Wisata Sanggau: Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kalimantan Barat

Posted on

Sanggau adalah kota kecil yang terletak di provinsi Kalimantan Barat. Meskipun ukurannya kecil, kota ini menyimpan keindahan alam yang menakjubkan yang dapat membuat siapa saja terkagum-kagum.

Keindahan Alam

Wisata Sanggau menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, mulai dari hutan tropis hingga sungai yang mempesona. Salah satu daya tarik utama adalah Air Terjun Sibau, yang terletak di daerah perbukitan dan dikelilingi oleh hutan yang lebat.

Kawasan hutan di Sanggau juga menyimpan keindahan flora dan fauna yang unik. Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Taman Nasional Betung Kerihun, yang merupakan rumah bagi banyak spesies satwa langka seperti orangutan, harimau, dan beruang.

Budaya Lokal

Selain keindahan alam, wisata Sanggau juga menawarkan pengalaman budaya lokal yang menarik. Ada banyak suku yang tinggal di kota ini, seperti Dayak, Malay, dan Tionghoa, yang semuanya memiliki tradisi dan budaya yang unik.

Salah satu cara untuk menikmati budaya lokal adalah melalui kunjungan ke pasar tradisional. Pasar Sanggau, misalnya, menawarkan beragam makanan dan barang dagangan lokal yang dapat menjadi souvenir yang bagus untuk dibawa pulang.

Wisata Lainnya:  Wisata Kulim Pekanbaru: Menikmati Keindahan Alam Riau

Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Sanggau tanpa mencicipi kuliner lokal. Ada banyak hidangan khas yang dapat dinikmati di kota ini, seperti Sop Konro, yang terbuat dari tulang sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas daerah.

Selain itu, ada juga Sate Kelinci yang terkenal di Sanggau. Makanan ini terbuat dari daging kelinci yang dipanggang dengan bumbu kacang yang gurih.

Akomodasi

Bagi wisatawan yang ingin menginap di Sanggau, terdapat beberapa pilihan akomodasi yang tersedia. Mulai dari hotel berbintang hingga penginapan yang lebih sederhana, semuanya dapat ditemukan di kota ini.

Aksesibilitas

Sanggau dapat dicapai melalui transportasi udara maupun darat. Bandara terdekat adalah Bandara Susilo di Pontianak, yang terletak sekitar 3 jam perjalanan dengan mobil. Selain itu, terdapat juga bus dan taksi yang tersedia dari Pontianak ke Sanggau.

Kesimpulan

Wisata Sanggau menawarkan pengalaman yang unik bagi wisatawan yang mencari keindahan alam dan budaya lokal. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, hidangan khas yang lezat, dan akomodasi yang beragam, Sanggau patut masuk dalam daftar kunjungan wisata Anda di Kalimantan Barat.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *