Wisata Purwokerto Banyumas: Menikmati Keindahan Alam di Jantung Jawa Tengah

Posted on

Purwokerto adalah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak sekali tempat wisata di Purwokerto yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Di artikel ini, kami akan membahas tentang wisata purwokerto banyumas yang bisa menjadi pilihan liburan Anda.

Wisata Alam

1. Curug Cipendok

Curug Cipendok adalah air terjun yang terletak di kaki gunung Slamet. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan memiliki kolam alami yang sangat jernih. Bagi Anda yang suka dengan hiking, Anda bisa melakukan pendakian ke Curug Cipendok yang membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam.

2. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi adalah sebuah danau kecil yang terletak di Desa Karangduwur, Banyumas. Telaga ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan jauh dari keramaian. Anda bisa menikmati pemandangan yang indah sambil bermain air di pinggir danau.

3. Bukit Cisantana

Bukit Cisantana adalah tempat wisata di Purwokerto yang menawarkan pemandangan yang indah dari atas bukit. Anda bisa menikmati pemandangan Kota Purwokerto dan pegunungan sekitarnya dari atas bukit. Bukit Cisantana juga cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata di Gisting Tanggamus

Wisata Sejarah

1. Museum RA Kartini

Museum RA Kartini adalah museum yang didedikasikan untuk memperingati jasa-jasa Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan nasional Indonesia yang terkenal dengan perjuangan memperjuangkan hak-hak perempuan. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai macam koleksi benda-benda peninggalan RA Kartini.

2. Candi Banyumas

Candi Banyumas adalah sebuah candi yang terletak di Desa Cisalak, Banyumas. Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi dan merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno. Anda bisa melihat berbagai macam ukiran dan relief pada dinding candi yang masih terjaga dengan baik.

3. Benteng Pendem

Benteng Pendem adalah bekas benteng pertahanan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Benteng ini terletak di Desa Pendem, Purwokerto Selatan. Anda bisa melihat berbagai macam benda-benda peninggalan sejarah di dalam benteng ini, seperti meriam, senjata, dan lain-lain.

Wisata Kuliner

1. Sate Kelinci Pak Mul

Sate Kelinci Pak Mul adalah salah satu kuliner khas Purwokerto yang wajib dicoba. Sate kelinci ini terkenal dengan bumbu kacangnya yang sangat lezat. Selain sate kelinci, Anda juga bisa mencoba berbagai macam olahan daging kelinci yang disajikan di tempat ini.

Wisata Lainnya:  Wisata Sabang Aceh: Menikmati Keindahan Alam di Ujung Barat Indonesia

2. Nasi Liwet Bu Wiryo

Nasi Liwet Bu Wiryo adalah nasi liwet yang terkenal di Purwokerto. Nasi liwet ini disajikan dengan berbagai macam lauk pauk yang sangat enak, seperti ayam goreng, ikan asin, dan lain-lain.

3. Soto Banyumas

Soto Banyumas adalah soto yang terkenal di Banyumas. Soto ini disajikan dengan kuah yang kental dan berisi daging ayam, tauge, dan mie. Soto Banyumas biasanya dihidangkan dengan kerupuk dan sambal.

Kesimpulan

Itulah beberapa wisata purwokerto banyumas yang bisa menjadi pilihan liburan Anda. Dengan berbagai macam tempat wisata yang ditawarkan, Anda bisa menikmati keindahan alam, sejarah, dan kuliner di Purwokerto. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keamanan selama liburan Anda. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *