Wisata Magetan Sarangan: Pesona Keindahan Alam yang Memukau

Posted on

Magetan Sarangan adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sarangan dikenal sebagai surganya wisata alam yang menawarkan keindahan pemandangan alam yang sangat memukau. Terdapat banyak objek wisata yang bisa dinikmati di Sarangan, mulai dari air terjun, danau, hingga gunung.

Air Terjun Grojogan Sewu

Salah satu objek wisata yang paling terkenal di Sarangan adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 81 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang hijau dan lebat. Air terjun ini sangat indah dan menawan, terutama saat musim hujan. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini sambil merasakan semilir angin yang sejuk.

Danau Sarangan

Danau Sarangan terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 30 hektar. Danau ini dikelilingi oleh pegunungan dan hutan hijau yang indah. Di sekitar danau, terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Jawa Timur dan juga souvenir khas Sarangan.

Wisata Lainnya:  Wisata Lumajang B29: Menikmati Keindahan Alam yang Mengagumkan

Puncak B29

Puncak B29 adalah sebuah gunung yang terletak di Sarangan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.900 meter di atas permukaan laut. Para pendaki bisa menikmati keindahan alam yang sangat memukau di sekitar gunung ini, seperti pemandangan lembah dan bukit-bukit hijau yang menyejukkan mata.

Makam Sunan Sarangan

Sunan Sarangan adalah seorang tokoh agama yang sangat dihormati di Jawa Timur. Makam Sunan Sarangan terletak di daerah Sarangan dan menjadi salah satu objek wisata religi yang cukup terkenal. Di sekitar makam, terdapat banyak pedagang yang menjual makanan dan souvenir khas Sarangan.

Museum Ksatria Purbalingga

Museum Ksatria Purbalingga adalah sebuah museum yang terletak di Sarangan. Museum ini berisi koleksi sejarah tentang perjuangan para ksatria dalam melawan penjajah Belanda. Para pengunjung bisa melihat berbagai macam benda peninggalan sejarah, seperti senjata, pakaian, dan foto-foto.

Kolam Renang Tirta Sari

Kolam renang Tirta Sari terletak di dekat Danau Sarangan. Kolam renang ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin berenang dan bersantai di tengah keindahan alam. Kolam renang Tirta Sari juga dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar mandi, toilet, dan gazebo.

Wisata Lainnya:  VW Wisata Borobudur: Petualangan Seru di Tengah Keindahan Borobudur

Gereja Ayam

Gereja Ayam adalah gereja Katolik yang terletak di dekat Danau Sarangan. Gereja ini memiliki bentuk yang unik dan menarik, yaitu seperti ayam. Gereja Ayam menjadi salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Sarangan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke objek wisata di Sarangan cukup terjangkau, rata-rata sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk jam buka, kebanyakan objek wisata di Sarangan buka sejak pagi hingga sore hari.

Akomodasi dan Penginapan

Di sekitar Sarangan, terdapat banyak penginapan yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Mulai dari homestay, villa, hingga hotel bintang tiga. Harga penginapan di Sarangan cukup variatif, tergantung dari jenis penginapan dan fasilitas yang disediakan.

Cara Menuju Magetan Sarangan

Untuk menuju ke Sarangan, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan bisa mengikuti rute Surabaya – Mojokerto – Jombang – Nganjuk – Madiun – Magetan – Sarangan. Sementara jika menggunakan transportasi umum, ada banyak bus dan travel yang bisa dipilih dari kota-kota besar seperti Surabaya, Malang, dan Jogjakarta.

Wisata Lainnya:  Penginapan Murah di Lombok 50 Ribu Sampai 200 Ribu

Keindahan Wisata Magetan Sarangan

Keindahan wisata Magetan Sarangan memang sangat memukau. Dari air terjun, danau, hingga gunung, semuanya menawarkan panorama alam yang sangat indah dan menyejukkan mata. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas Jawa Timur dan membeli souvenir khas Sarangan di sekitar objek wisata. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Sarangan dan nikmati keindahan alamnya!

Kesimpulan

Magetan Sarangan adalah destinasi wisata alam yang sangat menarik. Terdapat banyak objek wisata yang bisa dinikmati di Sarangan, mulai dari air terjun, danau, hingga gunung. Harga tiket masuk ke objek wisata di Sarangan cukup terjangkau dan ada banyak penginapan yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Sarangan dan nikmati keindahan alamnya!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *