Wisata Sumenep Terbaru: Berlibur Seru di Destinasi Baru di Timur Jawa

Posted on

Sumenep, sebuah kabupaten di ujung timur Pulau Jawa, kini memiliki destinasi wisata terbaru yang menarik untuk dikunjungi. Berbagai objek wisata baru bermunculan di Sumenep, menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda dari biasanya. Jika Anda mencari destinasi liburan yang belum terlalu ramai dan masih asri, Sumenep bisa jadi pilihan yang tepat. Berikut ini beberapa wisata Sumenep terbaru yang patut Anda kunjungi.

1. Pantai Lombang

Pantai Lombang merupakan salah satu pantai baru yang dibuka di Sumenep. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, sehingga cocok untuk berenang atau sekedar berjemur. Di sekitar pantai juga terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman, sehingga Anda tidak perlu khawatir kekurangan persediaan. Selain itu, di Pantai Lombang juga terdapat spot foto yang instagramable, seperti ayunan di tengah laut dan jembatan kayu.

2. Taman Bunga Maria

Taman Bunga Maria merupakan taman bunga terbesar di Sumenep. Di taman ini, Anda bisa melihat berbagai jenis bunga yang indah, seperti mawar, melati, dan anggrek. Selain itu, di Taman Bunga Maria juga terdapat gazebo dan jalur jogging yang bisa digunakan untuk berolahraga atau bersantai. Taman Bunga Maria juga cocok untuk dijadikan tempat foto prewedding atau foto keluarga.

3. Taman Lampion

Taman Lampion Sumenep adalah taman lampion terbesar di Indonesia. Di taman ini, Anda bisa melihat ratusan lampion yang terbuat dari kertas dan bambu. Ada berbagai bentuk dan warna lampion yang indah, seperti lampion burung hantu, lampion kuda, dan lampion bunga. Dalam acara tertentu, di Taman Lampion juga digelar pertunjukan musik dan tari yang menarik.

4. Air Terjun Kali Ulu

Air Terjun Kali Ulu merupakan air terjun baru yang berada di tengah hutan tropis. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melewati jalur yang cukup menantang, namun pemandangan yang ditemui sepanjang perjalanan akan membuat lelah Anda terbayar. Setibanya di Air Terjun Kali Ulu, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, yaitu air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter. Di sekitar air terjun, terdapat kolam alami yang cocok untuk berenang atau sekedar bermain air.

Wisata Lainnya:  Wisata Aceh Timur: Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan

5. Goa Pote Gede

Goa Pote Gede adalah gua besar yang berada di Desa Pote Gede, Sumenep. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan lebar sekitar 5 meter. Di dalam gua, Anda bisa melihat stalagtit dan stalagmit yang indah, serta semut merah yang hidup di dalam gua. Untuk mencapai gua, Anda harus melewati jalur yang cukup menantang, namun pemandangan sepanjang perjalanan akan membuat lelah terbayar.

6. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih adalah bukit yang terletak di Desa Jaddih, Sumenep. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Di Bukit Jaddih, terdapat beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan spot foto, seperti pohon kelapa yang menjulang tinggi dan jalan setapak yang terbuat dari batu alam.

7. Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring adalah pantai baru yang berada di Desa Talang Siring, Sumenep. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang tenang, sehingga cocok untuk berenang atau sekedar bermain air. Di sekitar pantai, terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman, serta tempat parkir yang luas.

8. Bukit Karang

Bukit Karang adalah bukit yang berada di Desa Karang, Sumenep. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbenam. Di Bukit Karang, terdapat beberapa spot foto yang instagramable, seperti pohon kelapa yang menjulang tinggi dan jembatan kayu.

9. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng merupakan pantai yang berada di Desa Slopeng, Sumenep. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, sehingga cocok untuk berenang atau sekedar berjemur. Di sekitar pantai, terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman, serta tempat parkir yang luas. Di Pantai Slopeng juga terdapat spot foto yang instagramable, yaitu ayunan di tepi pantai.

10. Taman Hutan Kota Sumenep

Taman Hutan Kota Sumenep adalah taman hutan yang berada di tengah kota Sumenep. Taman ini memiliki berbagai jenis pohon dan tanaman yang hijau dan segar, sehingga cocok untuk berolahraga atau bersantai. Di Taman Hutan Kota Sumenep, terdapat beberapa spot foto yang bagus, seperti jalan setapak yang terbuat dari batu alam dan bangku kayu yang terletak di tepi sungai.

11. Pantai Talango

Pantai Talango adalah pantai yang berada di Desa Talango, Sumenep. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, sehingga cocok untuk berenang atau sekedar berjemur. Di sekitar pantai, terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman, serta tempat parkir yang luas.

Wisata Lainnya:  Taman Wisata Iman: Tempat Wisata Religi yang Menyenangkan di Indonesia

12. Desa Wisata Batuputih

Desa Wisata Batuputih adalah desa wisata yang berada di Kecamatan Batang-Batang, Sumenep. Di desa ini, Anda bisa melihat kehidupan masyarakat lokal yang masih sangat tradisional. Selain itu, di Desa Wisata Batuputih juga terdapat beberapa tempat wisata, seperti pantai dan air terjun. Desa Wisata Batuputih juga cocok untuk dijadikan tempat menginap, karena terdapat beberapa homestay yang nyaman dan murah.

13. Pulau Giliyang

Pulau Giliyang adalah pulau kecil yang berada di sebelah timur Sumenep. Pulau ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, sehingga cocok untuk snorkeling atau diving. Di Pulau Giliyang, terdapat beberapa spot foto yang instagramable, seperti rumah panggung di tepi laut dan jembatan kayu yang terletak di atas air.

14. Pantai Camplong

Pantai Camplong adalah pantai yang berada di Desa Camplong, Sumenep. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, sehingga cocok untuk berenang atau sekedar berjemur. Di sekitar pantai, terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman, serta tempat parkir yang luas.

15. Gunung Kunci

Gunung Kunci adalah gunung yang berada di Kecamatan Manding, Sumenep. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, sehingga cocok untuk pendakian ringan atau hiking. Di puncak Gunung Kunci, Anda bisa melihat pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

16. Pantai Lombang Baru

Pantai Lombang Baru adalah pantai baru yang berada di sebelah utara Pantai Lombang. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, serta tidak terlalu ramai. Di sekitar pantai, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir yang luas.

17. Taman Wisata Alam Kandangan

Taman Wisata Alam Kandangan adalah taman wisata alam yang berada di Kecamatan Kandangan, Sumenep. Di taman ini, Anda bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di sekitar hutan tropis. Selain itu, di Taman Wisata Alam Kandangan juga terdapat air terjun dan kolam alami yang cocok untuk berenang atau sekedar bermain air.

18. Pantai Giliyang Baru

Pantai Giliyang Baru adalah pantai baru yang berada di sebelah timur Pulau Giliyang. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, serta tidak terlalu ramai. Di sekitar pantai, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir yang luas.

19. Goa Batu Kapal

Goa Batu Kapal adalah gua yang berada di Desa Batang-Batang, Sumenep. Gua ini memiliki panjang sekitar 80 meter dan lebar sekitar 10 meter. Di dalam gua, Anda bisa melihat stalagtit dan stalagmit yang indah, serta semut merah yang hidup di dalam gua.

Wisata Lainnya:  Temukan Keindahan Alam di Destinasi Wisata Nusa Tenggara Timur

20. Pantai Slopeng Baru

Pantai Slopeng Baru adalah pantai baru yang berada di sebelah selatan Pantai Slopeng. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, serta tidak terlalu ramai. Di sekitar pantai, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir yang luas.

21. Pantai Lombang Lama

Pantai Lombang Lama adalah pantai yang berada di sebelah selatan Pantai Lombang. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, serta tidak terlalu ramai. Di sekitar pantai, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir yang luas.

22. Bukit Jati

Bukit Jati adalah bukit yang berada di Desa Jati, Sumenep. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Di Bukit Jati, terdapat beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan spot foto, seperti pohon kelapa yang menjulang tinggi dan jalan setapak yang terbuat dari batu alam.

23. Pantai Talango Baru

Pantai Talango Baru adalah pantai baru yang berada di sebelah utara Pantai Talango. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, serta tidak terlalu ramai. Di sekitar pantai, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir yang luas.

24. Pantai Slopeng Lama

Pantai Slopeng Lama adalah pantai yang berada di sebelah utara Pantai Slopeng. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih, serta tidak terlalu ramai. Di sekitar pantai, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir yang luas.

25. Pantai Talang Siring Baru

Pantai Talang Siring Baru adalah pantai baru yang berada di sebelah utara Pantai Talang Siring. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air laut yang tenang, serta tidak terlalu ramai. Di sekitar pantai, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir yang luas.

26. Taman Bunga Maria Baru

Taman Bunga Maria Baru adalah taman bunga baru yang dibuka di Sumenep. Di taman ini, Anda bisa melihat berbagai jenis bunga yang indah, seperti mawar, melati, dan anggrek. Selain itu, di Taman Bunga Maria Baru juga terdapat gazebo dan jalur jogging yang bisa digunakan untuk berolahraga atau bersantai.

Post Lainnya: