10 Objek Wisata di Sumbar yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak objek wisata menarik. Mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, hingga budaya, semuanya dapat ditemukan di Sumbar. Berikut ini adalah 10 objek wisata di Sumbar yang wajib dikunjungi.

1. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan salah satu objek wisata terkenal di Sumbar. Danau ini terletak di Bukittinggi dan dikelilingi oleh pegunungan yang hijau. Keindahan Danau Maninjau dapat dinikmati dengan berkeliling menggunakan sepeda motor atau mobil. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas Sumbar di sekitar Danau Maninjau.

2. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung merupakan istana kuno yang terletak di Kabupaten Tanah Datar. Istana ini menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik di Sumbar. Wisatawan dapat melihat langsung keindahan arsitektur tradisional Minangkabau dari Istana Pagaruyung.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki, Sejarah, Harga dan Jam Operasional

3. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah yang terletak di Bukittinggi. Lembah ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki pemandangan alam yang indah. Wisatawan dapat menjelajahi Ngarai Sianok dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

4. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis merupakan salah satu pantai terkenal di Sumbar. Pantai ini terletak di Padang dan memiliki pasir yang putih serta air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas Padang di sekitar Pantai Air Manis.

5. Jam Gadang

Jam Gadang merupakan sebuah monumen jam besar yang terletak di pusat kota Bukittinggi. Jam Gadang menjadi salah satu ikon dari kota Bukittinggi dan menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan.

6. Kelok 9

Kelok 9 merupakan sebuah jalan berliku yang terletak di Payakumbuh. Jalan ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki pemandangan alam yang indah. Kelok 9 menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam.

7. Puncak Lawang

Puncak Lawang merupakan sebuah bukit yang terletak di Agam. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Puncak Lawang menjadi salah satu objek wisata yang cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Sumbar.

Wisata Lainnya:  Wisata Pulau Cemara Sawojajar Brebes: Pesona Alam yang Menakjubkan

8. Pantai Carocok

Pantai Carocok merupakan salah satu pantai terkenal di Painan. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Wisatawan juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Sumbar di sekitar Pantai Carocok.

9. Jam Gadang Solok

Jam Gadang Solok merupakan sebuah monumen jam besar yang terletak di pusat kota Solok. Jam Gadang Solok menjadi salah satu ikon dari kota Solok dan menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan.

10. Istana Basa Pagaruyung

Istana Basa Pagaruyung merupakan sebuah istana kuno yang terletak di Kabupaten Tanah Datar. Istana ini menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik di Sumbar. Wisatawan dapat melihat langsung keindahan arsitektur tradisional Minangkabau dari Istana Basa Pagaruyung.

Sumatera Barat memiliki banyak objek wisata menarik yang dapat dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, hingga budaya, semuanya dapat ditemukan di Sumbar. Berikut ini adalah 10 objek wisata di Sumbar yang wajib dikunjungi: Danau Maninjau, Istana Pagaruyung, Ngarai Sianok, Pantai Air Manis, Jam Gadang, Kelok 9, Puncak Lawang, Pantai Carocok, Jam Gadang Solok, dan Istana Basa Pagaruyung. Semoga informasi ini dapat membantu wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka ke Sumbar.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *