantin dan area parkir.

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman merupakan museum yang berada di Jalan MT Haryono, Bontang. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi sejarah dan budaya dari Kalimantan Timur. Di sini, Anda bisa melihat berbagai macam benda kuno, seperti patung kayu, senjata tradisional, dan pakaian adat. Museum Mulawarman juga dilengkapi dengan fasilitas seperti kantin dan area parkir.

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan pulau kecil yang terletak di Teluk Balikpapan. Di pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan pantai dan laut yang jernih. Selain itu, di sini juga tersedia fasilitas seperti gazebo dan area parkir. Bagi yang ingin bermalam, tersedia juga homestay yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau.

Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Bontang Selatan. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam fasilitas seperti gazebo, area parkir, dan kolam renang. Pantai Tanjung Batu juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati sunset yang indah.

Air Terjun Tepian Angin

Air Terjun Tepian Angin merupakan objek wisata yang terletak di Desa Tepian Angin, Kecamatan Muara Badak. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan airnya yang jernih. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam sekaligus bermain air. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat area parkir dan warung makan.

Pantai Boom Baru

Pantai Boom Baru merupakan objek wisata yang terletak di Desa Baru, Kecamatan Bontang Barat. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam fasilitas seperti gazebo, area parkir, dan toilet. Pantai Boom Baru juga cocok untuk menikmati sunset yang indah.

Gunung Elai

Gunung Elai merupakan gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Berau. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.168 mdpl dan merupakan gunung yang cukup menantang untuk didaki. Namun, pemandangan dari puncaknya sangat indah dan patut untuk dinikmati. Gunung Elai juga dilengkapi dengan fasilitas seperti pondok-pondok untuk bermalam dan area parkir.

Wisata Lainnya:  Wisata Baletani: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

Taman Kota Bontang

Taman Kota Bontang merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Di sini, terdapat berbagai macam permainan seperti ayunan, perosotan, dan jungle gym. Selain itu, di taman ini juga terdapat kolam ikan yang bisa menjadi objek fotografi yang menarik. Taman Kota Bontang juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet dan area parkir.

Air Terjun Lamin Etam

Air Terjun Lamin Etam merupakan objek wisata yang terletak di Desa Air Putih, Kecamatan Muara Ancalong. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan airnya yang jernih. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam sekaligus bermain air. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat area parkir dan warung makan.

Pantai Teluk Senipah

Pantai Teluk Senipah merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Bontang Utara. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam fasilitas seperti gazebo, area parkir, dan toilet. Pantai Teluk Senipah juga cocok untuk menikmati sunset yang indah.

Desa Wisata Pimping

Desa Wisata Pimping merupakan objek wisata yang berada di Kecamatan Segah. Di sini, Anda bisa belajar tentang budaya Dayak Pimping yang kaya dan unik. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai macam kerajinan tangan khas Dayak Pimping, seperti tikar, anyaman, dan patung kayu. Bagi yang ingin bermalam, tersedia juga homestay yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau.

Taman Wisata Alam Sembilang

Taman Wisata Alam Sembilang merupakan tempat wisata yang terletak di Desa Sembilang, Kecamatan Kota Bangun. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam serta berbagai macam aktivitas outdoor, seperti camping, hiking, dan bermain air. Taman Wisata Alam Sembilang juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti pondok-pondok untuk bermalam, kantin, dan toilet.

Desa Wisata Tahura

Desa Wisata Tahura merupakan objek wisata yang berada di Kecamatan Muara Ancalong. Di sini, Anda bisa belajar tentang budaya Dayak Tahura yang kaya dan unik. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai macam kerajinan tangan khas Dayak Tahura, seperti tikar, anyaman, dan patung kayu. Bagi yang ingin bermalam, tersedia juga homestay yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau.

Taman Rekreasi Gunung Merah

Taman Rekreasi Gunung Merah merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Di sini, terdapat berbagai macam permainan seperti ayunan, perosotan, dan jungle gym. Selain itu, di taman ini juga terdapat kolam ikan yang bisa menjadi objek fotografi yang menarik. Taman Rekreasi Gunung Merah juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet dan area parkir.

Wisata Lainnya:  Budget Wisata ke Lombok: Menikmati Indahnya Pantai di Sisi Timur Indonesia

Pantai Batu Ampar

Pantai Batu Ampar merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Bontang Barat. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam fasilitas seperti gazebo, area parkir, dan toilet. Pantai Batu Ampar juga cocok untuk menikmati sunset yang indah.

Desa Wisata Dayak Jontona

Desa Wisata Dayak Jontona merupakan objek wisata yang berada di Kecamatan Telen. Di sini, Anda bisa belajar tentang budaya Dayak Jontona yang kaya dan unik. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai macam kerajinan tangan khas Dayak Jontona, seperti tikar, anyaman, dan patung kayu. Bagi yang ingin bermalam, tersedia juga homestay yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau.

Kolam Renang Taman Sari

Kolam Renang Taman Sari merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Di sini, Anda bisa berenang di kolam renang yang bersih dan nyaman. Selain itu, di kolam renang ini juga tersedia fasilitas lain seperti kantin dan area parkir.

Bukit Karang Indah

Bukit Karang Indah merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Bontang Utara. Bukit ini terkenal dengan pemandangan lautnya yang sangat indah. Selain itu, bukit ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti gazebo dan area parkir. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen indah ini.

Pantai Sanggam

Pantai Sanggam merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Bontang Selatan. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam fasilitas seperti gazebo, area parkir, dan toilet. Pantai Sanggam juga cocok untuk menikmati sunset yang indah.

Pantai Teluk Balikpapan

Pantai Teluk Balikpapan merupakan objek wisata yang terletak di Kota Balikpapan. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam fasilitas seperti gazebo, area parkir, dan toilet. Pantai Teluk Balikpapan juga cocok untuk menikmati sunset yang indah.

Taman Rekreasi Permata Bunda
Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *