Wisata Surabaya Barat: Menikmati Pesona Alam dan Budaya

Posted on

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Salah satu kawasan yang tak boleh dilewatkan adalah Surabaya Barat. Terletak di sebelah barat kota Surabaya, kawasan ini menawarkan pesona alam dan budaya yang memikat. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Surabaya Barat.

1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda adalah kawasan konservasi seluas 605 hektar yang terletak di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan segar. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih, mulai dari yang mudah hingga yang sulit. Selain itu, di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda juga terdapat berbagai macam flora dan fauna yang menarik untuk dipelajari.

2. Kampung Arab

Kampung Arab adalah kawasan yang kental dengan nuansa Timur Tengah. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai kuliner khas Arab, seperti kebab, shawarma, dan hummus. Selain itu, ada juga toko-toko yang menjual berbagai barang antik dan suvenir yang unik. Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan musik tradisional Arab yang sering diadakan di kawasan ini.

3. Gereja Katolik Santa Perawan Maria Bunda Pemersatu Umat Kristiani

Gereja Katolik Santa Perawan Maria Bunda Pemersatu Umat Kristiani, atau lebih dikenal dengan nama Gereja Kalijudan, adalah salah satu gereja terbesar dan termegah di Surabaya. Gereja ini memiliki arsitektur yang indah dan megah, dengan interior yang dilengkapi dengan patung-patung dan lukisan-lukisan religius yang menakjubkan. Selain sebagai tempat ibadah, Gereja Kalijudan juga menjadi destinasi wisata religi yang populer di Surabaya.

4. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran adalah salah satu pantai terpopuler di Surabaya. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut yang indah dan menikmati berbagai jenis makanan laut yang segar. Ada juga wahana permainan air yang seru, seperti banana boat, jet ski, dan parasailing. Bagi yang ingin menginap, di sekitar Pantai Kenjeran juga terdapat berbagai jenis akomodasi, mulai dari hotel hingga homestay.

Wisata Lainnya:  Bukit Bintang Jogja: Keindahan Alam yang Mempesona di Tengah Kota

5. Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia. Masjid ini memiliki arsitektur yang megah dan modern, dengan kubah berdiameter 26 meter dan menara setinggi 99 meter. Di dalam masjid, pengunjung bisa melihat berbagai macam hiasan dan ukiran yang indah, serta menikmati keindahan taman-taman di sekitarnya. Masjid Al-Akbar Surabaya juga sering dijadikan tempat berbagai acara keagamaan dan budaya.

6. Museum Kapal Selam

Museum Kapal Selam adalah museum yang terletak di atas kapal selam KRI Pasopati 410. Di sini, pengunjung bisa melihat langsung bagaimana kehidupan di kapal selam dan berbagai peralatan yang digunakan di dalamnya. Selain itu, di Museum Kapal Selam juga terdapat berbagai informasi sejarah tentang kapal selam dan peranannya dalam pertahanan negara.

7. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung adalah klenteng terbesar dan termegah di Surabaya. Klenteng ini memiliki arsitektur yang indah dan penuh warna, dengan dekorasi yang kental dengan nuansa Tionghoa. Di dalam klenteng, pengunjung bisa melihat berbagai patung-patung dewa dan ukiran-ukiran yang menakjubkan. Klenteng Sanggar Agung juga sering dijadikan tempat berbagai acara keagamaan dan budaya.

8. Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah taman kota yang terletak di kawasan Darmo, Surabaya. Taman ini memiliki luas sekitar 11 hektar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti kolam renang, lapangan basket, dan area bermain anak. Di sini, pengunjung bisa menikmati udara segar dan berolahraga di pagi atau sore hari. Taman Bungkul juga sering dijadikan tempat berbagai acara seni dan budaya.

9. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam adalah monumen yang didirikan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran di laut. Monumen ini berbentuk kapal selam yang diletakkan di atas bangunan setinggi 45 meter. Di dalam monumen, pengunjung bisa melihat berbagai informasi sejarah tentang pertempuran laut dan peran kapal selam dalam pertahanan negara.

10. Pusat Grosir Surabaya (PGS)

Pusat Grosir Surabaya (PGS) adalah pusat perbelanjaan yang terkenal di Surabaya. Di sini, pengunjung bisa membeli berbagai macam barang dengan harga yang terjangkau, mulai dari pakaian hingga aksesoris. PGS juga memiliki berbagai fasilitas, seperti tempat parkir yang luas dan area makan yang lengkap. Bagi yang suka berbelanja, PGS adalah tempat yang wajib dikunjungi di Surabaya Barat.

Wisata Lainnya:  Wisata Edukasi di Batu: Menikmati Liburan Sambil Belajar

11. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah kebun binatang terbesar di Indonesia. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai macam hewan dari seluruh dunia, mulai dari yang langka hingga yang sudah punah. Selain itu, di Kebun Binatang Surabaya juga terdapat berbagai fasilitas, seperti wahana permainan anak dan tempat makan. Bagi yang ingin mengajak anak-anak berlibur, Kebun Binatang Surabaya adalah tempat yang sangat cocok.

12. Gereja Katolik Santo Yoseph Pekerja

Gereja Katolik Santo Yoseph Pekerja adalah gereja yang terletak di kawasan Ngagel, Surabaya. Gereja ini memiliki arsitektur yang megah dan indah, dengan interior yang dilengkapi dengan patung-patung dan lukisan-lukisan religius yang menakjubkan. Selain sebagai tempat ibadah, Gereja Santo Yoseph Pekerja juga menjadi destinasi wisata religi yang populer di Surabaya.

13. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular adalah museum yang terletak di kawasan Taman Surya, Surabaya. Museum ini berisi berbagai macam koleksi sejarah dan budaya, seperti prasasti, arca, dan senjata tradisional. Di sini, pengunjung bisa belajar tentang sejarah Jawa Timur dan kebudayaannya yang kaya.

14. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia adalah museum yang terletak di kawasan Tunjungan, Surabaya. Museum ini berisi berbagai macam koleksi sejarah dan budaya terkait perbankan, seperti uang kertas dan logam dari masa lalu. Di sini, pengunjung bisa belajar tentang sejarah perbankan di Indonesia dan bagaimana peran Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi negara.

15. Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel adalah makam yang terletak di kawasan Ampel, Surabaya. Sunan Ampel adalah salah satu dari sembilan wali songo yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. Di sini, pengunjung bisa berziarah dan menghormati jasa-jasa Sunan Ampel dalam menyebarkan agama Islam di Jawa Timur.

16. Taman Flora Bratang

Taman Flora Bratang adalah taman kota yang terletak di kawasan Bratang, Surabaya. Taman ini memiliki luas sekitar 9 hektar dan dilengkapi dengan berbagai macam tumbuhan dan bunga yang indah. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan belajar tentang berbagai macam tumbuhan dan bunga.

17. Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo adalah masjid yang terletak di kawasan Gubeng, Surabaya. Masjid ini memiliki arsitektur yang megah dan indah, dengan dekorasi yang kental dengan nuansa Tionghoa. Di dalam masjid, pengunjung bisa melihat berbagai patung-patung dewa dan ukiran-ukiran yang menakjubkan. Masjid Cheng Hoo juga sering dijadikan tempat berbagai acara keagamaan dan budaya.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Pasar Kemis Tangerang: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Lokal

18. Monumen Bambu Runcing

Monumen Bambu Runcing adalah monumen yang didirikan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Surabaya. Monumen ini berbentuk bambu runcing yang diletakkan di atas bangunan setinggi 10 meter. Di dalam monumen, pengunjung bisa melihat berbagai informasi sejarah tentang Pertempuran Surabaya dan peran rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan.

19. Museum Sampoerna

Museum Sampoerna adalah museum yang terletak di kawasan Old Surabaya, Surabaya. Museum ini berisi berbagai macam koleksi sejarah dan budaya terkait industri rokok di Indonesia, terutama rokok kretek. Di sini, pengunjung bisa belajar tentang sejarah rokok kretek dan bagaimana proses pembuatannya.

20. Pusat Grosir Semen Gresik

Pusat Grosir Semen Gresik adalah pusat perbelanjaan yang terkenal di Surabaya. Di sini, pengunjung bisa membeli berbagai macam produk semen dan bahan bangunan dengan harga yang terjangkau. Pusat Grosir Semen Gresik juga memiliki berbagai fasilitas, seperti tempat parkir yang luas dan area makan yang lengkap.

21. Masjid Agung Jami’ Al Akbar

Masjid Agung Jami’ Al Akbar adalah masjid yang terletak di kawasan Pagesangan, Surabaya. Masjid ini memiliki arsitektur yang megah dan indah, dengan kubah berdiameter 27 meter dan menara setinggi 99 meter. Di dalam masjid, pengunjung bisa melihat berbagai hiasan dan ukiran yang indah, serta menikmati keindahan taman-taman di sekitarnya. Masjid Agung Jami’ Al Akbar juga sering dijadikan tempat berbagai acara keagamaan dan budaya.

22. Monumen Kapal Van Der Wijck

Monumen Kapal Van Der Wijck adalah monumen yang didirikan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam tragedi tenggelamnya kapal Van Der Wijck pada tahun 1936. Monumen ini berbentuk kapal yang diletakkan di atas bangunan setinggi 25 meter. Di dalam monumen, pengunjung bisa melihat berbagai informasi sejarah tentang tragedi kapal Van Der Wijck dan heroisme para korban.

23. Gereja Katolik Santo Antonius Padua

Gereja Katolik Santo Antonius Padua adalah gereja yang terletak di kawasan Ketabang, Surabaya. Gereja ini memiliki arsitektur yang megah dan indah, dengan interior yang dilengkapi dengan patung-patung dan lukisan-lukisan relig

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *