Wisata Maratua: Surga Tersembunyi di Indonesia Timur

Posted on

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun belakangan ini adalah wisata Maratua. Terletak di Kalimantan Timur, Maratua merupakan salah satu pulau terbesar di Kepulauan Derawan. Pulau ini dikenal sebagai surganya wisata bawah laut dengan keindahan terumbu karang dan biota laut yang memukau.

Keindahan Bawah Laut

Bagi pecinta diving, wisata Maratua menjadi surga tersembunyi yang wajib dikunjungi. Terumbu karang di Maratua sangat indah dan beragam, dengan berbagai jenis ikan dan biota laut yang menghiasi bawah laut. Bahkan, Maratua menjadi salah satu tujuan wisata diving terbaik di dunia.

Salah satu spot diving terkenal di Maratua adalah The Channel. Di tempat ini, wisatawan dapat melihat parade ikan pari yang sedang bermigrasi dari laut dalam ke laut dangkal. Selain itu, terdapat pula spot diving lainnya seperti The Blue Hole, The Corner, dan The Big Fish Country yang menawarkan pengalaman diving yang tak terlupakan.

Wisata Lainnya:  Penginapan Murah di Lombok 50 Ribu Sampai 200 Ribu

Keindahan Daratan

Tak hanya bawah laut, Maratua juga menyimpan keindahan daratan yang memukau. Wisatawan dapat menikmati pantai pasir putih yang indah dengan air laut yang jernih. Selain itu, terdapat pula gua-gua alam yang menawan seperti Goa Haji Mangku dan Goa Payung.

Tak hanya itu, di Maratua juga terdapat desa wisata yang menawarkan kehidupan masyarakat lokal yang masih sangat terjaga. Wisatawan dapat melihat proses pembuatan garam tradisional atau mengunjungi pasar tradisional untuk membeli oleh-oleh khas Maratua.

Akomodasi dan Transportasi

Meskipun Maratua menjadi destinasi wisata yang sedang naik daun, namun fasilitas akomodasi yang disediakan masih cukup terbatas. Terdapat beberapa penginapan seperti homestay dan resort yang dapat dijadikan tempat menginap.

Untuk menuju Maratua, wisatawan dapat menggunakan jalur laut dengan menggunakan kapal dari Berau. Waktu tempuh perjalanan dari Berau ke Maratua sekitar 4-5 jam. Selain itu, terdapat pula jalur udara dengan menggunakan pesawat dari Balikpapan atau Tarakan ke Berau, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kapal.

Wisata Lainnya:  Menjelajahi Pesona Tempat Wisata di Rembang

Tips Berwisata ke Maratua

Untuk menikmati wisata Maratua dengan maksimal, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

  • Bawalah perlengkapan diving jika ingin menikmati keindahan bawah laut Maratua
  • Jangan lupa membawa kamera bawah air untuk mengabadikan momen berharga
  • Bawalah uang tunai secukupnya, karena masih sulitnya akses ATM di Maratua
  • Bersiaplah dengan cuaca yang panas dan lembap, sehingga disarankan untuk membawa pakaian yang nyaman dan perlengkapan yang cukup
  • Perhatikan jadwal kapal atau pesawat agar tidak terlambat

Conclusion

Wisata Maratua merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan bawah laut. Keindahan terumbu karang dan biota laut yang memukau menjadi daya tarik utama wisata Maratua. Tak hanya bawah laut, Maratua juga menyimpan keindahan daratan yang tak kalah indahnya. Meskipun fasilitas akomodasi masih terbatas, namun pengalaman berwisata ke Maratua akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Post Lainnya:
Wisata Lainnya:  Wisata Pamanukan Subang - Menikmati Keindahan Alam di Kota Subang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *