Wisata Mataram: Destinasi Wisata Populer di Indonesia

Posted on

Mataram merupakan kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Kota ini terkenal akan keindahan pantai yang menawan dan juga budayanya yang kaya. Wisata Mataram menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pantai Senggigi

Salah satu destinasi wisata yang paling populer di Mataram adalah Pantai Senggigi. Pantai ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Di sekitar pantai terdapat banyak hotel dan resort yang siap menampung para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Senggigi.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Senggigi seperti snorkeling, diving, dan surfing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan di Pantai Senggigi.

Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Mataram. Pantai ini terkenal akan keindahan alamnya yang memukau dan juga ombaknya yang cocok untuk para peselancar. Selain itu, di Pantai Kuta Mandalika juga terdapat banyak hotel dan resort yang siap menampung para wisatawan.

Wisata Lainnya:  Pura Lempuyangan: Tempat Wisata Spiritual di Bali

Di sekitar Pantai Kuta Mandalika terdapat banyak restoran dan toko suvenir yang menjual berbagai macam makanan dan oleh-oleh khas Mataram. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam Pantai Kuta Mandalika dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Mataram. Museum ini memiliki koleksi benda-benda bersejarah dan seni budaya yang sangat beragam. Wisatawan dapat melihat berbagai macam benda-benda seperti arca, lukisan, dan juga alat musik tradisional.

Di dalam museum juga terdapat ruangan khusus yang menampilkan pakaian adat dan juga perabotan rumah adat dari daerah Nusa Tenggara Barat. Wisatawan juga dapat melihat pertunjukan seni budaya yang diadakan di dalam museum.

Pura Lingsar

Pura Lingsar merupakan tempat ibadah yang terletak di Mataram. Pura ini merupakan tempat ibadah yang unik karena digunakan oleh dua agama yaitu Hindu dan Islam. Wisatawan dapat melihat keunikan dari Pura Lingsar dan juga melakukan kegiatan spiritual seperti meditasi.

Di dalam Pura Lingsar terdapat kolam suci yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Wisatawan juga dapat melihat berbagai macam benda-benda bersejarah dan seni budaya di dalam Pura Lingsar.

Taman Mayura

Taman Mayura merupakan taman yang terletak di pusat kota Mataram. Taman ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan pemandangan taman yang hijau dan juga kolam yang indah. Di tengah kolam terdapat sebuah bangunan kuno yang menjadi tempat pertemuan raja-raja di zaman dahulu.

Wisata Lainnya:  Menjelajahi Keindahan Tempat Wisata di Spanyol

Wisatawan dapat menikmati keindahan alam Taman Mayura dengan berjalan-jalan di sekitar taman atau duduk-duduk di bangku-bangku yang tersedia. Taman Mayura juga menjadi tempat yang cocok untuk berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan taman yang indah.

Bukit Selong

Bukit Selong merupakan tempat yang cocok untuk para wisatawan yang suka dengan kegiatan outdoor. Bukit ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan pemandangan bukit yang hijau dan juga udara yang segar. Di Bukit Selong juga terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti camping, hiking, dan juga bersepeda.

Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang sangat indah di Bukit Selong. Selain itu, di sekitar Bukit Selong juga terdapat banyak warung makan dan toko suvenir yang menjual berbagai macam makanan dan oleh-oleh khas Mataram.

Pusat Oleh-Oleh Mataram

Pusat oleh-oleh Mataram menjadi tempat yang cocok bagi para wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Mataram. Di pusat oleh-oleh Mataram terdapat berbagai macam makanan dan oleh-oleh khas Mataram seperti sate bulayak, sate pusut, dan juga dodol.

Wisata Lainnya:  Jembangan Wisata Alam Kebumen: Menikmati Pesona Alam yang Menakjubkan

Wisatawan juga dapat membeli berbagai macam kerajinan tangan seperti tenun ikat, topi songket, dan juga tas rajut. Pusat oleh-oleh Mataram menjadi tempat yang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Mataram untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Konklusi

Mataram merupakan kota yang memiliki banyak destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Destinasi wisata seperti Pantai Senggigi, Pantai Kuta Mandalika, dan Taman Mayura menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Di samping itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat dan Pura Lingsar untuk melihat keunikan budaya dan sejarah dari daerah Mataram.

Di pusat oleh-oleh Mataram, wisatawan dapat membeli berbagai macam makanan dan kerajinan tangan khas Mataram sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Dengan keindahan alamnya dan budayanya yang kaya, tidak heran jika wisata Mataram menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *