Wisata Sukoharjo 2017: Menikmati Keindahan Kota dengan Budaya Tradisional yang Kaya

Posted on

Jika Anda mencari tempat wisata yang menawarkan pengalaman yang berbeda, Sukoharjo bisa menjadi pilihan yang menarik. Terletak di Jawa Tengah, Sukoharjo memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata sejarah, alam, hingga budaya tradisional.

1. Wisata Sejarah

Jika Anda mencari wisata sejarah, Sukoharjo memiliki beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, yang merupakan salah satu keraton tertua di Indonesia. Di sini, Anda bisa menyaksikan keindahan arsitektur tradisional Jawa dan belajar tentang sejarah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Tak jauh dari keraton, Anda juga bisa mengunjungi Candi Sukuh, sebuah candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Lawu. Candi ini memiliki sejarah yang panjang dan menarik, dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi di Sukoharjo.

Wisata Lainnya:  Apa yang Dimaksud Wisatawan Sadar Wisata?

2. Wisata Alam

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, Sukoharjo memiliki beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Lawu, sebuah kawasan hutan yang indah dan menawarkan banyak keindahan alam, seperti air terjun, pemandangan pegunungan, dan berbagai fauna dan flora.

Tak jauh dari Taman Nasional Gunung Lawu, Anda juga bisa mengunjungi Wisata Air Terjun Jumog, sebuah wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun yang spektakuler. Di sini, Anda bisa berenang, berfoto, atau hanya menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

3. Wisata Budaya

Sukoharjo juga memiliki banyak wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Desa Wisata Kauman, sebuah desa yang mempertahankan tradisi Jawa dan menawarkan pengalaman yang unik bagi pengunjung. Di sini, Anda bisa belajar tentang budaya Jawa, mengikuti kelas membatik, atau mencoba berbagai kuliner tradisional.

Tak jauh dari Desa Wisata Kauman, Anda juga bisa mengunjungi Pasar Klewer, sebuah pasar tradisional yang terkenal di Solo dan menawarkan berbagai kerajinan tangan, kain batik, dan souvenir khas Jawa.

Wisata Lainnya:  Explore the Beauty of Tempat Wisata Melaka

4. Kuliner Khas Sukoharjo

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Sukoharjo tanpa mencicipi kuliner khasnya. Ada banyak kuliner khas Sukoharjo yang wajib Anda coba, seperti Nasi Liwet, Sate Kere, dan Bakmi Jowo. Anda juga bisa mencicipi aneka jajanan khas Jawa, seperti klepon, cenil, dan onde-onde.

5. Penginapan di Sukoharjo

Berbagai penginapan tersedia di Sukoharjo, mulai dari hotel bintang lima hingga losmen. Jika Anda mencari penginapan yang nyaman dan terjangkau, Anda bisa mencoba menginap di Wisma PKM, sebuah penginapan yang terletak di pusat kota Sukoharjo dan menawarkan fasilitas yang lengkap dengan harga yang terjangkau.

6. Transportasi di Sukoharjo

Sukoharjo terletak di antara Solo dan Karanganyar, sehingga transportasi ke Sukoharjo cukup mudah. Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau ojek, atau menyewa mobil atau motor untuk lebih fleksibel dalam menjelajahi kota.

7. Tips Berwisata di Sukoharjo

Sebelum berkunjung ke Sukoharjo, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, jangan lupa membawa perlengkapan yang cukup, seperti pakaian yang nyaman, alas kaki yang sesuai, dan perlengkapan mandi. Kedua, perhatikan waktu berkunjung Anda, terutama jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung. Ketiga, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Sukoharjo yang lezat.

Wisata Lainnya:  Wisata Sendang: Keindahan Alam yang Memukau

8. Kesimpulan

Demikianlah ulasan tentang wisata Sukoharjo 2017. Sukoharjo menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dengan keindahan sejarah, alam, dan budaya tradisional yang kaya. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Sukoharjo yang lezat dan mencari penginapan yang nyaman saat berkunjung ke sini. Selamat berwisata!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *