Wisata Purwakarta 2017: Menikmati Pesona Wisata di Bumi Citarum

Posted on

Purwakarta, salah satu kabupaten di Jawa Barat, menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kabupaten yang terletak di antara kota Bandung dan Jakarta ini menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata terbaik di Purwakarta yang bisa kamu kunjungi di tahun 2017.

1. Bukit Batu Kapur Cipendok

Bukit Batu Kapur Cipendok adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Cipendok, Kecamatan Campaka, Purwakarta. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Kamu bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit sambil menikmati suasana yang tenang dan damai.

Selain menikmati pemandangan alam, di Bukit Batu Kapur Cipendok juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Kamu juga bisa melakukan aktivitas hiking atau trekking untuk mencapai puncak bukit dan menikmati pemandangan dari atas.

2. Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis adalah salah satu air terjun yang terletak di Desa Cikalong, Kecamatan Cikalong, Purwakarta. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan segar.

Untuk mencapai Curug Cipamingkis, kamu harus melakukan perjalanan sekitar 3 km dari jalan raya. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan keindahan alam yang akan kamu temukan di tempat ini. Kamu juga bisa melakukan aktivitas berenang atau bermain air di kolam yang terletak di bawah air terjun.

3. Wisata Alam Gunung Parang

Gunung Parang adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

Di Gunung Parang, kamu bisa melakukan aktivitas camping, hiking, atau trekking. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit sambil menikmati suasana yang tenang dan damai.

Wisata Lainnya:  Wisata Murah di Lembang: Destinasi Liburan Seru dan Hemat

4. Kampung Adat Ciptagelar

Kampung Adat Ciptagelar adalah salah satu tempat wisata budaya yang terletak di Desa Ciptagelar, Kecamatan Cisolok, Purwakarta. Di kampung ini, kamu bisa melihat langsung bagaimana masyarakat adat Sunda yang masih mempertahankan kebudayaannya.

Kamu bisa belajar tentang kebudayaan Sunda, melihat rumah adat, dan mencoba kuliner khas Sunda. Kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk setempat dan belajar tentang cara hidup mereka.

5. Wisata Air Panas Ciater

Wisata Air Panas Ciater adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Purwakarta. Di tempat ini, kamu bisa menikmati keindahan alam dan air panas yang menyegarkan.

Selain itu, di Wisata Air Panas Ciater juga terdapat kolam renang, water park, dan berbagai fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati. Kamu juga bisa mencoba berbagai kuliner khas Sunda yang tersedia di tempat ini.

6. Wisata Kuliner Purwakarta

Purwakarta juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan unik. Beberapa kuliner khas Purwakarta yang wajib kamu coba antara lain nasi tutug oncom, kupat tahu, sate maranggi, dan soto mie. Kamu bisa mencari kuliner khas Purwakarta di berbagai warung atau restoran yang tersebar di seluruh kota.

7. Wisata Belanja di Pasar Cikurubuk

Jika kamu suka berbelanja, maka Pasar Cikurubuk adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Pasar yang terletak di Kecamatan Bungursari, Purwakarta ini menawarkan berbagai barang unik dan murah. Kamu bisa mencari oleh-oleh khas Purwakarta atau barang-barang lain yang menarik untuk dibawa pulang.

8. Wisata Sejarah di Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun adalah salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di Kecamatan Wanayasa, Purwakarta. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi sejarah Purwakarta, seperti benda-benda peninggalan Kerajaan Pajajaran dan peninggalan sejarah lainnya.

Kamu bisa belajar tentang sejarah Purwakarta dan melihat langsung benda-benda peninggalan sejarah yang menarik. Museum Prabu Geusan Ulun juga menawarkan suasana yang tenang dan damai untuk beristirahat sejenak dari kepenatan aktivitas sehari-hari.

9. Wisata Agro di Kebun Teh Gunung Mas

Kebun Teh Gunung Mas adalah salah satu tempat wisata agro yang terletak di Kecamatan Sukasari, Purwakarta. Di tempat ini, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan teh dan mencicipi teh segar yang dihasilkan.

Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan segar di sekitar kebun teh. Selain itu, di Kebun Teh Gunung Mas juga terdapat fasilitas lainnya seperti restoran, toko oleh-oleh, dan berbagai aktivitas lainnya yang bisa kamu nikmati.

Wisata Lainnya:  Wisata Milkindo Kepanjen - Menikmati Wisata Edukasi dan Kuliner di Kota Malang

10. Wisata Religi di Makam Ki Buyut Trusmi

Makam Ki Buyut Trusmi adalah salah satu tempat wisata religi yang terletak di Desa Trusmi, Kecamatan Trusmi, Purwakarta. Di tempat ini, kamu bisa mengunjungi makam Ki Buyut Trusmi yang merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam di Purwakarta.

Kamu juga bisa belajar tentang sejarah Islam di Purwakarta dan mengunjungi masjid-masjid yang ada di sekitar makam. Makam Ki Buyut Trusmi juga menawarkan suasana yang tenang dan damai untuk beribadah atau merenungkan kehidupan.

11. Desa Wisata Cikondang

Desa Wisata Cikondang adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Plered, Purwakarta. Di desa ini, kamu bisa melihat langsung kehidupan masyarakat pedesaan yang masih mempertahankan kebudayaannya.

Kamu bisa belajar tentang cara hidup masyarakat pedesaan, melihat rumah-rumah adat, dan mencoba berbagai kuliner khas Purwakarta. Desa Wisata Cikondang juga menawarkan suasana yang tenang dan damai untuk beristirahat sejenak dari kepenatan aktivitas sehari-hari.

12. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai terindah di Jawa Barat yang terletak di Kabupaten Pangandaran, sekitar 3 jam perjalanan dari Purwakarta. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan segar, serta berbagai aktivitas pantai yang seru seperti berenang, bermain pasir, atau menikmati pemandangan matahari terbenam.

Di sekitar Pantai Pangandaran juga terdapat berbagai tempat wisata menarik seperti Taman Laut Pangandaran, Goa Jepang, dan berbagai tempat lainnya yang bisa kamu kunjungi.

13. Wisata Edukasi di Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu tempat wisata edukasi yang terletak di Jakarta, sekitar 2 jam perjalanan dari Purwakarta. Di TMII, kamu bisa melihat langsung berbagai kebudayaan dan adat istiadat Indonesia dari berbagai daerah.

Kamu juga bisa belajar tentang sejarah Indonesia, melihat rumah-rumah adat, dan mencoba berbagai kuliner khas Indonesia. TMII juga menawarkan berbagai aktivitas lainnya seperti taman bermain, kolam renang, dan berbagai fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati.

14. Wisata Budaya di Kota Bandung

Kota Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, juga menawarkan berbagai tempat wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Di kota ini, kamu bisa melihat langsung berbagai kebudayaan dan adat istiadat Sunda dari berbagai daerah.

Kamu juga bisa belajar tentang sejarah Kota Bandung, melihat bangunan-bangunan bersejarah, dan mencoba berbagai kuliner khas Sunda. Kota Bandung juga menawarkan berbagai aktivitas lainnya seperti berbelanja, taman bermain, dan berbagai fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati.

Wisata Lainnya:  Wisata Depok Malang: Destinasi Wisata Terpopuler di Malang

15. Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Di taman nasional ini, kamu bisa menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, kamu bisa melakukan aktivitas hiking, camping, atau trekking. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit sambil menikmati suasana yang tenang dan damai.

16. Wisata Sejarah di Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, sekitar 7 jam perjalanan dari Purwakarta. Candi yang merupakan situs warisan dunia UNESCO ini menawarkan keindahan arsitektur yang sangat menakjubkan dan memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Di Candi Borobudur, kamu bisa belajar tentang sejarah agama Buddha dan melihat langsung keindahan arsitektur candi yang sangat indah. Candi Borobudur juga menawarkan suasana yang tenang dan damai untuk beribadah atau merenungkan kehidupan.

17. Wisata Alam di Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di Provinsi Jawa Timur, sekitar 15 jam perjalanan dari Purwakarta. Kawah yang terkenal dengan api birunya ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan unik.

Di Kawah Ijen, kamu bisa melakukan aktivitas hiking dan melihat langsung keindahan alam yang sangat menarik. Kamu juga bisa melihat langsung proses penambangan belerang yang unik dan menarik.

18. Wisata Sejarah di Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, sekitar 7 jam perjalanan dari Purwakarta. Candi yang merupakan situs warisan dunia UNESCO ini menawarkan keindahan arsitektur yang sangat menakjubkan dan memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Di Candi Prambanan, kamu bisa belajar tentang sejarah agama Hindu dan melihat langsung keindahan arsitektur candi yang sangat indah. Candi Prambanan juga menawarkan suasana yang tenang dan damai untuk beribadah atau merenungkan kehidupan.

19. Wisata Alam di Taman Nasional Ujung Kulon
Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *