Wisata Tabalong: Pesona Alam yang Mengagumkan

Posted on

Tabalong, Surganya Wisata Alam

Tabalong adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang menyimpan sejuta keindahan alam. Dari hutan tropis, perbukitan, hingga air terjun, semuanya ada di sini. Tak heran jika wisata Tabalong menjadi incaran para traveler yang ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda.

Keindahan Hutan Tropis di Tabalong

Salah satu daya tarik wisata Tabalong adalah hutan tropisnya yang masih terjaga dengan baik. Anda bisa menjelajahi hutan ini dengan berjalan kaki, atau menggunakan kendaraan off-road untuk merasakan sensasi yang lebih menantang. Di dalam hutan, Anda akan menemukan banyak keindahan seperti tanaman tropis, satwa liar dan sungai yang jernih.

Menyusuri Sungai Tabalong dengan Perahu Dayung

Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan alam Tabalong dari sisi yang berbeda, menyusuri sungai Tabalong dengan perahu dayung adalah pilihan yang tepat. Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang memukau seperti perbukitan, hutan dan juga air terjun. Tak lupa, Anda juga bisa berinteraksi dengan masyarakat yang hidup di sepanjang sungai.

Menikmati Keindahan Air Terjun di Tabalong

Wisata Tabalong juga terkenal dengan keindahan air terjunnya. Salah satu yang paling terkenal adalah air terjun Tanjung Lokang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuatnya tampak semakin indah. Anda bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun ini sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Menjelajahi Perkebunan Kelapa Sawit

Tabalong juga terkenal dengan perkebunan kelapa sawitnya yang luas. Jika Anda ingin merasakan sensasi berada di tengah-tengah perkebunan kelapa sawit, Anda bisa mengunjungi Desa Handil Bakti. Di sini, Anda bisa menjelajahi perkebunan kelapa sawit yang luas dan juga belajar bagaimana cara mengolah kelapa sawit menjadi berbagai produk olahan.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata di Gisting Tanggamus

Menikmati Kuliner Khas Tabalong

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Tabalong tanpa mencicipi kuliner khasnya. Ada banyak kuliner khas Tabalong yang patut Anda coba, seperti sate kelapa, sate panggang, dan juga nasi kuning Tabalong. Semua kuliner ini memiliki rasa yang unik dan takkan bisa Anda temukan di tempat lain.

Berkunjung ke Desa Adat Tabalong

Tabalong juga memiliki desa adat yang masih terjaga dengan baik. Anda bisa berkunjung ke Desa Muara Uya untuk merasakan suasana desa adat yang masih asri dan alami. Di sini, Anda bisa berinteraksi dengan masyarakat setempat dan juga belajar tentang adat istiadat mereka.

Menjelajahi Goa Batu Licin

Goa Batu Licin adalah salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Tabalong. Goa ini memiliki panjang sekitar 4 kilometer dan memiliki banyak stalaktit dan stalagmit yang indah. Anda bisa menjelajahi goa ini dengan bantuan pemandu lokal yang akan membawa Anda ke berbagai spot indah di dalam goa.

Berkunjung ke Pusat Kerajinan Batik Tabalong

Tabalong juga terkenal dengan kerajinan batiknya yang indah. Jika Anda ingin melihat langsung proses pembuatan batik Tabalong dan juga membeli batik asli dari Tabalong, Anda bisa berkunjung ke Pusat Kerajinan Batik Tabalong yang terletak di Kecamatan Haruai.

Menjelajahi Gunung Batu Bulan

Gunung Batu Bulan adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Tabalong dan Tanah Bumbu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda bisa menjelajahi gunung ini dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan off-road.

Menikmati Sunset di Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang adalah pantai yang terletak di desa Bintang Ara. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, terlebih saat matahari terbenam. Anda bisa menikmati sensasi sunset yang indah sambil menikmati kuliner khas pantai seperti ikan bakar dan kelapa muda.

Menikmati Keindahan Danau Melintang

Danau Melintang adalah danau buatan yang terletak di Desa Bintang Ara. Danau ini memiliki luas sekitar 100 hektar dan dikelilingi oleh hutan tropis yang masih sangat alami. Anda bisa menikmati keindahan danau ini sambil menikmati suasana alam yang tenang dan damai.

Berkunjung ke Desa Wisata Pengaron

Desa Pengaron adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Muara Uya. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, Anda juga bisa belajar tentang cara membuat gula aren dan juga berbagai kerajinan tangan.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Wisata Telomoyo di Semarang

Menikmati Keindahan Hutan Pinus di Bukit Raya

Bukit Raya adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Tabalong. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan hutan pinus yang hijau dan sejuk. Anda juga bisa berkemah di sini dan menikmati suasana alam yang tenang dan damai.

Berkunjung ke Taman Nasional Meratus

Taman Nasional Meratus adalah taman nasional yang terletak di Kalimantan Selatan. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 1.000 kilometer persegi dan memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Anda bisa menjelajahi taman nasional ini dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan off-road.

Menjelajahi Hutan Pinus di Bukit Batu

Bukit Batu adalah tempat wisata yang terkenal di Tabalong. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan hutan pinus yang hijau dan sejuk. Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar bukit dan menikmati suasana alam yang tenang dan damai.

Berkunjung ke Desa Pengalangan

Desa Pengalangan adalah desa yang terletak di Kecamatan Upau. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, Anda juga bisa belajar tentang cara membuat kerajinan tangan dari kayu dan juga berbagai kerajinan lainnya.

Berkunjung ke Desa Tanjung

Desa Tanjung adalah desa yang terletak di Kecamatan Pugaan. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, Anda juga bisa belajar tentang cara membuat batik dan juga berbagai kerajinan tangan lainnya.

Menikmati Keindahan Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan adalah waduk buatan yang terletak di Kecamatan Haruai. Waduk ini memiliki luas sekitar 2.500 hektar dan terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Anda bisa menikmati keindahan waduk ini dengan berjalan-jalan di sekitar waduk atau melakukan berbagai aktivitas air seperti berenang dan memancing.

Berkunjung ke Desa Wisata Teluk Tiram

Desa Teluk Tiram adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Tanta. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, Anda juga bisa belajar tentang cara membuat kerajinan tangan dari bambu dan juga berbagai kerajinan lainnya.

Menikmati Keindahan Hutan Pinus di Bukit Rantau

Bukit Rantau adalah tempat wisata yang terkenal di Tabalong. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan hutan pinus yang hijau dan sejuk. Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar bukit dan menikmati suasana alam yang tenang dan damai.

Berkunjung ke Desa Wisata Tanjung Aru

Desa Tanjung Aru adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Haruai. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, Anda juga bisa belajar tentang cara membuat kerajinan tangan dari kayu dan juga berbagai kerajinan lainnya.

Wisata Lainnya:  Rental Mobil Makassar: Menyewa Mobil di Makassar dengan Mudah dan Praktis

Berkunjung ke Desa Wisata Dayak

Desa Wisata Dayak adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Muara Uya. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, Anda juga bisa belajar tentang budaya dan adat istiadat suku Dayak yang masih terjaga dengan baik.

Menikmati Keindahan Air Terjun Loksado

Air Terjun Loksado adalah air terjun yang terletak di Loksado, Kecamatan Batu Benawa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuatnya tampak semakin indah. Anda bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun ini sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Berkunjung ke Desa Wisata Muara Jawa

Desa Muara Jawa adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Murung Pudak. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, Anda juga bisa belajar tentang cara membuat kerajinan tangan dari bambu dan juga berbagai kerajinan lainnya.

Menikmati Keindahan Danau Mantin

Danau Mantin adalah danau buatan yang terletak di Kecamatan Haruai. Danau ini memiliki luas sekitar 20 hektar dan dikelilingi oleh hutan tropis yang masih sangat alami. Anda bisa menikmati keindahan danau ini sambil menikmati suasana alam yang tenang dan damai.

Berkunjung ke Desa Wisata Kandang Jaya

Desa Kandang Jaya adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Upau. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, Anda juga bisa belajar tentang cara membuat kerajinan tangan dari kayu dan juga berbagai kerajinan lainnya.

Menikmati Keindahan Air Terjun Haratai

Air Terjun Haratai adalah air terjun yang terletak di Kecamatan Pugaan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuatnya tampak semakin indah. Anda bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun ini sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Berkunjung ke Desa Wisata Batu Ampar

Desa Batu Ampar adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Muara Uya. Di sini, Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, Anda juga bisa belajar tentang cara membuat kerajinan tangan dari kayu dan juga berbagai kerajinan lainnya.

Menjelajahi Hutan Mangrove di Muara Pahu

Post Lainnya: