Wisata Martapura: Menikmati Keindahan Alam di Kalimantan Selatan

Posted on

Kalimantan Selatan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah wisata Martapura. Terletak sekitar 45 kilometer dari Banjarmasin, wisata Martapura menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan keindahan budaya lokal.

Sejarah Wisata Martapura

Martapura merupakan salah satu kota kecil di Kalimantan Selatan yang terkenal dengan batu permata dan kerajinan tangan. Wisata Martapura berasal dari sejarah penambangan batu permata yang bermula sejak zaman kerajaan Banjar. Pada saat itu, kerajaan Banjar menguasai wilayah Martapura dan mendorong pengembangan industri batu permata dan kerajinan tangan.

Seiring dengan perkembangan zaman, wisata Martapura semakin berkembang dan menjadi pusat ekonomi yang penting bagi masyarakat sekitar. Pada tahun 2010, pemerintah Indonesia secara resmi menetapkan Martapura sebagai kota wisata.

Keistimewaan Wisata Martapura

Wisata Martapura menawarkan berbagai keistimewaan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Salah satu keistimewaan tersebut adalah keindahan alamnya. Wisata Martapura memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan seperti Danau Seran, Air Terjun Lok Batu, dan Bukit Raya.

Selain itu, wisata Martapura juga terkenal dengan kerajinan tangan yang berkualitas. Kerajinan tangan yang paling terkenal adalah kerajinan perak dan batu permata. Wisatawan bisa mengunjungi pusat kerajinan tangan di Martapura untuk melihat langsung bagaimana cara membuat kerajinan perak dan batu permata.

Wisata Lainnya:  Wisata Wonder Park: Destinasi Liburan yang Mengesankan

Tempat Wisata di Martapura

Ada banyak tempat wisata yang menarik di Martapura yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang paling populer di Martapura:

Danau Seran

Danau Seran merupakan danau terbesar di Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer di Martapura. Danau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan bisa dinikmati dengan berbagai aktivitas seperti berenang, memancing, dan berperahu.

Air Terjun Lok Batu

Air Terjun Lok Batu terletak sekitar 12 kilometer dari Martapura dan merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling menarik di Kalimantan Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan bisa dijangkau dengan trekking yang menantang.

Bukit Raya

Bukit Raya merupakan salah satu tempat wisata yang paling indah di Martapura. Dari puncak Bukit Raya, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah kota Martapura dan sekitarnya. Selain itu, Bukit Raya juga merupakan tempat yang bagus untuk menikmati sunset atau sunrise.

Kuliner Khas Martapura

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Martapura tanpa mencicipi kuliner khasnya. Berikut adalah beberapa kuliner khas Martapura yang wajib dicoba:

Sate Kelinci

Sate kelinci menjadi kuliner khas Martapura yang paling terkenal. Sate kelinci ini terbuat dari daging kelinci yang dipanggang bersama bumbu kacang yang lezat.

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

Soto Banjar

Soto Banjar juga menjadi kuliner khas Martapura yang wajib dicoba. Kuah soto yang gurih dan daging ayam yang empuk membuat soto Banjar menjadi makanan yang cocok untuk disantap pada saat cuaca dingin.

Pisang Goreng Keju

Pisang goreng keju menjadi camilan yang cocok untuk disantap ketika berkunjung ke Martapura. Pisang goreng yang renyah dan keju yang meleleh di dalamnya membuatnya menjadi camilan yang sangat lezat.

Cara Menuju Wisata Martapura

Untuk menuju wisata Martapura, wisatawan bisa menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau bus. Jika menggunakan angkutan kota, wisatawan bisa naik angkot nomor 3 dari terminal Banjarmasin ke Martapura. Sedangkan jika menggunakan bus, wisatawan bisa naik bus dari terminal Banjarmasin yang menuju ke Martapura.

Wisata Martapura juga bisa dijangkau dengan menggunakan mobil pribadi atau taksi. Jarak antara Banjarmasin ke Martapura sekitar 45 kilometer dan bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam.

Akomodasi di Martapura

Untuk wisatawan yang ingin menginap di Martapura, terdapat beberapa pilihan akomodasi yang bisa dipilih. Berikut adalah beberapa hotel di Martapura yang bisa dijadikan pilihan:

Hotel Melawai

Hotel Melawai merupakan hotel yang terletak di pusat kota Martapura. Hotel ini memiliki kamar yang nyaman dan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang dan restoran.

Hotel Nusantara

Hotel Nusantara juga merupakan hotel yang terletak di pusat kota Martapura. Hotel ini memiliki kamar yang luas dan nyaman serta fasilitas yang lengkap seperti kolam renang dan restoran.

Wisata Lainnya:  Wisata Gayo Lues: Keindahan Alam Aceh yang Menawan

Hotel Budi Utama

Hotel Budi Utama terletak di daerah yang tenang di Martapura. Hotel ini memiliki kamar yang nyaman dan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang dan restoran.

Harga Tiket Masuk Wisata Martapura

Harga tiket masuk wisata Martapura bervariasi tergantung tempat wisata yang dikunjungi. Berikut adalah estimasi harga tiket masuk wisata Martapura:

Danau Seran: Rp. 10.000,-

Air Terjun Lok Batu: Rp. 5.000,-

Bukit Raya: Rp. 5.000,-

Wisatawan bisa membeli tiket masuk di loket tiket di tempat wisata yang dikunjungi.

Kesimpulan

Wisata Martapura merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kalimantan Selatan. Wisata Martapura menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan keindahan budaya lokal. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Martapura seperti Danau Seran, Air Terjun Lok Batu, dan Bukit Raya. Selain itu, wisata Martapura juga terkenal dengan kuliner khasnya seperti sate kelinci, soto Banjar, dan pisang goreng keju.

Untuk menuju wisata Martapura, wisatawan bisa menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau bus. Sedangkan untuk akomodasi, terdapat beberapa pilihan hotel yang bisa dipilih seperti Hotel Melawai, Hotel Nusantara, dan Hotel Budi Utama.

Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Martapura dan membeli kerajinan tangan yang berkualitas saat berkunjung ke Martapura. Harga tiket masuk wisata Martapura bervariasi tergantung tempat wisata yang dikunjungi.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *