Wisata Marabahan: Menikmati Indahnya Alam di Hulu Sungai Selatan

Posted on

Marabahan, sebuah kota kecil di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, tidak hanya dikenal sebagai pusat perdagangan, tetapi juga sebagai tempat wisata yang menarik. Berbagai objek wisata menarik dapat ditemukan di kota ini, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah.

Menikmati Keindahan Wisata Alam

Bagi pecinta alam, Marabahan menawarkan keindahan alam yang masih asli dan memikat. Beberapa objek wisata alam yang populer di kota ini adalah:

1. Danau Sampuraga

Danau Sampuraga adalah danau terbesar di Kalimantan Selatan. Danau ini terletak di Desa Sampuraga, sekitar 10 km dari pusat kota Marabahan. Danau ini memiliki panorama yang indah dan menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam.

Wisata Lainnya:  Wisata Anak di Malang: Menjelajahi Keindahan Kota dengan Keluarga

2. Air Terjun Loksado

Air Terjun Loksado terletak di Desa Loksado, sekitar 35 km dari Marabahan. Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini dikelilingi oleh pepohonan hijau dan batu-batu besar. Suasana yang tenang dan sejuk menjadikan tempat ini sebagai tempat yang cocok untuk bersantai.

3. Bukit Batu Ritung

Bukit Batu Ritung terletak di Desa Sungai Langsat, sekitar 7 km dari pusat kota Marabahan. Dari puncak bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah Kota Marabahan dan sekitarnya. Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi para fotografer karena keindahan alamnya.

Wisata Sejarah di Marabahan

Selain wisata alam, Marabahan juga memiliki wisata sejarah yang menarik. Beberapa objek wisata sejarah yang dapat dikunjungi di kota ini adalah:

1. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat terletak di Jalan Lambung Mangkurat, sekitar 1 km dari pusat kota Marabahan. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda sejarah, seperti senjata tradisional, pakaian adat, serta benda-benda dari masa Kerajaan Banjar.

2. Makam Pangeran Diponegoro

Makam Pangeran Diponegoro terletak di Kampung Pulau Kusamba, sekitar 2 km dari pusat kota Marabahan. Makam ini dibangun untuk menghormati Pangeran Diponegoro, seorang pahlawan nasional yang pernah menjadi tawanan Belanda.

Wisata Lainnya:  Senyum Dental Kota Wisata: Solusi Tepat untuk Masalah Gigi Anda

Menikmati Kuliner Khas Marabahan

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Marabahan tanpa mencicipi kuliner khasnya. Beberapa kuliner khas Marabahan yang patut dicoba adalah:

1. Sate Banjar

Sate Banjar adalah sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dicampur dengan bumbu kacang dan rempah-rempah. Sate ini biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong dan disiram dengan kuah kacang yang kental.

2. Amparan Tatak

Amparan Tatak adalah makanan khas Marabahan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan gula merah. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

Menikmati Keramahan Penduduk Lokal

Selain keindahan alam dan wisata sejarahnya, pengunjung juga akan merasakan keramahan penduduk lokal di Marabahan. Penduduk Marabahan dikenal ramah dan suka menolong, sehingga pengunjung akan merasa nyaman dan selalu diterima dengan senyuman.

Penginapan di Marabahan

Bagi pengunjung yang ingin menginap di Marabahan, tersedia berbagai pilihan penginapan, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan sederhana. Beberapa hotel yang dapat dipilih di Marabahan antara lain Hotel Rafflesia, Hotel Surya, dan Hotel Marabahan Indah.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Wisata di Klungkung

Kesimpulan

Marabahan adalah destinasi wisata yang menarik di Kalimantan Selatan. Keindahan alamnya yang masih asli, wisata sejarahnya yang menarik, kuliner khasnya yang lezat, serta keramahan penduduk lokalnya akan membuat pengunjung merasa nyaman dan terkesan. Jangan lupa untuk mengunjungi Marabahan jika berkesempatan berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *